Reorientasi Pendidikan Karakter dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045: Sebuah Tinjauan dalam Perspektif Pedagogik Kritis

  • Nati Saripah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Dalam mencapai tujuan Indonesia Emas 2045, tidak hanya kemajuan ekonomi yang menjadi fokus utama, tetapi juga pembangunan karakter yang kuat dan berintegritas. fundamental dari pendidikan karakter untuk generasi emas Indonesia menjadi dambaan dalam perubahan menuju jalan keberhasilan pendidikan yang ada Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah meninjau dalam perspektif pedagogik kritis mengenai pentingnya reorientasi pendidikan karakter untuk menuju Indonesia emas 2045. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur adalah suatu teknik penelitian yang didasarkan pada pengumpulan data dari literatur-literatur yang relevan dengan topik penelitian, kemudian menganalisis dan menafsirkannya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang topik tersebut. Hasil dari pembahasan dari penelitian ini adalah tantangan-tangan dekadensi karakter yang dihadapi bangsa Indonesia untuk menuju Indonesia emas 2045, korelasi Indonesia emas 2045 dengan pedagogik kritis, dan bagaimana manusia Indonesia masa depan yang didambakan. Dengan memperkuat nilai-nilai karakter melalui pendekatan yang kritis dan inklusif, diharapkan generasi masa depan akan menjadi agen perubahan yang berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa dan mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang maju dan beradab pada tahun 2045.

Kata Kunci: Reorientasi, Pendidikan Karakter, Pedagogik Kritis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-02-13
Bagaimana cara mengutip:
Saripah, N., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Reorientasi Pendidikan Karakter dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045: Sebuah Tinjauan dalam Perspektif Pedagogik Kritis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1003-1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1461
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 216 times
PDF downloaded: 140 times

Referensi

Abidin, Y., & Herlambang, Y., (2019) Pedagogik Multiliterasi. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Agustang, A., & Mutiara, I. A. (2021). Masalah Pendidikan di Indonesia. OSF Preprints, (1), 1-19.

Al Aidhi, A., Harahap, M. A. K., Rukmana, A. Y., & Bakri, A. A. (2023). Peningkatan Daya Saing Ekonomi melalui peranan Inovasi. Jurnal Multidisiplin West Science, 2(02), 118-134.

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021, June). Pendidikan Karakter dan Etika Dalam Pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Atika, N. T., Wakhuyudin, H., & Fajriyah, K. (2019). Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter Membentuk Karakter Cinta Tanah Air. Mimbar Ilmu, 24(1), 105-113. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17467

Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia, 2018. Penetrasi Dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia. https://www.apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-PerilakuPengguna-Internet-Indonesia-2018. (Diakses tanggal 19 November 2020).

Baharizqi, S. L., Muhtar, T., Herlambang, Y. T., & Fahrozy, F. P. N. (2023). Kompetensi Pedagogik Di Era Society 5.0: Sebuah Tinjauan Dalam Perspektif Pedagogik Kritis. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(2), 259-257. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v13i2.46286

Ghazali, A., Ngabekti, D. K., & Andriani, N. P. (2021). Papan Permainan Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Aksara Jawa Pada Anak Usia Dini. CITRAWIRA: Journal of Advertising and Visual Communication, 2(1), 34-40. https://doi.org/10.33153/citrawira.v2i1.3667

Herlambang. Y. T. (2018). Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Herlambang, Y. T., & Abidin, Y. (2023). Pendidikan Indonesia Dalam Menyongsong Dunia Metaverse: Telaah Filosofis Semesta Digital Dalam Perspektif Pedagogik Futuristik. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 1630-1640. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i2.3371

Hernawati, H., & Mulyani, D. (2023). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam Dalam Menyiapkan Generasi Tangguh di Era 5.0. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 1-17. https://doi.org/10.30659/jspi.6.1.1-17

Hidayat, U. F., Pasaribu, M. M., Rantung, D. A., & Boiliu, N. I. (2023). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Adaptif dalam Menghadapi Tantangan Teknologi Pendidikan. Journal on Education, 5(2), 3492-3506. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1032

Kezia, P. N. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2941-2946.

Kulsum, U., & Muhid, A. (2022). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Digital. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 12(2), 157-170. https://doi.org/10.33367/ji.v12i2.2287

Lesmana, C. T., Elis, E., & Hamimah, S. (2021). Urgensi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi Dalam Menjamin Keamanan Data Pribadi Sebagai Pemenuhan Hak Atas Privasi Masyarakat Indonesia. Jurnal Rechten: Riset Hukum dan Hak Asasi Manusia, 3(2), 1-6. https://doi.org/10.52005/rechten.v3i2.34

Mahfud, M. (2023). Kebijakan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Dalam Konteks Perubahan Sosial: Literature Review. Idealita: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Keagamaan, 3(2), 1-25. https://doi.org/10.62525/idealita.2023.v3.i2.117-141

Mones, A. Y., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Merdeka Belajar: Sebuah Legitimasi Terhadap Kebebasan Dan Transformasi Pendidikan (Sebuah Tinjauan Pedagogi Kritis Menurut Paulo Freire). JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan, 8(2), 302-311. https://doi.org/10.24235/jy.v8i2.11599

Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 50-57. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142

Mulyasa, H. E. (2022). Manajemen Pendidikan Karakter. Bumi Aksara.

Nagaretnam, M., & Mahmud, M. S. (2022). Kesediaan Guru dan Keberkesanan Pelaksanaan Pengajaran Matematik Abad Ke-21 di Sekolah Rendah: Sebuah Tinjauan Literatur. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 7(11), e001876-e001876. https://doi.org/10.47405/mjssh.v7i11.1876

Nawangsari, D. (2019). Pola-Pola Sophistikasi Dalam Penyalahgunaan Gadget Di Kalangan Anak (Telaah Terhadap Penyimpangan Perilaku Anak Akibat Penggunaan Teknologi Informasi). An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 12(1), 113-136. https://doi.org/10.35719/annisa.v12i1.12

Perempuan, K. (2021). Perempuan Dalam Himpitan Pandemi: Lonjakan Kekerasan Seksual, Kekerasan Siber, Perkawinan Anak, dan Keterbatasan Penanganan ditengah covid-19. Catatan Tahunan, 2.

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4328-4333. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1565

Purwati, P., & Faiz, A. (2023). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sumber Daya Manusia yang Berkualitas. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 1032-1041.

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi Pendidikan Abad 21 Dalam Merealisasikan Sumber Daya Manusia Unggul Menuju Indonesia Emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5030

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sukatin, S., Munawwaroh, S., Emilia, E., & Sulistyowati, S. (2023). Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Anwarul, 3(5), 1044-1054. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i5.1457

Wattimena, R. A. (2018). Pedagogi Kritis. Universitas, 28(2), 180-199. https://doi.org/10.22146/jf.34714

Yulianti, Y. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. CERMIN: Jurnal Penelitian, 5(1), 28-35 https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama