PEMBELAJARAN DARING FISIKA MELALUI WHATSAPP, GOOGLE FORM, DAN EMAIL DALAM CAPAIAN PRESENSI AKTIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

  • Eko Mulyadi SMK Negeri 3 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Wabah virus corona melanda Indonesia dan dunia pada awal Maret 2020. Virus tersebut menular melalui kontak fisik sehingga pemerintah menerapkan larangan untuk berkumpul. Terkait kondisi tersebut maka pembelajaran dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur presensi aktif, capaian hasil belajar dan efektifitas pembelajaran Fisika daring melalui WhatsApp, google form, dan email. Materi pembelajaran fisika daring adalah Kalor (24 Maret 2020) dan Termodinamika (31 Maret 2020). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi, dengan langkah-langkah : 1) Menentukan jadwal pembelajaran daring Fisika kelas X setiap Selasa, pukul 09.00-10.30 WIB (1,5 jpl), 2) Membuat atau memanfaatkan grup WhatsApp yang sudah dibuat oleh wali kelas, 3) Membuat google form untuk presensi, 4) Membuat tautan yang disampaikan di grup WhatsApp kelas, kemudian tugas terstruktur disampaikan melalui email, 5) Mereview tugas yang disampaikan peserta didik, serta 6) Rekapitulasi presensi aktif dan capaian hasil belajar Fisika. Hasil yang dicapai pada tanggal 24 Maret 2020, presensi peserta didik aktif rata-rata 87,25%, capaian hasil belajar rata-rata 87,89, pada tanggal 31 Maret 2020 presensi aktif rata-rata 94,75%, capaian hasil belajar 79,66. Capaian rata-rata persentase presensi aktif adalah 91%, capaian rata-rata hasil belajar 83,77 (melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal Fisika 75), yang menunjukkan efektifitas pembelajaran Fisika daring dengan menggunakan WhatsApp untuk komunikasi dan google form untuk kuis, baik bagi pendidik maupun peserta didik.

Kata Kunci: daring, presensi aktif, capaian hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Eko Mulyadi, SMK Negeri 3 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Lahir di Jakarta 5 April 1975,  S1 Lulusan Fisika UNpad Tahun 1999, S2 Lulusan Fisika FMIPA UI Tahun 2002. Sekarang Guru di SMK negeri 3 Yogyakarta, mengajar Mata Pelajaran Fisika.

 

Diterbitkan
2020-06-21
Bagaimana cara mengutip:
Mulyadi, E. (2020). PEMBELAJARAN DARING FISIKA MELALUI WHATSAPP, GOOGLE FORM, DAN EMAIL DALAM CAPAIAN PRESENSI AKTIF DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 34 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.156
Abstrak viewed: 701 times
PDF downloaded: 3628 times

Referensi

Bansal, T., and Joshi, D. (2014). A study of students’ experiences of mobile learning, Global Journal of Human-Social Science, 14(4), 27-33

Furqon. (1999). Statistik Terapan Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Hal. 36-37.

http://elmaamaliapebrianti.blogspot.com/2015/05/penelitian-tindakan-kelas.html didownload 5 April 2020, pukul 11.45 WIB.

http://repository.upi.edu/19281/4/S_KTP_0800914_Chapter1.pdf didownload tanggal 5 April 2020 pukul 11.40 WIB.

https://alihamdan.id/jenis-penelitian/ didownload tanggal 5 April 2020, pukul 11.50 WIB

https://tekpengita323.blogspot.com/2019/05/pembelajaran-daring-dengan-google.html didownload 5 April 2020 pukul 11.00 WIB

https://www.academia.edu/16857605/MAKALAH_EMAIL didownload tanggal 5 April 2020, pukul 11.40 WIB.

Ngaleka, W Uys. (2012). M-learning with whatsapp: A conversation analysis. International Conference on e-Learning.hal.17

Suparman. (2007). Meningkatkan Kinerja Belajar Dan Hasil Belajar Di Materi Listrik Statis Dengan Pembelajaran Berbasis ICT Pada Kelas XII IPA 3 SMAN 4 Kendari. Kendari: SMAN 4

Surat Edaran Dinas Pedidikan dan Olahraga nomor: 421/02490 tentang perpanjangan masa pembelajaran jarak jauh/online bagi peserta didik dalam masa darurat penyebaran Corona virus desease (Covid-19) dilingkungan Pemda DIY, tertanggal 31 Maret 2020.

Surat Edaran Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor: 443/01357 tentang Antisipasi penyebaran infeksi corona virus desease (Covid-19) di Lingkugan pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor tertanggal 19 Maret 2020

Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung; Remaja Rosdakarya.

UU No.20 Tahun 2003. Sistem pendidikan Nasional

Wahyudin. Andik. (2012). Apa Itu google docs. [Online]. Tersedia: http://jurnalmagang.blogspot.com/2012/04/apa-itu-google-docs.html

Yani, Ahmad. (2012). Teknisi Komputer Laptop dan Ringan. Hal: 209