Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK

  • Eko Mulyadi SMK Negeri 3 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan prestasi hasil belajar Fisika siswa di kelas XKR1 SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Fisika Kompetensi Suhu Kalor dan Sifat Mekanik Bahan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan dengan alokasi waktu 3 jam pelajaran. Setiap siklus meliputi empat langkah, yaitu perencanaan , tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kinerja pada siklus 1 sebesar 22,50% , pada siklus 2 sebesar 38,75% terjadi peningkatan 16,25% . Peningkatan prestasi belajar Fisika rata-rata pra-siklus 30,75, siklus 1 rata-rata 65,08, pada siklus 2 rata-rata 72,50 .Penelitian ini 2 siklus, karena pada siklus 2, prestasi hasil belajar siswa mencapai rata-rata 70, penerapan model PBL perlunya diterapkan dan diteruskan dalam pembelajaran karena adanya peningkatan baik kinerja maupun prestasi hasil belajar.

Kata Kunci: PBL, Kinerja, Prestasi hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Mulyadi, E. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 27-34. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.91
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 356 times
PDF downloaded: 791 times