Imajinasi dalam Pendidikan: Studi Kritis dalam Perspektif Pedagogik Futuristik
Abstrak
Imajinasi dalam pendidikan dianggap hanya khayalan, ilusi, dan, fantasi semata dikarenakan minimnya pengetahuan dari hakikat imajinasi itu sendiri. Penelitian ini akan membahas secara komprehensif terkait fundamentalnya imajinasi dalam pendidikan. Metode yang digunakan menggunakan studi literatur yang mengelaborasi serta mengkaji hingga memilah secara kritis mengenai sumber-sumber literatur yang relevan dengan topik yang diteliti untuk menghasilkan penelitian yang berkualitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa imajinasi sangatlah fundamental perannya dalam pendidikan, hal ini dibuktikan dari imajinasi sebagai sumber pengetahuan yang dimana imajinasi sifatnya tidak terbatas oleh prinsip-prinsip pemikiran yang mengikat. Imajinasi merupakan hasil dari pengalaman indra manusia yang digambarkan dengan menghasilkan ide, gagasan, atau karya-karya yang sifatnya orisinil dan otentik. Pedagogik futuristik menjadi jembatan dalam menghubungkan imajinasi dengan pendidikan yang mengedepankan prinsip manusia sebagai makhluk yang multidimensional yang memiliki kemampuan berpikir masa depan, mengatasi permasalahan, dan menjawab tantangan masa depan, hingga memberikan solusi terhadap isu dalam masyarakat.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Waryanti Waryanti, Yusuf Tri Herlambang, Tatang Muhtar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

