Pendidikan Karakter dalam Bingkai Pancasila: Studi Kritis Pendidikan dalam Perspektif Pedagogik
Abstrak
Nilai-nilai dari Pancasila semakin memudar dikarenakan banyaknya ketimpangan-ketimpangan yang didasarkan kurangnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Terlebih banyak sekali data-data yang dinilai bahwa masyarakat Indonesia sangat jauh dari nilai-nilai manusia Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila sebagai falsafah berkehidupan bernegara. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis secara teoritis dengan studi kritis terhadap pendidikan karakter yang mampu mengeratkan nilai-nilai Pancasila terhadap masyarakat Indonesia dalam perspektif pedagogik. Dengan menggunakan metode studi literatur atau studi pustaka (library research) dengan cara pengumpulan data untuk memahami serta mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan judul penelitian yang sedang dikaji secara kritis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat korelasi antara pendidikan karakter yang berorientasi Pancasila dengan pedagogik yang dimana dalam hubungan yang eratnya terdapat di tujuan akhir pendidikan nasional Indonesia, yang menginginkan individu yang mampu berkembang sesuai potensinya, mengetahui hakikat manusia dan pendidikan, serta mampu menjadi makhluk yang bereksistensi dan multidimensi yang nantinya mampu mengimplementasikan nilai-nilai luhur dari Pancasila.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Minarti Sulistia Ningsih, Yusuf Tri Herlambang, Tatang Muhtar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

