Eksplorasi Up-Cycle Sampah dengan Pendekatan STEAM-Tri N untuk Peningkatan Kreativitas Siswa
Abstrak
Salah satu keterampilan yang penting di abad ke-21 adalah kemampuan berpikir kreatif, yang erat kaitannya dengan konsep kreativitas. Rendahnya tingkat kreativitas siswa sering kali disebabkan oleh penggunaan metode, model, dan strategi pembelajaran yang kurang mendukung pengembangan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi nyata dari pelaksanaan proyek eksplorasi kreatif dengan memanfaatkan upcycle sampah menjadi karya seni melalui pendekatan STEAM dan Tri-N, guna meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berupa siswa kelas V, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data Milles and Huberman, yang meliputi reduksi, penyajian, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek upcycle sampah yang terintegrasi dengan STEAM dan Tri-N efektif dalam mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Pada keempat aspek tersebut, modus skor yaitu 4. Skor 4 mempunyai persentase sebesar 45%, skor 3 sebesar 33%, skor 2 sebesar 16%, dan skor paling rendah sebesar 6%. Pengembangan kreativitas tersebut berjalan seiring dengan pelaksanaan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan, karena terdapat hubungan signifikan antara model pembelajaran yang digunakan dengan peningkatan kreativitas siswa. Pendekatan berbasis proyek ini mengintegrasikan muatan pelajaran SBDP dan IPAS.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Fajar Arum Sari, Moh Rusnoto Susanto, Insanul Qisti Barriyah, Ana Fitrotun Nisa, Heri Maria Zulfiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

