PEMBELAJARAN DARING FISIKA MELALUI WHATSAPP, GOOGLE FORM, DAN EMAIL DALAM CAPAIAN PRESENSI AKTIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstrak
Wabah virus corona melanda Indonesia dan dunia pada awal Maret 2020. Virus tersebut menular melalui kontak fisik sehingga pemerintah menerapkan larangan untuk berkumpul. Terkait kondisi tersebut maka pembelajaran dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur presensi aktif, capaian hasil belajar dan efektifitas pembelajaran Fisika daring melalui WhatsApp, google form, dan email. Materi pembelajaran fisika daring adalah Kalor (24 Maret 2020) dan Termodinamika (31 Maret 2020). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi, dengan langkah-langkah : 1) Menentukan jadwal pembelajaran daring Fisika kelas X setiap Selasa, pukul 09.00-10.30 WIB (1,5 jpl), 2) Membuat atau memanfaatkan grup WhatsApp yang sudah dibuat oleh wali kelas, 3) Membuat google form untuk presensi, 4) Membuat tautan yang disampaikan di grup WhatsApp kelas, kemudian tugas terstruktur disampaikan melalui email, 5) Mereview tugas yang disampaikan peserta didik, serta 6) Rekapitulasi presensi aktif dan capaian hasil belajar Fisika. Hasil yang dicapai pada tanggal 24 Maret 2020, presensi peserta didik aktif rata-rata 87,25%, capaian hasil belajar rata-rata 87,89, pada tanggal 31 Maret 2020 presensi aktif rata-rata 94,75%, capaian hasil belajar 79,66. Capaian rata-rata persentase presensi aktif adalah 91%, capaian rata-rata hasil belajar 83,77 (melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal Fisika 75), yang menunjukkan efektifitas pembelajaran Fisika daring dengan menggunakan WhatsApp untuk komunikasi dan google form untuk kuis, baik bagi pendidik maupun peserta didik.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2020 Eko Mulyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

