Implikasi Media Sosial terhadap Nilai Religius Siswa MAN Kotawaringin Barat

  • Nurul Umam IAIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  Indonesia
  • Hamdanah Hamdanah IAIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  Indonesia
  • Saiful Lutfi IAIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  Indonesia

Abstrak

Media sosial merupakan media yang memberikan kemudahan dalam komunikasi bahkan berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Setiap orang yang menggunakan smartphone memiliki media sosial yang terpasang untuk akses komunikasinya. Komunikasi tersebut dibutuhkan untuk antar personal atau antar kelompok. Hal ini sebagai pendukung aktifitas mobile. Karenanya penelitian penting untuk mengetahui implikasi media sosial terhadap nilai religius siswa MAN Kotawaringin Barat. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan termasuk dalam jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian didapat menggunakan teknik snowbal sampling dimulai dengan sampel kecil kemudian berkembang menjadi besar yaitu siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah 31 orang dengan kriteria aktif berkunjung ke media sosial MAN Kotawaringin Barat. Peneliti menggali data dengan teknik observasi pertisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Objek penelitian ini adalah implikasi media sosial MAN Kotawaringin Barat terhadap nilai religius siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media sosial MAN Kotawaringin Barat sengaja diadakan oleh madrasah untuk mengimbangi kemajuan teknologi dan memenuhi kebutuhan siswa di era digital. Media social resmi madrasah dioperasikan oleh admin untuk menyampaikan berbagai informasi dan dokumen kegiatan madarasah seperti: penerimaan siswa baru, pesantren Ramadhan, peringatan hari besar Islam, video motivasi, dan lain-lain. Keberadaan media social madrasah dirasakan manfaatnya bagi siswa untuk mengetahui informasi update tentang madrasah, namun juga berharap agar ditambahkan dengan konten-konten yang materinya berkenaan langsung dengan pembelajaran/akademik yang lebih menarik dan bermuatan nilai religius.

Kata Kunci: Implikasi, Media Sosial, Nilai Religius

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-04-21
Bagaimana cara mengutip:
Umam, N., Hamdanah, H., & Lutfi, S. (2025). Implikasi Media Sosial terhadap Nilai Religius Siswa MAN Kotawaringin Barat. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1350-1356. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1794
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 11 times
PDF downloaded: 3 times

Referensi

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengelola Data : Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Historis : Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.

Anwar, A. S., Leo, K., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Abad 21 Melalui Media Sosial. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3044–3052. Https://Doi.Org/10.54371/Jiip.V5i8.795

Effendi, H. R., Siminto, & Muslimah. (2023). Peran Orang Tua dan Pendidik Dalam Pendampingan Anak di Era Gedget. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI), 1(1).

Haryono, E. (2023). Article Template : E-Journal An-Nuur : The Journal of Islamic Studies Petunjuk Penulisan Artikel Jurnal Online , An-Nuur Institut Agama Islam (IAI) Al Muhammad Cepu. E-Journal An-Nuur: The Journal Of Islamic Studies.

Hatiah, H., & Muslimah, M. (2024). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 5(1). Https://Doi.Org/10.47134/Pjpi.V1i3.642

Hikmah, N., Surawan, S., Ansari, M. R., Endah, E., & Muslimah, M. (2022). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT di SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Pengabdianmu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(5), 652–663.

Hilmiati, H., & Saputra, F. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Religius Melalui Pembiasaan Shalat Duha dan Shalat Dhuhur Berjamaah di MI Raudlatusshibyan Nw Belencong. El Midad, 12(1), 70–87. Https://Doi.Org/10.20414/Elmidad.V12i1.2506

Khanif, R., Muslimah, & Ahmadi. (2021). Urgensi Pengelolaan Keluarga Sebagai Madrasatul’ula Dalam Meminimalisir Dekadensi Moral Generasi Muda Masa Kini. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 103–112.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Lutfi, S., & Riduan, A. (2023). Transformasi Nilai-Nilai Keislaman Mahasiswa: Meneropong Eksistensi Mahad Al-Jami’ah Dalam Pendidikan Ibadah. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 2621–2628.

Maulida, M., Muslimah, M., Hidayati, N., Musyarafah, M., & Andriani, I. (2021). Upaya Meningkatkan Spiritualitas Masyarakat Melalui Program Khusus Ramadhan RRI Palangka Raya Islam Menjawab Tahun 2021. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat, 2, 121–130.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145–151. Https://Doi.Org/10.52022/Jikm.V12i3.102

Munir, M., Syar’i, A., & Muslimah, M. (2021). Tantangan dan Peluang Pendidikan Islam di Tengah Arus Perkembangan Teknologi Digital. Prosiding Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS), 1(1), 487–504.

Muslimah, M. (2024). Investigating Islamic Religious Education Teacher Beliefs Toward Multimedia Learning. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 19, 23. Https://Doi.Org/10.21043/Edukasia.V19i1.25952

Pokhrel, S. (2024). Analisis Media Sosial Tiktok Terhadap Etika Berpakaian Islami Remaja Putri Desa Timbulrejo Kecamatan Bangunrejo Lampung Tengah. Αγαη, 15(1), 37–48.

Puspita. (2022). Religious Moderation Campaign Through Social Media. International Conference on Cultures & Languages (ICCL), 1(1), 699–707.

Puspitasari, A., Muslimah, M., & Lutfi, S. (2024). Muhadhoroh Sebagai Training Public Speaking Dalam Meningkatkan Self-Confidence Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1276–1283. Https://Doi.Org/10.51169/Ideguru.V9i3.1106

Putri Yulianti, Akhmad Riadi, Fadia Zahratunnisa, Nur Aulia Amanda Fatimah, A. A. (2024). Kajian Literatur : Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Generasi Muda. Indonesian Journal of Islamic Education, 2(1), 113–123.

Said, A., & Muslimah, M. (2021). Evaluation of Learning Outcomes of Moral Faith Subjects During Covid-19 Pandemic at Min East Kotawaringin (Penilaian Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pada Masa Pandemi Covid-19 di MIN 1 Kotawaringin Timur). Bulletin of Science Education, 1(1), 7–15.

Saputra, A. D., & Rahmatia, A. (2021). Gamification Model As A Business Strategy For Msmes In Indonesia. Journal of Accounting and Strategic Finance, 4(1), 91–107. Https://Doi.Org/10.33005/Jasf.V4i1.162

Saputra, A. D., Rahmatia, A., & Muslimah, M. (2021). How Far Are The Benefits of The Islamic Philanthropy and Social Entrepreneurship Movement? El-Qish: Journal of Islamic Economics, 1(1), 11–24.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir-Al-Mishbah-Jilid-01-M.-Quraish-Shihab-Z-Library-1. In Jakarta : Lentera Hati.

Tang S, M., Muslimah, M., & Riadi, A. (2020). The Concept of Multicultural Education in Al-Qur’an Surah Al-Hujarat Verse 11-13. Syamil: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 8(2), 119–133. Https://Doi.Org/10.21093/Sy.V8i2.2558

Ummah, M. S. (2019). Nilai Religius Dalam Membentuk Akhlak Karimah Bagi Peserta Didik di MI Ar-Rahim Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.