Reorientasi Pendidikan Karakter dalam Menyongsong Indonesia Emas 2045: Sebuah Tinjauan dalam Perspektif Pedagogik Kritis
Abstrak
Dalam mencapai tujuan Indonesia Emas 2045, tidak hanya kemajuan ekonomi yang menjadi fokus utama, tetapi juga pembangunan karakter yang kuat dan berintegritas. fundamental dari pendidikan karakter untuk generasi emas Indonesia menjadi dambaan dalam perubahan menuju jalan keberhasilan pendidikan yang ada Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah meninjau dalam perspektif pedagogik kritis mengenai pentingnya reorientasi pendidikan karakter untuk menuju Indonesia emas 2045. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur adalah suatu teknik penelitian yang didasarkan pada pengumpulan data dari literatur-literatur yang relevan dengan topik penelitian, kemudian menganalisis dan menafsirkannya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang topik tersebut. Hasil dari pembahasan dari penelitian ini adalah tantangan-tangan dekadensi karakter yang dihadapi bangsa Indonesia untuk menuju Indonesia emas 2045, korelasi Indonesia emas 2045 dengan pedagogik kritis, dan bagaimana manusia Indonesia masa depan yang didambakan. Dengan memperkuat nilai-nilai karakter melalui pendekatan yang kritis dan inklusif, diharapkan generasi masa depan akan menjadi agen perubahan yang berkontribusi positif terhadap kemajuan bangsa dan mewujudkan visi Indonesia sebagai negara yang maju dan beradab pada tahun 2045.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Nati Saripah, Yusuf Tri Herlambang, Tatang Muhtar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

