Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatan Kinerja dan Prestasi Hasil Belajar Fisika Siswa di SMK
Abstrak
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan prestasi hasil belajar Fisika siswa di kelas XKR1 SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran Fisika Kompetensi Suhu Kalor dan Sifat Mekanik Bahan. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan dengan alokasi waktu 3 jam pelajaran. Setiap siklus meliputi empat langkah, yaitu perencanaan , tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kinerja pada siklus 1 sebesar 22,50% , pada siklus 2 sebesar 38,75% terjadi peningkatan 16,25% . Peningkatan prestasi belajar Fisika rata-rata pra-siklus 30,75, siklus 1 rata-rata 65,08, pada siklus 2 rata-rata 72,50 .Penelitian ini 2 siklus, karena pada siklus 2, prestasi hasil belajar siswa mencapai rata-rata 70, penerapan model PBL perlunya diterapkan dan diteruskan dalam pembelajaran karena adanya peningkatan baik kinerja maupun prestasi hasil belajar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2019 Eko Mulyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

