Dampak Teknologi sebagai Dasar Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Siswa Ditinjau dari Teori Belajar Humanistik

  • Ni Putu Noviarini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah lanskap pendidikan dengan memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan media pembelajaran yang inovatif. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak teknologi sebagai dasar pengembangan media pembelajaran terhadap prestasi siswa, dengan merujuk pada teori belajar humanistik. Metode penelitian yang digunakan adalah library research, yang melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber literatur yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam pembelajaran telah memberikan manfaat signifikan dalam meningkatkan prestasi siswa. Media pembelajaran yang didasarkan pada teknologi, seperti multimedia interaktif dan pembelajaran online, memfasilitasi pengalaman belajar yang lebih menarik dan relevan bagi siswa. Dalam konteks teori belajar humanistik, teknologi dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih personal, di mana siswa memiliki kontrol lebih besar atas proses belajar mereka. Dengan demikian, artikel ini menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan teknologi sebagai alat untuk meningkatkan prestasi siswa melalui pendekatan pembelajaran yang lebih manusiawi dan terfokus pada individu.

Kata Kunci: teknologi, prestasi, humanistik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Noviarini, N. P., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Dampak Teknologi sebagai Dasar Pengembangan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Siswa Ditinjau dari Teori Belajar Humanistik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 425-431. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.865
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 293 times
PDF downloaded: 143 times

Referensi

Adiputra, I. N. S., Sukadi, & Sudarma, I. K. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Secara Kooperatif Berbasis Klarifikasi Nilai Terhadap Prestasi Belajar PKn Ditinjau Dari Sikap Sosial Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kubu). Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i2.229

Andani, N. A., Nizaruddin, N., & Prayito, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match Dan Problem Posing Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 258–264. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7609

Anggraeni, D. M., . P., & W, E. D. (2018). Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Think Pair And Share Melalui Pendekatan Inquiry Ditinjau dari Kemandiriran Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Sekolah Dasar, 3(1), 75–83. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v3i1.413

Budiharti, B., & Jailani, J. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Ditinjau Dari Prestasi Belajar Dan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 27. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2642

Chika Pratama, B. (2019). Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Berbantu Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 84. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17382

Endang, D. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Kokami Ditinjau Dari Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Aksioma, 8(2), 68. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1695

Hidayah, M. (2016). Sosio Emosional Dalam Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kognitif Siswa Madrasah Aliyah. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 4(1), 19–36. https://doi.org/10.21580/phen.2014.4.1.109

Hidda, I. R., & Sundaygara, C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Probing Prompting Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 247–251. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6156

Hodijah, S., Nurwahidin, M., & Yulianti, D. (2023). Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 347. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.6463

Iqromi, m. A., & Baysha, muh. husein. (2019). PENGARUH MEDIA KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(1), 65. https://doi.org/10.33394/jtp.v3i1.1228

Jayanti, E. D., Aryana, I., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Literasi Digital Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus VI Kecamatan Mengwi. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 55–64. https://doi.org/10.23887/jpdi.v1i2.2681

Manshur, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di MIN Kepatihan Bojonegoro. At-Tuhfah, 9(1), 44–51. https://doi.org/10.36840/jurnalstudikeislaman.v9i1.314

Melianingsih, N., & Utami, D. T. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Tipe Think Pair Share terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Self Efficacy Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(1). https://doi.org/10.30998/sap.v4i1.2754

Neriasari, D. P., & Ismawati, E. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Prestasi Belajar Menulis Eksplanasi Ditinjau Dari Aspek Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 436. https://doi.org/10.31571/bahasa.v7i2.1024

Nugroho, A. G., & Husni, M. (2020). Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Jigsaw Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. Media Pendidikan Matematika, 8(1), 42. https://doi.org/10.33394/mpm.v8i1.2484

Nurvita, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Mind Mapping Dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Jendela Pendidikan, 1(02), 66–72. https://doi.org/10.57008/jjp.v1i02.10

Pratiwi, E. Y. R., Aslina, Y., Suyuti, S., Dwinata, A., & Nadziroh, F. (2022). Dampak Penerapan K-13 dan Teknologi Pembelajaran pada Masa Covid-19 terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9936–9946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4167

Rahmania, N., & Wahyuni, N. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dikelas III SDS Muhammadiyah 06 Tebet. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 176. https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5441

Sarjana, I. D. G. (2022). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Konsep Tri Hita Karana. https://doi.org/10.31219/osf.io/7hmt5

Setiawati, D., & Sahono, B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Dan Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Biologi Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 12(1), 96–105. https://doi.org/10.33369/diadik.v12i1.21367

Sunarti, S., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan Game Petualangan “Si Bolang” Sebagai Media Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8365

Suriati, S. (2019). Analisis Prestasi Belajar Matematika : Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square Ditinjau dari Aktivitas Belajar. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 181–188. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4374

Susilo, J., Haryanto, S., & Gunarhadi, G. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Internet dan Media Konvensional terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa di SMK Pengudhi Luhur Karangrayung Grobogan. Teknodika, 14(2), 20. https://doi.org/10.20961/teknodika.v14i2.34728

Tsaniyah, S. F., Ayu, H. D., & Pratiwi, H. Y. (2019). Pengaruh Model Blended Learning menggunakan Schoology Terhadap Prestasi Belajar ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa. RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 1(1), 71–77. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3236

Wikarto. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw berbantuan Video Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa. Media Komunikasi FPIPS, 22(1), 93–106. https://doi.org/10.23887/mkfis.v22i1.51057