PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION

  • Eko Mulyadi SMK Negeri 3 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Warnoto Warnoto SMK Negeri 3 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi hasil belajar Fisika peserta didik di kelas XTL2 SMK Negeri 3 Yogyakarta melalui model Group Investigation (GI) dalam pembelajaran Fisika Kompetensi Fluida dan Gelombang. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2-3 pertemuan, setiap pertemuan dengan alokasi waktu 3 jam pelajaran. Setiap siklus meliputi empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan motivasi belajar pada siklus I sebesar 75% , pada siklus II sebesar 90,63% terjadi peningkatan 16,63%. Peningkatan prestasi hasil belajar rata-rata pra-siklus 31,09, siklus I rata-rata 65,60 tuntas 28,13%, pada siklus II rata-rata 86,28, tuntas 68,75% . Penelitian ini 2 siklus, karena pada siklus II, motivasi belajar lebih dari 80%, dan prestasi hasil belajar lebih dari 60%, penerapan model GI perlunya diterapkan dan diteruskan dalam pembelajaran karena adanya peningkatan baik motivasi belajar maupun prestasi hasil belajar.

Kata Kunci: Group Investigation, motivasi belajar, Prestasi hasil belajar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-11-02
Bagaimana cara mengutip:
Mulyadi, E., & Warnoto, W. (2020). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 39 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.125
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 375 times
PDF downloaded: 438 times

Referensi

A.M, Sardiman. (1992). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers

Arends, R.I. (1998). Learning to Teach. New York: MC Grow Hill. Inc.

Arikunto, Suharsimi, dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Furqon. (1999). Statistik Terapan untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Mulatsih, Bekti. (2019). Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik Kelas XIMIPA dengan model Pembelajaran Kooperatif STAD. Jurnal Ide Guru: Disdikpora DIY.

Nasution. (1995). Dikdaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan

Poerwadarminta, WJS. (1987). Kamus umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Rimy, Yoko. (2008). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Bentuk Pengembangan Profesi Guru. Yogyakarta: LPMP

Slavin, Robert E (1995). Cooperative Learning Theory, Research and Practice. Massachusett, USA: Allymand & Bacon

Suparman. (2007). Meningkatkan Kinerja Belajar Dan Hasil Belajar Di Materi Listrik Statis Dengan Pembelajaran Berbasis ICT Pada Kelas XII IPA 3 SMAN 4 Kendari. Kendari: SMAN 4.

Suyono dan Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung; Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. (2002). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya

Udin S. Winaputra. (2001). Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka. Cet. Ke-1.