Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bermakna Peserta Didik dengan TTS Readers

  • Ponikem Ponikem SMP Negeri 1 Wonosari,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan meterampilan membaca nyaring peserta didik dengan TTS Readers di Kelas 9F SMP Negeri 1 Wonosari pada Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018. Tindakan yang diberikan berupa pembelajaran yang menekankan pada kegiatan membaca nyaring yang difasilitasi dengan aplikasi TTS Readers. Penelitian Tindakan kelas ini terdiri dari 2 (dua) siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 (dua pertemuan. Tahapan penelitian meliputi merencanakan, melaksanaan dan mengobservasi, dan merefleksi. Data penelitian ini diambil melalui angket dan pengamatan. Hasil angket ditabulasi dan diolah kemudian dibandingkan dengan indikator keberhasilan yang sudah ditentukan untuk mengukur peningkatan dan ketercapaiannya. Data hasil pengamatan diolah dengan cara menghitung persentase jumlah kata yang dilafalkan dengan benar, kemudian dibandingkan dengan indikator keberhasilan untuk mengetahui peningkatan dan ketercapaiannya. Hasil penelitian adalah meningkatnya keterampilan membaca nyaring peserta didik yang dibuktikan oleh ketercapaian indikator keberhasilan penelitian, yakni rerata peserta didik yang masuk kategori Sering dan Selalu mencapai 64.2% dari target 50%. Ketuntasan klasikal ketercapaian keterampilan membaca nyaring 62.5% pada akhir Siklus 1 menjadi 100% pada Siklus 2 dari target minimal yang dirumuskan dalam indikator keberhasilan sebesar 75%.

Kata Kunci: keterampilan menangkap makna peserta didik, membaca nyaring bermakna, TTS Readers

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2019-11-01
Bagaimana cara mengutip:
Ponikem, P. (2019). Meningkatkan Keterampilan Membaca Nyaring Bermakna Peserta Didik dengan TTS Readers . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(2), 86-92. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i2.98
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 339 times
PDF downloaded: 525 times