Pengembangan Media Pembelajaran VG-Plant Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas IV

  • Viena Aunillah Carl Vinson Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • I. Isrokatun Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Ali Ismail Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini mendeskripsikan proses pengembangkan media pembelajaran VG-Plant berbasis articulate storyline 3 pada materi perkembangbiakan tumbuhan di kelas IV sekolah dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media VG-Plant melalui proses validasi para ahli, mengukur persepsi kebergunaan media, dan mengetahui kompatibilitas media di beberapa perangkat versi android yang berbeda. Penelitian tersebut dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) dan model ADDIE yang melalui lima tahap yakni tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah pada 32 peserta didik kelas IV serta kelayakan materi dan media di ambil dari validasi para ahli. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran VG-Plant relevan dengan kebutuhan proses pembelajaran IPA di kelas IV pada materi perkembangbiakan tumbuhan. Desain media VG-Plant dibuat dalam bentuk file.apk. Media VG-Plant dihitung menggunakanan Content Validity Index (CVI) dan memiliki kelayakan isi dan kualitas media dengan skala 1 dan dalam kategori “relevan dan layak digunakan”. Kemudian, kebergunaan media VG-Plant dikategorikan “Excellent” dengan nilai 88 yang dihitung menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Serta media VG-Plant telah memenuhi standar kompatibilitas pada aspek adaptability dan installability dengan persentase pengujian sebesar 100% pada beberapa versi android. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media VG-Plant layak digunakan dan  dapat dioperasikan di semua perangkat dengan spesifikasi android versi 6 hingga android versi 13.

Kata Kunci: Media VG-Plant, articulate storyline 3, materi perkembangbiakan tumbuhan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-12
Bagaimana cara mengutip:
Vinson, V. A. C., Isrokatun, I., & Ismail , A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran VG-Plant Berbasis Articulate Storyline 3 pada Materi Perkembangbiakan Tumbuhan Kelas IV . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 548-556. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.871
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 219 times
PDF downloaded: 174 times

Referensi

Ayudianti, Y. N., Andriana, E., Setiawan, S., & Yuliana, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Model Pembelajaran Kontekstual Di Kelas Iv Sd. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(1), 131–141. https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2007

Ismail, A. (2017). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Smartphone. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 114–124.

Ismail, A., Rahayu, G., Putera, M. A. K., Aghniya, N. N., & Gumilar, S. (2021). Development of augmented reality as physics learning media on electric concepts. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(4), 042006. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/4/042006

Isrokatun, I., Yulianti, U., & Nurfitriyana, Y. (2021). Analisis Profesionalisme Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 454–462. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1961

Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22

Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(1), 37. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528

Maivi, C., & Erita, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Menggunakan Articulate Storyline 3 Berbasis Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 3, 1188–1198.

Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2018). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis Ict. Jurnal Petik, 3(1), 28. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.355

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Safitri, A. O., Yunianti, V. D., & Rostika, D. (2022). Upaya Peningkatan Pendidikan Berkualitas di Indonesia: Analisis Pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 7096–7106. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3296

Salwani, R., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas VA SDIT Mutiara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 409–415. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/963

Sarwendah, A. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “Kihajar Beriman” pada Elemen Media Digital. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3), 525–530. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i3.616

Sopian, S. B. P., Isrokatun, I., & Ismail, A. (2023). Development of Android-Based Peta (Penjelajahan Matematika) Learning Media on Speed Learning Materials At a Fifth-Grade Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 277. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i2.9650

Yusoff, M. S. B. (2019). ABC of Content Validation and Content Validity Index Calculation. Education in Medicine Journal, 11(2), 49–54. https://doi.org/10.21315/eimj2019.11.2.6