Pendidikan Karakter dalam Bingkai Pancasila: Studi Kritis Pendidikan dalam Perspektif Pedagogik

  • Minarti Sulistia Ningsih Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Nilai-nilai dari Pancasila semakin memudar dikarenakan banyaknya ketimpangan-ketimpangan yang didasarkan kurangnya pemahaman dan penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat. Terlebih banyak sekali data-data yang dinilai bahwa masyarakat Indonesia sangat jauh dari nilai-nilai manusia Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila sebagai falsafah berkehidupan bernegara. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis secara teoritis dengan studi kritis terhadap pendidikan karakter yang mampu mengeratkan nilai-nilai Pancasila terhadap masyarakat Indonesia dalam perspektif pedagogik. Dengan menggunakan metode studi literatur atau studi pustaka (library research) dengan cara pengumpulan data untuk memahami serta mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan judul penelitian yang sedang dikaji secara kritis. Hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat korelasi antara pendidikan karakter yang berorientasi Pancasila dengan pedagogik yang dimana dalam hubungan yang eratnya terdapat di tujuan akhir pendidikan nasional Indonesia, yang menginginkan individu yang mampu berkembang sesuai potensinya, mengetahui hakikat manusia dan pendidikan, serta mampu menjadi makhluk yang bereksistensi dan multidimensi yang nantinya mampu mengimplementasikan nilai-nilai luhur dari Pancasila.

Kata Kunci: pendidikan, karakter, Pancasila

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-06-13
Bagaimana cara mengutip:
Ningsih, M. S., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Pendidikan Karakter dalam Bingkai Pancasila: Studi Kritis Pendidikan dalam Perspektif Pedagogik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1493-1499. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1668
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 4 times
PDF downloaded: 2 times

Referensi

Abidin, Y., & Herlambang, Y., (2019) Pedagogik Multiliterasi. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Annur, Y. F., Yuriska, R., & Arditasari, S. T. (2021, June). Pendidikan Karakter dan Etika dalam pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Ariyanto, R. D., Andrianie, S., Arofah, L., & Nawantara, R. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Karakter Religius Menggunakan Canva Di SDN Tanon 2. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(2), 65-74. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i2.16897

Azis, M. (2023). Pengantar Pendidikan Indonesia: Arah Baru Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila.

Bani, E. A. S., Nurcahya, M. A., Winandar, M. L., & Herlambang, Y. T. (2023). Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia (JOUPI), 1(2), 200-213.

Dewantara, J. A., Hermawan, Y., Yunus, D., Prasetiyo, W. H., Efriani, E., Arifiyanti, F., & Nurgiansah, T. H. (2021). Anti-corruption education as an effort to form students with character humanist and law-compliant. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 18(1), 70-81. https://doi.org/10.21831/jc.v18i1.38432

Dewantara, K. (2013). Karya Ki Hadjar Dewantara, Bagian I: Pendidikan. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Dewantara, K. (2013). Karya Ki Hadjar Dewantara, Bagian II: Kebudayaan. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Dewi, D. A., Yuniarti, Y., Adriansyah, M. I., Herlambang, Y. T., Rostika, D., Istiqomah, Y. Y., & Sukawan, I. A. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Integrasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Di Kabupaten Pangandaran. Jurnal Abdi Panca Marga, 4(2), 79-85. https://doi.org/10.51747/abdipancamarga.v4i2.1748

Direktorat Sekolah Dasar. (2020). Profil Pelajar Pancasila. Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Hal/Profil-Pelajar-Pancasila.

Erlina, T. (2019). Membangun Karakter Ke-Indonesiaan Pancasila Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Global. Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 8(2), 153–162. https://doi.org/10.17509/factum.v8i2.21612

Giri, I. P. A. A., Ardini, N. L., & Kertiani, N. W. (2021). Pancasila sebagai landasan filosofis pendidikan nasional. Sanjiwani: Jurnal Filsafat, 12(1), 116-126. https://doi.org/10.25078/sjf.v12i1.2082

Herlambang. Y. T. (2018). Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Herlambang, Y. T. (2021). Urgensi keluarga dalam pendidikan karakter. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7-15. https://doi.org/10.17509/jppd.v8i1.31206

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021, May). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

KPAI. (t.t). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Diakses dari:https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai.

KPK. (t.t) Kiat Erry Hardjapamekas untuk Tingkatkan Indeks Persepsi Korupsi Indonesia. Diakses dari: https://aclc.kpk.go.id/action-information/exploration/20220617-null.

Lickona, Thomas. (2013). Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan Tentang Sikap Hormat Dan Bertanggung Jawab. Jakarta: Bumi Aksara.

Muslim, A. (2020). Telaah Filsafat Pendidikan Esensialisme Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Visionary: Penelitian Dan Pengembangan Di bidang Administrasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.33394/vis.v5i2.3359

Pratama, D. A., Ginanjar, D., & Solehah, L. S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari Sebagai Pendidikan Karakter Di Mts. Darul Ahkam Sukabumi. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 78-86. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.114

PUSLITDATIN. (t.t). Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia. Diakses dari:https://bnn.go.id/penggunaan-narkotika-kalangan-remaja-meningkat/

Rafiki, R., & Dewi, D. A. (2022). Gerakan Muda Berkarakter Pancasila Di Era Digital. PACIVIC: Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), 83-90. https://doi.org/10.36456/p.v2i2.6910

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah. Edupedia, 6(1), 55-63. https://doi.org/10.24269/ed.v6i1.1332

Sanskara Pendidikan dan Pengajaran (SPP) Vol. 01, No. 02, Mei: pp. 78-8686 https://doi.org/10.17509/factum.v8i2.21612

Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Dikdas Bantara, 2(1). https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076-7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274

Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82-89. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49-58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29-39. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Susilawati, E., Sarifudin, S., & Muslim, S. (2021). Internalisasi Nilai Pancasila Palam Pembelajaran Melalui Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbantuan Platform Merdeka Mengajar. Jurnal Teknodik, 155-167. https://doi.org/10.32550/teknodik.v25i2.897

Uce, L. (2021). Urgensi Pembekalan Pedagogik Kepada Orang Tua. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 54-66. https://doi.org/10.22373/bunayya.v7i1.9289

Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–44,. https://doi.org/10.32332/1600

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama