Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Pedagogik Profetik: Sebuah Pendekatan dalam Menanggulangi Krisis Moral Siswa

  • Yayu Asih Marlina Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensinya pendidikan karakter yang berorientasi pedagogik profetik dalam menanggulangi krisis moral siswa. Pembahasannya akan mengeksplorasi konsep pedagogik profetik, nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, serta bagaimana pendekatan ini dapat diimplementasikan dalam konteks pendidikan modern. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan metode studi literatur (library research) yang akan mengelaborasi secara komprehensif referensi dari buku, jurnal penelitian, dan sumber-sumber lainnya dengan database Google Scholar dan Garuda untuk memperkaya data dan memperkuat pembahasan yang terbaru agar relevan dengan topik pembahasan. Hasil penelitian tersebut menandakan bahwa pendidikan karakter yang berorientasi pedagogik profetik pada dasarnya bertujuan untuk menekankan pemahaman dan praktik nilai-nilai seperti kejujuran, kasih sayang, dan empati, pendidikan karakter ini dapat membentuk individu yang memiliki kesadaran moral yang kuat dan bertanggung jawab, serta mampu mengatasi kemerosotan moral dengan memperkokoh fondasi moral mereka sesuai dengan ajaran agama dan tradisi spiritual.

Kata Kunci: Urgensi, Pendidikan Karakter, Pedagogik Profetik.

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-01-12
Bagaimana cara mengutip:
Marlina, Y. A., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2025). Urgensi Pendidikan Karakter Berbasis Pedagogik Profetik: Sebuah Pendekatan dalam Menanggulangi Krisis Moral Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 753-758. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1424
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 161 times
PDF downloaded: 82 times

Referensi

Adhasita, N., Sari, V. P., Putri, H., Ayunda, Y., & Bukhori, B. (2023). Revolusi Mental: Membangun Peradaban Masyarakat Bermoral Profetik Di Era Society 5.0. At-Taqwa: Jurnal Pendidikan dan Islamic Studies, 1(2).

Amaly, A. M., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2023). Pedagogik Profetik Sebagai Upaya Mewujudkan Spiritualitas dalam Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam; Vol. 12 No. 02 (2023): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam ; Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam; Vol 12 No 02 (2023): Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam ; 2581-1754 ;2252-8970 ;10.30868/Ei.V12i2.https://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/1458

Ansori, Y. Z., & Jaelani, A. J. (2022). Internalisasi Nilai Nilai Pedagogik Profetik Untuk Mengembangkan Pembelajaran Berbasis Karakter Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1655-1660.

Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam pusaran globalisasi dan pengaruhnya terhadap krisis moral dan karakter. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 50-56.

Dannur, M. (2020). Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 141-151.

Hart, C. (1998). Doing a Literature Review: Releasing the Social Science Research Imagination. Sage Publications.

Herlambang. Y. T. (2018). Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hidayat, R. (2021). Paradigma pendidikan profetik dalam konsep pendidikan Ki Hajar Dewantara dan aktualisasinya di era disrupsi. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(1), 60-73.

Kezia, Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam pusaran globalisasi dan pengaruhnya terhadap krisis moral dan karakter. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 13(1), 50-56.P. N. (2021). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2941-2946.

KPAI. (t.t). Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak di Awal 2020, Begini Kata Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia. Diakses dari: https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai.

Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100-106.

Mulyanto, T. (2020). Implementasi nilai-nilai profetik dalam pendidikan ISMUBA di SMP Muhammadiyah 1 Depok Yogyakarta. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 1-15.

Mun'im Amaly, A., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2023). Pedagogik Profetik Sebagai Upaya Mewujudkan Spiritualitas dalam Pendidikan Islam. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(02).

Ningsih, W. (2024). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Profetik. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(4), 1221-1223.

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Herlambang, Y. T. (2023). Upaya Membangun Kesadaran Etika Berteknologi Melalui Pendidikan Karakter Bagi Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(4), 13261-13275.

Patimah, L., & Herlambang, Y. T. (2021). Menanggulangi dekadensi moral generasi Z akibat media sosial melalui pendekatan Living Values Education (LVE). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(2), 150-158.

Pratiwi, S. Y., & Usriyah, L. (2020). Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien Jember. Educare, 1(3), 243-264.

Putri, N. P. L. R., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2022). Nilai Pedagogik Dalam Falsafah Kehidupan Masyarakat Adat Cireundeu. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1469-1477.

Riyadi, A. R. (2020). Human Nature And Educational Goals In The Prophetic Pedagogic. Ta’dib Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 165-183.

Rusmiati, M. N., Ashifa, R., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 1490-1499.

Saputra, T. S., Septiani, D., Jalil, A., Prima, A., & Udji, A. (2023). Merevolusi Penelitian Menuju Kearifan Profetik: Paradigma Baru Untuk Penemuan Yang Berarti. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 1708-1721.

Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublishc.

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(1), 49-58.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama