Penerapan Kelasiber Berbasis Video Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika

  • Eko Mulyadi SMK Negeri 3 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Fisika di kelas XTP2 SMKN 3 Yogyakarta dengan penerapan Kelasiber Berbasis Video Pembelajaran Daring Fisika Kompetensi Listrik Statis dan Listrik DC. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan, setiap pertemuan dengan alokasi waktu dua jam pelajaran. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Kelasiber Berbasis Video Pembelajaran Daring dengan langkah-langkah menginformasikan masuk kelasiber, pencarian video pembelajaran, peserta didik menyaksikan video, mengerjakan latihan soal, guru menganalisis keaktifan dan hasil belajar, umpan balik hasil belajar. Keaktifan diukur dari: Kehadiran tepat waktu, Kehadiran mengajukan pertanyaan, dan melihat video sedangkan aspek hasil belajar diukur dari tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keaktifan pada siklus I, ketepatan waktu sebesar 61,11%, kehadiran 72,22%, mengajukan pertanyaan 5,56%, melihat video 44,44%, pada siklus II ketepatan waktu sebesar 55,55%, kehadiran 80,55%, mengajukan pertanyaan 11.11%, melihat video 77,77%, sehingga rata-rata peningkatan keaktifan 47,22% menjadi 56,26%. Peningkatan hasil belajar Fisika rata-rata pra siklus 59,42, siklus I rata-rata 78, pada siklus II rata-rata 89. Peningkatan keaktifan 55% dan hasil belajar peserta didik mencapai rata-rata lebih dari 80, maka penerapan kelasiber berbasis video pembelajaran perlu diterapkan dan diteruskan dalam pembelajaran karena adanya peningkatan keaktifan maupun hasil belajar.

Kata Kunci: kelasiber, video pembelajaran, keaktifan, hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Mulyadi, E. (2021). Penerapan Kelasiber Berbasis Video Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Fisika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 359-367. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.295
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 334 times
PDF downloaded: 289 times

Referensi

Amri, Sofan. (2015). Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bovee, Courland. (1997). Business Communication Today. New York: Pretince Hall.

Daryanto & Mulio Rahardjo. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Daryanto & Syaiful Karim. (2007). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Djamarah. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2009). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hamalik, Oemar. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara.

http://kelasiber.skagata.sch.id/ dipetik tanggal 29 Mei 2021.

Jihad, Asep & Haris, Abdul. (2018). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press.

Kosasih, E. (2015). Strategi Belajar dan Pembelajaran Impelmentasi Kuriklum 2013. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Merina, Anna. (2008). Pembelajaran Menggunakan Video CD Guna mengimbangi Tuntutan Pendidikan yang semakin komplek. Artikel 19 Mei 2008.

Ouda Teda Ena. (2008). Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. Yogyakarta: universitas Sanata Darma.

Rimy, Yoko. (2008). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Bentuk Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: LPMP.

Sudjana, Nana. (2014). Penilaian Hasil dan Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sukiman. (2012). Pengembangan Sistem Evaluasi. Yogyakarta: Insan Madani.

Suprihatiningrum, Jamil. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Suprijono, Agus. (2016). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-2. Jakarta: Balai Pustaka.

Uno, Hamzah B. & Nurdin, Mohamad. (2013). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: PT Bumi Aksara.