Kemerdekaan Belajar untuk Siswa: Studi Kritis dalam Perspektif Pedagogik Kritis

  • Wati Agustiani Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Konsep pemikiran kemerdekaan belajar untuk siswa telah menjadi fundamental untuk mencapai kemerdekaan belajar agar terwujudnya peserta didik yang memiliki pemikiran kritis, merdeka dalam berekspresi, serta kemandirian peserta didik terkhusus konteks pendidikan. Tujuan dari penelitian adalah mengkaji dengan komprehensif mengenai konsep dari kemerdekaan belajar yang berorientasi pada pendekatan secara studi kritis dengan landasan teoritis sebagai acuannya yang dilihat dari korelasi dari merdeka belajar serta pedagogik kritis ditinjau dalam perspektif para ahli dalam membangun paradigma serta implementasi konsep tersebut, problematika dalam implementasi dari merdeka belajar khususnya di Indonesia, serta pentingnya merdeka belajar bagi masyarakat untuk menciptakan insan yang unggul. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dalam mengolah dan mengelaborasi berbagai kajian yang diseleksi dengan kritis agar relevan dengan pembahasan yang diangkat yang nantinya menghasilkan pembahasan yang berkualitas. Hasil penelitian yang dikaji menunjukan beberapa hal dalam konteks merdekaan belajar dalam pendidikan yang memiliki porsi yang fundamental dalam membangun beberapa karakter seperti berpikiran kritis, kemerdekaan berekspresi, serta kemandirian siswa, hal tersebut masih kurang dalam hasil akhirnya dikarenakan baik dari kualitas pembelajaran dan tenaga pendidiknya belum mampu berada di level tersebut dengan berbagai macam kendala  sehingga merdeka belajar dalam implementasinya belum efektif. Dalam kenyataan peserta didik masih saja menjadi sebuah objek dalam pendidikan sehingga peserta didik menjadi seorang yang konsumen yang pasif komunikasi. Dengan ini, diharapkan penelitian yang telah dilaksanakan mampu membuat kontribusi dalam menjiwai serta meningkatkan implementasi dengan menggunakan pendekatan pedagogik.

Kata Kunci: merdeka belajar, pedagogik kritis, perspektif pedagogik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Wati Agustiani, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat

Wati Agustiani merupakan mahasiswa pascasarjana program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Indonesia Kampus UPI di Cibiru.

Diterbitkan
2025-01-20
Bagaimana cara mengutip:
Agustiani, W., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Kemerdekaan Belajar untuk Siswa: Studi Kritis dalam Perspektif Pedagogik Kritis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 830-835. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1418
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 117 times
PDF downloaded: 37 times

Referensi

Ahmad, F. (2023). "The Importance of Merdeka Belajar in Developing Excellent Individuals." Journal of Education and Innovation, 10(2), 45-60.

Angga, A., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan kepala sekolah dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5295-5301.

Baharizqi, S. L., Muhtar, T., Herlambang, Y. T., & Fahrozy, F. P. N. (2023). Kompetensi Pedagogik Di Era Society 5.0: Sebuah Tinjauan Dalam Perspektif Pedagogik Kritis. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 13(2), 259-257.

Cooper, H. (1988). Organizing Knowledge Synthesis: A Taxonomy of Literature Reviews. Knowledge in Society, 1(1), 104-126.

Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548-561.

Freire, P. (1970). Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: Pustaka Jaya.

Hart, C. (1998). Doing a Literature Review: Releasing the Social Science Research Imagination. SAGE Publications.

Hasan, A. (2022). "Exploring Merdeka Belajar: Empowering Individuals for Excellence." International Journal of Educational Development, 8(1), 32-47.

Herlambang. Y. T. (2021). Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Heryanti, Y. Y., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Makna Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dan Relevansinya Bagi Perkembangan Siswa di sekolah Dasar: Telaah Kritis Dalam Tinjauan Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1270-1280.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15.

Mones, A. Y., Masitoh, S., & Nursalim, M. (2022). Merdeka Belajar: Sebuah Legitimasi Terhadap Kebebasan Dan Transformasi Pendidikan (Sebuah Tinjauan Pedagogi Kritis Menurut Paulo Freire). JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan, 8(2), 302-311.

Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1 SE-Articles), 141–147.

Nuryani, P., Abidin, Y., & Herlambang, Y. T. (2019). Model pedagogik multiliterasi dalam mengembangkan keterampilan berpikir abad ke-21. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(2), 117-126.

Pratiwi, E. Y. R., Asmarani, R., Sundana, L., Rochmania, D. D., Susilo, C. Z., & Dwinata, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Pemahaman P5 bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1313-1322.

Putri, R. (2021). "Merdeka Belajar and Global Challenges: Fostering Critical Thinking and Adaptability." Journal of Global Education, 5(2), 78-94.

Sari, D. (2020). "Merdeka Belajar: Empowering Students as Agents of Change." Journal of Educational Innovation, 6(2), 110-125.

Setiawan, S. A., & Pujiono, A. (2022). Konsep Merdeka Belajar menurut Ki Hajar Dewantara pada Kurikulum Merdeka dan Implementasinya dalam Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. EKKLESIA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristiani, 1(1), 45-56.

Sumarmi, S. (2023). Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar. Social Science Academic, 1(1), 94-103.

Syah, I. (2018). pemikiran Muhammad Rasyid Ridha tentang Pembaharuan Pendidikan Islam (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Tobing, J. A. D. E., Oktari, D., & Sundari, A. (2023). Problematika Implementasi Kebijakan “Merdeka Belajar” dan Peranan Guru Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 97-105.

Wibowo, T. (2019). "Challenges and Opportunities in Implementing Merdeka Belajar: Insights from Stakeholders." International Journal of Educational Policy, 3(1), 22-38.

Zulaiha, S., Meisin, M., & Meldina, T. (2023). Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 9(2), 163-177.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama