Transformasi Digital dalam Pendidikan: Telaah Kritis dalam Tinjauan Filosofis

  • Indah Dwi Lestari Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Transformasi digital dalam pendidikan dewasa ini diposisikan sebagai salah satu topik utama terhadap diskursus global, terlebih di tengah Revolusi Industri 4.0. Transformasi  digital  dalam  pendidikan  dibalut kemajuan revolusi Industri 4.0 menghadirkan  sejumlah  dilema etis yang bukan hanya menggugah  pemikiran  praktis  akan tetapi  merangsang telaah kritis dalam tinjauan filosofis yang komprehensif. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pembaruan dari topik yang diangkat yang menghadirkan perspektif pendidik dalam menghadapi transformasi digital dengan tinjuan secara komprehensif serta elaborasi dari berbagai pendapat ahli dalam tinjauan filosofis. metode studi literatur atau studi pustaka (library research) dengan cara pengumpulan data untuk memahami serta mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan judul penelitian yang sedang dikaji secara kritis. Hasil dari penelitian ini adalah dengan kemajuan zaman dari transformasi digital dalam pendidikan ini diperlukannya pembelajaran berbasis humanisasi yang di dalamnya mengutamakan peran guru sebagai fasilitator untuk menghadirkan pembelajaran yang bermakna dengan terintegrasi teknologi yang sesuai tuntutan dan tantangan zaman dengan tidak melupakan nilai-nilai kemanusiaan serta mampu menjawab dilema etis mengenai teknologi dan manusia bahkan mengenai keadilan dan kesejahteraan manusia.

Kata Kunci: Digital, Pendidikan, Filosofis

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-26
Bagaimana cara mengutip:
Lestari, I. D., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Transformasi Digital dalam Pendidikan: Telaah Kritis dalam Tinjauan Filosofis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1743-1748. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1894
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 197 times
PDF downloaded: 61 times

Referensi

Abidin, Y., & Herlambang, Y., (2019) Pedagogik Multiliterasi. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980.

Astutik, P., & Hariyati, N. (2021). Peran guru dan strategi pembelajaran dalam penerapan keterampilan abad 21 pada pendidikan dasar dan menengah. Jurnal Inspirasi manajemen pendidikan, 9(3), 619-638.

Azhar, F. L., & Sari, I. M. (2022). Pemanfaatan Landasan Falsafah Dalam Pengembangan Teori Pendidikan Berbasis Teknologi.

Danu, T. (2021). Konsep Humanisasi Pendidikan Dalam Pemikiran Paulo Freire Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam Transformatif (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 548-561.

Fikri, A. A., Nurona, A., Saadah, L., Nailufa, L. E., & Ismah, V. (2021). Keterampilan guru dalam membimbing diskusi pada pembelajaran abad 21. Journal of Education and Teaching, 2(1), 1-7.

Halili, S. H. (2019). Technological advancements in education 4.0. The Online Journal of Distance Education and E-Learning, 7(1), 63–69.

Haris, A., Sentaya, I. M., & Sulindra, I. G. M. (2022). Keterampilan Guru Abad 21 Dalam Mengurangi Learning Loss Pada Peserta Didik (Kajian Fenomenalogis Di Sma Kabupaten Sumbawa). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1).

Hendriani, A., Rohayati, E., & Herlambang, Y. T. (2020). Pendidikan dan Keterampilan Berpikir Abad ke-21. Ksatria Siliwangi.

Herlambang, Y. T. (2021). Pedagogik: Telaah kritis ilmu pendidikan dalam multiperspektif. Bumi Aksara.

Hermansyah, H., Muslim, M., & Ikhlas, I. (2021). Urgensi Pengembangan Keterampilan Belajar Abad 21 di Pendidikan Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(2), 215-226.

Hilda, N. R., Azhar, M. S., & Ulya, V. H. (2022). Humanisasi proses pembelajaran: Fenomena ketergantungan teknologi pada pembelajaran di sekolah. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3, 555-562.

Ismail, M. I. (2020). Teknologi pembelajaran sebagai media pembelajaran. Cendekia Publisher.

Kusnandi, K. (2019). Mengartikulasikan perencanaan pendidikan di era digital. Jurnal Wahana Pendidikan, 6(1), 1-14.

Nagel, J. (2020, September). Peningkatan SDM Indonesia yang Berdaya Saing melalui Pendidikan di Era Transformasi Digital dan Teknologi yang Berkelanjutan. In Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan (Vol. 1, No. 1, pp. 31-38).

Ningsih, W., Nisa, P., & Septiyani, T. (2024). Implikasi Pilar Humanisasi Pendidikan Profetik Dalam Pendidikan Karakter. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya, 2(1), 277-286.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Masrifatin, Y. (2019). Konsep pendidikan profetik sebagai pilar humanisasi. JURNAL LENTERA: Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi, 18(2), 165-174.

Maulana, G. (2023). Eksklusi Sosial Dalam Akses Terhadap Pendidikan: Tinjauan Dari Perspektif Keadilan. literacy notes, 1(2).

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960-6966.

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2020). Peran teknologi pendidikan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di era disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104-112.

Setiawati, R., Yolandha, W., & Herlambang, Y. T. (2023). Transformasi Teknologi Dalam Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0: Dilema Teknologi Dalam Perspektif Filosofis. Cendikia: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(5), 219-225.

Shania, S., Sartika, S., Abdurrahmansyah, A., & Handayani, T. (2024). Humanisasi Pendidikan Islam Perspektif Kurikulum Merdeka Dan Al-Qur’an. Kutubkhanah, 24(1), 36-50.

Siwitomo, D. P. A., Fitriyani, N. N., & Fadhilah, N. N. (2023, December). Kolaborasi Pendidikan: Strategi Inovasi Mengatasi Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Kemahasiswaan (Vol. 1, No. 1, pp. 64-68).

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi pembelajaran elektronik dan tantangan guru abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10-18.

Sulistyarini, S. Pentingnya Pendidikan Humanistik di Era Globalisasi. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 218556.

Sya'baniah, A. H., & Kuswanto, K. (2020). Humanisasi Pendidikan Sebagai Aktualisasi Konsep Ki Hajar Dewantara Terhadap PAUD. JURNAL AUDI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD, 5(1), 57-63.

Tarihoran, E. (2019). Guru Dalam Pengajaran Abad 21. Jurnal KateketikDan Pastoral, 4(1), 46–58.

Wahid, A., & Khoulita, I. (2023). PENDIDIKAN INKLUSIF (Mewujudkan Keadilan, Kesetaraan Dalam Lingkungan Multikultural). ILJ: Islamic Learning Journal, 1(3), 696-711.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama