Eksplorasi Up-Cycle Sampah dengan Pendekatan STEAM-Tri N untuk Peningkatan Kreativitas Siswa

  • Fajar Arum Sari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Moh Rusnoto Susanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Insanul Qisti Barriyah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Salah satu keterampilan yang penting di abad ke-21 adalah kemampuan berpikir kreatif, yang erat kaitannya dengan konsep kreativitas. Rendahnya tingkat kreativitas siswa sering kali disebabkan oleh penggunaan metode, model, dan strategi pembelajaran yang kurang mendukung pengembangan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi nyata dari pelaksanaan proyek eksplorasi kreatif dengan memanfaatkan upcycle sampah menjadi karya seni melalui pendekatan STEAM dan Tri-N, guna meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian berupa siswa kelas V, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data Milles and Huberman, yang meliputi reduksi, penyajian, dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek upcycle sampah yang terintegrasi dengan STEAM dan Tri-N efektif dalam mengembangkan kreativitas siswa sekolah dasar. Pada keempat aspek tersebut, modus skor yaitu 4. Skor 4 mempunyai persentase sebesar 45%, skor 3 sebesar 33%, skor 2 sebesar 16%, dan skor paling rendah sebesar 6%. Pengembangan kreativitas tersebut berjalan seiring dengan pelaksanaan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan menyenangkan, karena terdapat hubungan signifikan antara model pembelajaran yang digunakan dengan peningkatan kreativitas siswa. Pendekatan berbasis proyek ini mengintegrasikan muatan pelajaran SBDP dan IPAS.

Kata Kunci: PjBL, STEAM, TRI-N, kreativitas

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fajar Arum Sari, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Saya Fajar Arum Sari, Guru SD di Kabupaten Klaten. Mengajar kurang lebih 14 tahun. Lahir di Magelang dan lama mengajar di Magelang sebelum diterima PNS di Klaten.

Diterbitkan
2025-03-07
Bagaimana cara mengutip:
Sari, F. A., Susanto, M. R., Barriyah, I. Q., Nisa, A. F., & Zulfiati, H. M. (2025). Eksplorasi Up-Cycle Sampah dengan Pendekatan STEAM-Tri N untuk Peningkatan Kreativitas Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1211-1220. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1754
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 24 times
PDF downloaded: 14 times

Referensi

Amran, M. S., Abu Bakar, K., Surat, S., Mahmud, S. N. D., & Mohd Shafie, A. A. Bin. (2021). Assessing Preschool Teachers’ Challenges and Needs for Creativity in STEM Education. Asian Journal of University Education, 17(3), 99-108. https://doi.org/10.24191/ajue.v17i3.14517

Anis Wahdati Sholekah. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Materi Pencemaran Lingkungan Melalui Model PjBL Siswa Kelas VII SMPN 9 Salatiga. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(1), 16-22. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260

Anjarwati, A., Qomariyah, R. S., Putri, M. K., Rohman, A. P. E., & Royyana, M. D. (2022). Integrasi Pendekatan Steam-Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas V SDN Sukabumi 2 Probolinggo. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(1), 1031-1038.

Ardianti, Marwani, Lukmanul Hakim. (2016). Peranan Guru dalam Penanaman Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mazmur 21 Pontianak Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 8-9

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294-302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Bialik, M., Fadel, C., Trilling, B., Nilsson, P., & Groff, J. (2015). Skills for the 21st Century: What Should Students Learn? Center for Curriculum Redesign 3(4), 29.

Elya Fahadah, S., & Lutfiya, F. (2021). Penerapan PjBL (Project Based Learning) Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Profesi Keguruan, 7(2), 3478.

Hluchaniuk, V., Solovei, V., Tsvilik, S., & Shumkova, I. (2020). STEAM Education as a Benchmark for Innovative Training of Future Teachers of Labour Training and Technology. Proceedings of the International Scientific Conference, 1, 211. https://doi.org/10.17770/sie2020vol1.5000

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 142-146. https://doi.org/10.26877/jp2f.v7i2.1309

Lely, P., Prabawati, S., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Project-Based Learning Based on Stem (Science, Technology, Engineering, And Mathematics) Enhancing Students Science Knowledge Competence. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 621-629.

Lestariningsih, D., & Bariyah, I. Q. (2024). E D U K A S I Proyek “Melukis di Atas Talenan” Terintegrasi STEAM-Tri N Untuk Mengembangkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 16(1), 117-118.

Mahanal, S., Darmawan, E., Corebima, A. D., & Zubaidah, S. (2010). Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 1(1), 143-145. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v1i1.179

Milles, M. B., & A.M. Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode Metode Baru. UI Press.

Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25-33.

Mursidik, E. s M., Samsiyah, N., & Rudyanto, H. E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 23-33. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.69

Nawati, A., Kumalasari, I. D., & Wibawa, S. (2024). Implementasi PjBL Berbasis STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2751-2769.

Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11(2), 101-116. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897

Santi, K., Sholeh, S. M., Irwandani, Alatas, F., Rahmayanti, H., Ichsan, I. Z., & Mehadi Rahman, Md. (2021). STEAM in environment and science education: Analysis and bibliometric mapping of the research literature (2013-2020). Journal of Physics: Conference Series, 1796(1), 012097. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012097

Saputra, W. (2020). Pengaruh Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Yadika Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(2), 13-16. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i2.443

Sari, D. P., Hasanah, D., & Barriyah, I. Q. (2023). Model Pembelajaran Berbasis STEAM Projek untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa. Edukasi: Jurnal Penelitian & Artikel Pendidikan, 15(2), 165-180. https://doi.org/10.31603/edukasi.v15i2.10489

Shenita, A., Oktavia, W., Aditya Rahman, N., Lisfi Irmareta, I., Subrata, H., Rahmawati, I., & Lutfi Choirunnisa, N. (2022). Pembelajaran Seni Musik Botol Kaca Berbasis Proyek Dengan Pendekatan Steam Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. ENGGANG: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 155-167.

Siregar, E. & Nara, H. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran (Cet.1). Bogor: Ghalia Indonesia.

Siregar, T. E., Santoso, A., & Dewi, R. S. I. (2023). Analisis Penggunaan Bahan Ajar IPAS Berbasis STEAM untuk Memfasilitasi Literasi Sains pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 258-267. https://doi.org/https://doi.org/10.37150/perseda.v6i3.2410

Sucipto, H. (2017). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 1(1), 77. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v1i1.10

Sukma, I. N., & Barriyah, I. Q. (2023). Penerapan PjBL dalam Pemanfaatan Bahan Dapur untuk Membuat Replika Kekhasan Daerah Siswa Kelas VI SD Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan 15(2), 279-294.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.

Undari, M., Darmansyah, & Desyandri. (2023). Pengaruh Penerapan Model PJBL (Project-Based Learning) terhadap Keterampilan Abad 21. Jurnal Tunas Bangsa, 10(1), 25-33. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v10i1.1970

Wahyuni, S., Rofingah, D. K., Aprinastuti, C., & Jati, U. (2023). Penerapan Computational Thinking dalam Pembelajaran IPA Materi Susunan Tulang Daun pada Kelas IV di SD Kanisius Klepu. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 15(1), 111-122. https://doi.org/10.31603/edukasi.v15i1.9078

Yanti, Y., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Segiempat Melalui Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 145-160. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v5i2.2024