Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Abad Ke- 21: Studi Kritis Pedagogik Futuristik

  • Ariyanti Ariyanti Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Yusuf Tri Herlambang Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Kualitas hidup kita di masa depan tergantung dari bagaimana kita menyiapkannya di hari ini, pendidikan memberikan peran yang krusial dalam menyiapkan individu yang mampu berdaya saing secara global. Guru sebagai ujung tombak peradaban harus mampu membawa angin segar dalam memfasilitasi peserta didik untuk memiliki keahlian serta kecakapan hidup di abad ke-21. Menyiapkan hal tersebut pembahasan urgensi kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran abad ke-21 melalui studi kritis pedagogik futuristik. Penelitian ini akan membahas mengenai pentingnya guru memiliki kompetensi pedagogik futuristik dalam menyiapkan kehidupan yang mapan di abad ke-21. Pembahasan secara kritis dan komprehensif mengenai kompetensi pedagogik untuk guru abad ke-21 serta aliran pedagogik futuristik menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research) sebagai cara pengumpulan data yang relevan untuk mendukung topik pembahasan yang sedang dikaji. Hasil dari penelitian ini adalah guru yang memiliki kompetensi pedagogik khususnya pedagogik futuristik mampu membimbing siswa dalam mengembangkan keterampilan kritis, kreatif, dan kolaboratif yang sesuai dengan tuntutan abad ke-21, mempersiapkan mereka untuk menjadi pemimpin dan inovator masa depan. Dengan demikian, investasi dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam konteks pembelajaran abad ke-21 dan kajian kritis terhadap pedagogik futuristik merupakan langkah yang krusial dalam memastikan bahwa pendidikan harus relevan dan memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa dan masyarakat secara keseluruhan.

Kata Kunci: kompetensi, pembelajaran abad 21, pedagogik futuristik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-04
Bagaimana cara mengutip:
Ariyanti, A., Herlambang, Y. T., & Muhtar, T. (2024). Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Abad Ke- 21: Studi Kritis Pedagogik Futuristik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 389-395. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1417
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 434 times
PDF downloaded: 246 times

Referensi

Abidin, Y., & Herlambang, Y., (2019). Pedagogik Multiliterasi. Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Jurnal Pendidikan: EDUMASPUL, 6(1), 974-980. doi:https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Afif, A. (2015). Mengendalikan Masa Depan. Yogyakarta: IRCISod.

Egistiani, S. (2022). Strategi guru dalam mendidik anak menuju indonesia emas 2045. Educatio, 17(2), 141-152.

Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(6), 9508-9516.

Fahrisi, A. (2020). Kecerdasan Spiritual dan Pendidikan Islam. SPASI MEDIA.

Hadiansyah, Y., & Muhtar, T. (2023). Peran Pedagogik Futuristik Dalam Mendukung Kurikulum Baru. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2), 1739-1748.

Hasanah, I. M., Asbari, M., & Wardah, H. (2024). Guru Berkualitas: Esensi Pendidikan Bermutu. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(3), 23-27.

Herlambang. Y. T. (2018). Pedagogik Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam Multiperspektif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hernandez-de-Menendez, M., Escobar Díaz, C., & Morales-Menendez, R. (2020). Technologies for the future of learning: state of the art. International Journal on Interactive Design and Manufacturing (IJIDeM), 14(2), 683-695.

Ismail, S., Suhana, S., & Hadiana, E. (2020). Kompetensi Guru Zaman Now Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Revolusi Industri 4.0. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 198-209.

Pare, A., & Sihotang, H. (2023). Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27778-27787.

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104.

Rahayu, R., & Muhtar, T. (2022). Urgensi Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menghadapi Transformasi Pendidikan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 5708-5713.

Rahayuningsih, Y. S., & Muhtar, T. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960-6966.

Rofiqi, R. (2019). Pendidikan Islam Di Era Industri 4.0 (Studi Analisis Terhadap Tantangan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam). FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam, 10(02), 1243-1257.

Saragih, F. E., Novianna, K., Nababan, D. K. T., Utami, N. S., & Yunita, S. (2023). Penelitian tentang identitas nasional sebagai salah satu determinan pembangunan bangsa dan karakter pada tk raden ajeng kartini. JERUMI: Journal of Education Religion Humanities and Multidiciplinary, 1(2), 432-436.

Sari, H. P., Hasan, R., Irwandi, I., & Fitriani, A. (2021). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa di sma muhammadiyah 4 kota bengkulu. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(1).

Sulistyo, T., Liskinasih, A., & Purnawati, M. (2022). MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA: Tantangan Atau Hambatan Ditinjau Dari Tuntutan Pembelajaran Abad 21?. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Sole, Ferdinandus Bele, and Desak Made Anggraeni. (2018). “Inovasi Pembelajaran Elektronik Dan Tantangan Guru Abad 21.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 2(1):10. doi: 10.36312/e-saintika.v2i1.79.

Somantri, D. (2021). Abad 21 pentingnya kompetensi pedagogik guru. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 18(02), 188-195.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surahman, E., Satrio, A., & Sofyan, H. (2020, Februari). Kajian Teori Dalam Penelitian. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 49-58. doi:DOI: 10.17977/um038v3i12019p049.

Syarifah, E. (2023). Progresivisme Implementasi Kurikulum Merdeka; Sebuah Kajian Futuristik. Education Transformation: Jurnal Ilmiah Insan Pendidikan, 1(1).

Wahyuni, D. S., Yuliana, Y., & Ilmi, D. (2023). Pendekatan Futuristik. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(3), 416-422.

Wardani, D. A. W., & Budiadnya, P. (2023). Analisis Kompetensi Guru Di Abad 21. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 28(1), 62-69.

Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).

Yunansah, H., Yuniarti, Y., Herlambang, Y. T., Wahid, R., & Hendriyani, A. (2022). Rancang bangun media bahan ajar digital berbasis multimodalality dalam pendekatan pedagogik futuristik. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1136-1149.

Yusuf, M. (2021). Pendidikan Holistik Menurut Para Ahli. Makassar: Osf Preprints

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama