Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah

  • Pniel Sozawato Zendrato Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Netti Kariani Mendrofa Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Yulisman Zega Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Yakin Niat Telaumbanua Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari sangat dipengaruhi oleh kemampuan penalaran. Secara khusus  dalam  pembelajaran matematika, kemampuan penalaran menjadi salah satu yang krusial untuk dimiliki dan dikuasai oleh siswa. Dalam perkembangan proses berpikir matematis seseorang, penalaran memainkan peranan yang krusial. Dalam pembelajaran matematika, penalaran berperan sebagai dasar yang memungkinkan siswa untuk mendalamai serta memahami konsep-konsep umum dalam pembelajaran matematika serta membantu siswa mencapai menarik suatu kesimpulan dari permasalahan matematis. Dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan, dapat membantu siswa dalam menyelesaikan/mencari solusi dari setiap permasalahan matematis yang berkaitan dengan permasalahan yang sedang terjadi. Dalam penelitian ini, jenis penelitian yang digunakan yakni  kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sehingga, penelitian ini bermaksud untuk menganalisis serta mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Gunungsitoli Utara. Hasil perolehan nilai siswa setelah diberikan tes kemampuan penalaran matematis dengan perolehan skor yang bervariasi yakni skor tertinggi adalah 87, skor terendah 31 serta rata-rata 63,35 dengan kriteria tergolong sedang. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak memenuhi kriteria kemampuan penalaran matematis, antara lain kurangnya pemahaman konsep, ketidakkonsistenan dalam mengidentifikasi masalah, kurangnya ketelitian, serta kesulitan dalam menemukan rumus untuk menyelesaikan soal.

Kata Kunci: penalaran matematis, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Pniel Sozawato Zendrato, Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara

Pniel Sozawato Zendrato, Lahir Di Desa Bawodesolo, Tanggal 1 April 1998. Studi S1 Pendidikan Matematika, Universitas Nias. Anak Ke Tiga Dari Lima Bersaudara. Saat Ini Berdomisili Di Dusun I Desa Bawodesolo, Kota Gunungsitoli. Nomor Hp/Wa : 081315414873

Netti Kariani Mendrofa, Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara

Netti Kariani Mendrofa, Lahir Di Sifalaete Tanggal 11 Juni 1989. Lulus S1 Dari Ikip Gunungsitoli Tahun 2012 Dan Pada Tahun 2017 Lulus S2 Dari Universitas Negeri Padang. Dosen Universitas Nias. Nomor Hp/Wa : 085283160139

Diterbitkan
2024-09-14
Bagaimana cara mengutip:
Zendrato, P. S., Mendrofa, N. K., Zega, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 86-92. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1472
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 27 times
PDF downloaded: 11 times

Referensi

Anggraini, A., Syofiana, M., & Ramadianti, W. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berbasis Masalah pada Materi Bilangan Pecahan. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 267–277. https://doi.org/10.32938/jpm.v4i2.3156

Asoraya, M. S., & Ruli, R. M. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3053–3066. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2412

Dores, O. J., Sopia, N., & Aming. (2023). Analisis Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas X. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i2.23086

Enmufida, E., Jupri, A., & Yulianti, K. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Menggunakan Learning Management System (LMS) dalam Blended Learning. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(9), 7240–7245. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i9.2755

Hartiningrum, E. S. N., Maarif, S., & Triani, E. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Kelas X Smk Dalam Menyelesaikan Soal Matematika. Jurnal Lemma, 9(2), 67–81. https://doi.org/10.22202/jl.2022.v9i2.5904

Haswati, D., Fadila, A., Iskandar, R. S. F., & Raharjo, S. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Dan Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Analisis Real. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 68–78. https://doi.org/10.31537/laplace.v6i1.1106

Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Membuat Diagram. Lentera: Jurnal Pendidikan, 2(2), 210–218. https://doi.org/10.33654/jpl.v14i2.881

Kiawati, E. S., Junedi, B., & Tabrani, M. B. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2465–2474. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2213

Mudhiah, S., & Shodikin, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Penalaran Geometris Siswa. Jurnal Elemen, 5(1), 43–53. https://doi.org/10.29408/jel.v5i1.974

Nabila, F. Y., & Marlina, R. (2022). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 474–482. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1988

Raharjo, S., Saleh, H., & Sawitri, D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dengan Pendekatan Open–Ended Dalam Pembelajaran Matematika. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(1), 36–43. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i1.1881

Riswari, L. A., Rahmadani, Z. A., Alifah, H. N., & Kudus, U. M. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Masalah Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Di Desa Ketilengsingolelo. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(2), 195–203.

Rizaluddin, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 15–19. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.131

Sukmawati, S., Amrullah, A., Hikmah, N., & Soepriyanto, H. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Journal of Classroom Action Research, 5(2), 106–110.

Sumartini, T. S., & Utami, I. E. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi. Prisma, 12(2), 333. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3062

Waluyo, S. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Menggunakan Model PBL Ditinjau Dari Kecerdasan Intrapersonal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(1), 286–290. https://doi.org/10.31004/jerkin.v2i1.175

Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36

Wirawan, N., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Bentuk Literasi Numerasi AKM pada Konten Bilangan Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2715–2728. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2623

Yohanes, B., & Darmawan, P. (2022). Resiliensi matematis calon guru matematika dalam pembelajaran berbasis masalah. JKPM : Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 6(2), 96–107.