Tinjauan Pustaka Sistematis: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional

  • I Kadek Wisnu Nata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia

Abstrak

Kecerdasan emosional termasuk dalam aspek yang sentral dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Melalui kemampuan pemecahan masalah yang dimiliki oleh siswa, menjadikan siswa mampu menyelesaikan masalah yang rumit serta mampu meghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait dengan kecerdasan emosional yang ditinjau dari motivasi belajar siswa. Metode penelitian ini yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengidentifikasi atau menelaah semua artikel yang memiliki topik penelitian yang sama pada penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini secara keseluruhan sejumlah 27 artikel jurnal nasional dan internasional yang diperoleh dari garuda, google scholar, sinta dan reseachgate. Dari penelitian ini didapatkan bahwa kecerdasan emosional memiliki memiliki peranan penting terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Siswa dengan kecerdasan emosional tinggi dan kemampuan matematika tinggi mampu menyelesaikan masalah yang diberikan dengan benar dan dapat mengumpulkan informasi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan.

Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-18
Bagaimana cara mengutip:
Nata, I. K. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Tinjauan Pustaka Sistematis: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Emosional. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 581-588. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.862
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 448 times
PDF downloaded: 320 times

Referensi

Anggraini, T. P., Abbas, N., Oroh, F. A., & Pauweni, K. A. (2022). Pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(1), 1-9.

Ariati, L.K., & Hartati, L. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Kreativitas dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Analisa, 2017, 3(2): 106-114.

Awang, I. S., Merpirah, M., & Mulyadi, Y. B. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 41-50.

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan emosi siswa ditinjau dari jenis kelamin dan jenjang kelas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2), 68-75.

Budiargo, P., & Sopyan, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Brain Based Learning Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(1), 40-49.

Dari, D. A. W. (2016). Profil pemecahan masalah matematika siswa smp kelas VIII ditinjau dari tingkat kecerdasan emosional dan kemampuan matematika. MATHEdunesa, 5(1).

Erawati, N. K., Parmithi, N. N., & Purnamawati, N. P. W. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Mengontrol Kecerdasan Emosional. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(1), 1-78.

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMAN di Kecamatan Kebon jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Hapsyah, R., Permana, N., & Zanthy, L. S. (2019). Pengaruh kecerdasan emosional siswa smp terhadap kemampuan pemahaman matematik dan pemecahan masalah. Journal On Education, 1(3), 119-127.

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas vii dalam menyelesaikan persamaan linear satu variabel.

Hasbullah & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Unindra Press

Irawan, I. P. E., Suharta, I. G. P., & Suparta, I. N. (2016, August). Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematika: pengetahuan awal, apresiasi matematika, dan kecerdasan logis matematis. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis masalah berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34-46.

La'ia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463-474.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Meilani, A., & Diana, H. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XII IPA di SMA KORPRI Bekasi. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 146-159.

Mulyaningsih, D., Utami, R. E., & Muhtarom, M. (2021). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(6), 457-464.

Nurfitriyanti, M. (2016). Model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2).

Nurhayati, L., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(2), 274-280.

Santika, T. A., Sujana, I. W., & Wiyasa, K. N. (2019). Kontribusi Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Journal of Education Technology, 3(3), 218-228.

Sulistyani, D., Roza, Y., & Maimunah, M. (2020). Hubungan kemandirian belajar dengan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1-12.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Sunita, N. W., Erawati, N. K., & Parmithi, N. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Mengontrol Kecerdasan Emosional. Emasains, 10(1), 1-11.

Surya, E. (2012). Visual thinking dalam memaksimalkan pembelajaran matematika siswa dapat membangun karakter bangsa. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 41-50.

Titi Shokhifatul, K. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII MTs Ma’arif NU Kaligiri Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Systematic Literature Review Method for Identifying Platforms and Methods for Information System Development in Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63.

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1-8.

Wuwung, O. C. (2020). Strategi pembelajaran & kecerdasan emosional. Scopindo Media Pustaka.