Tinjauan Pustaka Sistematis: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional

  • I Kadek Wisnu Nata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia

Abstract

Emotional intelligence is a central aspect in improving math problem solving skills. Through the problem solving skills possessed by students, students are able to solve complex problems and are able to deal with problems in everyday life well. This research aims to conduct a literature review related to emotional intelligence in terms of student learning motivation. This research method used in this research is SLR (Systematic Literature Review). Data collection is done by identifying or reviewing all articles that have the same research topic in this study. The articles used in this study totaled 27 national and international journal articles obtained from garuda, google scholar, sinta and reseachgate. From this study, it was found that emotional intelligence has an important role in math problem solving ability. Students with high emotional intelligence and high mathematical ability are able to solve the given problem correctly and can gather information that can help solve the problem.

Keywords: Emotional Intelligence, Math Problem Solving Skills, Mathematics

PDF Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-18
How to Cite:
Nata, I. K. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Tinjauan Pustaka Sistematis: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 581-588. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.862
Section
Literature Review
Abstract viewed: 331 times
PDF (Bahasa Indonesia) downloaded: 230 times

References

Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., & Pauweni, K. A. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 1-9.

Ariati, L.K., & Hartati, L. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Analisa, 2017, 3(2): 106-114.

Awang, I. S., Merpirah, M., & Mulyadi, Y. B. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 41-50.

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan emosi siswa ditinjau dari jenis kelamin dan jenjang kelas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2), 68-75.

Budiargo, P., & Sopyan, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Brain Based Learning Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 40-49.

Dari, D. A. W. (2016). Profil pemecahan masalah matematika siswa smp kelas VIII ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional dan kemampuan matematika. MATHEdunesa, 5(1).

Erawati, N. K., Parmithi, N. N., & Purnamawati, N. P. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Mengontrol Kecerdasan Emosional. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 1-78.

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMAN di Kecamatan Kebon jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Hapsyah, R., Permana, N., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional siswa smp terhadap kemampuan pemahaman matematik dan pemecahan masalah. Journal On Education, 1(3), 119-127.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel.

Hasbullah & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Unindra Press

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016, August). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika: pengetahuan awal, apresiasi matematika, dan kecerdasan logis matematis. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis masalah berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34-46.

La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Meilani, A., & Diana, H. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XII IPA di SMA KORPRI Bekasi. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 146-159.

Mulyaningsih, D., Utami, R. E., & Muhtarom, M. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(6), 457-464.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Nurhayati, L., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(2), 274-280.

Santika, T. A., Sujana, I. W., & Wiyasa, K. N. (2019). Kontribusi Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal of Education Technology, 3(3), 218-228.

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Sunita, N. W., Erawati, N. K., & Parmithi, N. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Mengontrol Kecerdasan Emosional. Emasains, 10(1), 1-11.

Surya, E. (2012). Visual thinking dalam memaksimalkan pembelajaran matematika siswa dapat membangun karakter bangsa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 41-50.

Titi Shokhifatul, K. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII MTs Ma’arif NU Kaligiri Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1-8.

Wuwung, O. C. (2020). Strategi pembelajaran & kecerdasan emosional. Scopindo Media Pustaka.