Transformasi Digital dalam Pendidikan: Telaah Kritis dalam Tinjauan Filosofis
Abstrak
Transformasi digital dalam pendidikan dewasa ini diposisikan sebagai salah satu topik utama terhadap diskursus global, terlebih di tengah Revolusi Industri 4.0. Transformasi digital dalam pendidikan dibalut kemajuan revolusi Industri 4.0 menghadirkan sejumlah dilema etis yang bukan hanya menggugah pemikiran praktis akan tetapi merangsang telaah kritis dalam tinjauan filosofis yang komprehensif. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pembaruan dari topik yang diangkat yang menghadirkan perspektif pendidik dalam menghadapi transformasi digital dengan tinjuan secara komprehensif serta elaborasi dari berbagai pendapat ahli dalam tinjauan filosofis. metode studi literatur atau studi pustaka (library research) dengan cara pengumpulan data untuk memahami serta mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan judul penelitian yang sedang dikaji secara kritis. Hasil dari penelitian ini adalah dengan kemajuan zaman dari transformasi digital dalam pendidikan ini diperlukannya pembelajaran berbasis humanisasi yang di dalamnya mengutamakan peran guru sebagai fasilitator untuk menghadirkan pembelajaran yang bermakna dengan terintegrasi teknologi yang sesuai tuntutan dan tantangan zaman dengan tidak melupakan nilai-nilai kemanusiaan serta mampu menjawab dilema etis mengenai teknologi dan manusia bahkan mengenai keadilan dan kesejahteraan manusia.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Indah Dwi Lestari, Yusuf Tri Herlambang, Tatang Muhtar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
DOI:












