Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Math Quiz untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Materi Penjumlahan Pecahan Campuran Siswa Kelas V SD

  • Dina Laelatul Fadhilah Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • I. Isrokatun Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Aah Ahmad Syahid Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pemahaman matematis penjumlahan pecahan campuran siswa kelas V SD melalui pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan penggunaan math quiz. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian berupa quasi eksperimen pretest-posttest non-equivalent control group design. Desain ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen. Sekolah Dasar di Kabupaten Cirebon menjadi populasi dalam penelitian ini, dengan menggunakan dua sampel penelitian yang dipilih secara acak, yaitu SDN 1 Kebarepan dan SDN Tegalwangi 3. Hasil belajar siswa, angket, dan dokumentasi pendukung digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini. Setelah data terkumpul data dianalisis dengan menggunakan software SPSS 22 yang memungkinkan pengambilan kesimpulan melalui beberapa tahap antara lain uji prasyarat mutlak, uji paired sample T test, independent sample T test dan dilengkapi melalui hasil uji n-gain.  Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pembelajaran Teams Games Tournament cukup efektif untuk meningkatkan pemahaman matematis peserta didik pada materi penjumlahan pecahan campuran dibandingkan dengan pembelajaran secara konvensional. Pembelajaran menggunakan TGT berbantuan math quiz mampu menarik serta meningkatkan keaktifan dan semangat peserta didik.

Kata Kunci: TGT, Pemahaman matematis, Penjumlahan pecahan campuran

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-02-28
Bagaimana cara mengutip:
Fadhilah, D. L., Isrokatun, I., & Syahid, A. A. (2024). Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Math Quiz untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Materi Penjumlahan Pecahan Campuran Siswa Kelas V SD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 893-901. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.969
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 61 times
PDF downloaded: 47 times

Referensi

Agustyaningrum, N., Pradanti, P., & Yuliana. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 575-576. https://doi.org/10.30606/absis.v5i1.1440

Arisanti, M. P., Yufrinalis, M., & Bera, L. (2023). Peningakatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Manik-Manik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 620-626

Auliya, R. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe CRH (Course, Review, Hurray) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Kecemasan Matematika SMP. repository.upi.edu, 1-11.

http://repository.upi.edu/id/eprint/595

Fahyuni, E. F., & Fauji, I. (2017). Pengembangan Komik Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Minat Baca dan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Halaqa Islamic Education Journal, 17-26. https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.817

Hidayati, R. Y. (2010). Meningkatkan Pemahaman Konsep Pecahan Desimal Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Sortir Kartu Bilangan Pecahan Pada Siswa Kelas IV SDN 04 Karangrejo Tahun 2009/2010. Surakarta: Skripsi: Universitas Muhamadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/9778

Huda, M. (2014). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kiranawati. (2007, November 13). Metode Team Games Tournament (TGT). Diambil kembali dari gurupkn: https://gurupkn.wordpress.com/2007/11/13/metode-team-games-tournament-tgt/.

Margono. (2010). Metodologi penelitian pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Nawir, M., Khaeriyah, & Syamsuriyawati. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Lau Kabupaten Maros. EQUALS; Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 100-108. https://www.ejournals.umma.ac.id/index.php/equals/article/view/422

Purwantini, J., Wiarta, I. W., & Putra, K. A. (2013). Pengaruh Pembelajaran Tipe TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Matematik Siswa Kelas V SD NO. 9 Jimbaran. Mimbar PGSD UNDIKSHA. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.960

Subarinah, S. (2006). Inovasi Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Depdiknas RI.

Syahid Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.,

Syahid A. A. (2019). Gembira bersekolah: memaknai fun learning di sekolah dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1-7.

Toifah, D., Rasul, A., & Subhanudin. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SMP Negeri Ayuka Timika Pada Materi Pokok Pecahan Campuran. Cerdas Jurnal Pendidikan, 12-20. https://doi.org/10.58794/cerdas.v1i1.115

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: CV Eko Jaya.

Widyasari, M., Hadiyanti, A. H., & Kriswanto, Y. B. (2023). Implementasi PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving, Kemandirian, dan Hasil Belajar pada Pembelajaran Matematika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 509-516. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.574

Yulandari, P., Isrok'atun I, & Kurnia, D. (2017). Permainan Tempel Urutkan (Telur) Berbantuan Media Kertas Warna Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1151-1160. http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/11264/6879