Implementasi Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka pada Siswa SD Ditinjau dari Teori Konstruktivisme

  • Putu Lely Somya Prabawati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini dimaksudkan guna memahami implementasi kurikulum merdeka pada proses pembelajaran ditinjau dari teori konstruktivisme. bentuk penelitian ini yaitu bibliografi, data yang rangkai pada penelitian ini ada dua bentuk data yakni data primer serta data sekunder. Data diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan memperoleh beragam pustaka dari media daring seperti Google Scholar. Metode pengumpulan data yang diterapkan adalah melalui penelitian pustaka. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode analisis kualitatif menggunakan pendekatan deduktif. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka mempengaruhi proses pembelajaran. Hal ini ditinjau dari berubahnya proses Pembelajaran yang memberi peluang kepada murid untuk memaksimalkan. pendalaman konsep dan menguatkan kompetensi. Pelaksanaan kurikulum merdeka memberikan dampak penguatan karakter siswa dan perdalaman keterampilan melalui proses konstruksi pengetahuan yang sejalan dengan teori konstruktivisme.

Kata Kunci: kurikulum merdeka, implementasi, teori konstruktivisme

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-01
Bagaimana cara mengutip:
Prabawati, P. L. S., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Implementasi Pembelajaran dengan Kurikulum Merdeka pada Siswa SD Ditinjau dari Teori Konstruktivisme. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 432-438. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.864
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 273 times
PDF downloaded: 145 times

Referensi

Adisel, Aprilia, Z. U., Putra, R., & Prastiyo, T. (2022).Elemen-elemen Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013 untuk Mata Pelajaran IPS. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 5. https://doi.org/10.31539/joeai.v5i1.3646

Aisyah, S. H. D. S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun melalui Pendekatan Berbicara. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4. https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/5315

Ana Nurhasanah, Reksa Adya Pribadi, & M. Dapid Nur. (2021). Analisis Kurikulum 2013. Didaktik : Jurnal Ilmiah FKIP Universitas Mandiri, 07, 484–493. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.239

Annisa, N., Padilah, N., Rulita, R., & Yuniar, R. (2022).

Pengaruh Gadget pada Proses Pertumbuhan Anak Prasekolah. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i09.1159

Barlian, U. C. (2022 Pelaksanaan Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 2105–2117. https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3015

Fajri, K. N. (2019). Tahapan Pengembangan Kurikulum. Islamika : Jurnal Keislamandan Ilmu Pendidikan, 1, 35–48. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika

Hamdi, S., Triatna, C., & Nurdin. (2022). Kurikulum Merdeka dari Sudut Pandang Pedagogis. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 10–17. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/SAP/article/view/13015

Istidah, A. (2022) Meningkatkan Pencapaian Pembelajaran IPA tentang Sifat-Sifat Cahaya melalui Penerapan Metode Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 2(1), 42–57. http://www.jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPI/article/view/187/98

Jihan, I., Asbari, M., & Nurhafifah, S. (2023). Quo Vadis Transformasi Kurikulum di Indonesia: Apakah Perubahan Kurikulum Meningkatkan Kualitas Pendidikan? JISMA: Journal Of Information Systems And Management, 2, 17–23. https://doi. org/10.4444/jisma.v2i5.431

Julaeha, S. (2019). Tantangan dalam Kurikulum serta Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7, 157–182. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367

Junaedi, I. (2018). Metode Pembelajaran yang Berhasil. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 3, 19–25. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/86

Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Perancangan Bahan Pengajaran untuk Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Pendidikan Dasar, 1, 80–86. http://journal.mahesacenter.org/index.php/ppd/article/view/174

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Pembelajaran Konstruktivisme dan Konsekuensinya dalam Konteks Pendidikan dan Proses Pembelajaran. GHAITSA : Islamic Education Journal, 2(1), 49–57. https://www.siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188

Mustafa, P. S., & Roesdiyanto. (2021). Penerapan Penerapan Teori Pembelajaran Konstruktivisme melalui Pendekatan PAKEM dalam Kegiatan Bolavoli di Tingkat SMP. Jendela Olahraga, 6(1), 50–65. http://dx.doi.org/10.26877/jo.v6i1.6255

Muzakki, H. (2021). Pemahaman Konstruktivisme dalam Pembelajaran menurut Konsep Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 2013.. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2). https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.64

Nugraha, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. TARBAWI: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i01.1769

Pandie, R. D. Y. (2022). REAL DIDACHE: Journal of Christia Penerapan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Konstruktivisme dalam Konteks Pendidikan Agama Kristen di Lingkungan Sekolah. n Education, 2(1), 15–29. https://doi.org/10.53547/rdj.v2i1.154

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). pelaksanaan Kurikulum Merdeka belajar di Sekolah Penggerak. JURNAL BASICEDU, 6, 6313–6319. http://10.31004/basicedu.v6i4.3237

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Realisasi Konsep Merdeka Belajar di Lingkungan Sekolah Dasar.JURNAL BASICEDU, 6(4), 7174–7187. http://10.31004/basicedu.v6i4.3431

Rahmi, E. (2022). Evaluasi Pengembangan Kurikulum pada Lembaga Pendidikan Islam.Jurnal EL-RUSYD, 6, 60–72. https://doi.org/10.58485/elrusyd.v6i1.77

Suardi, Moh. (2018). Belajar serta Pembelajaran . Deepublish.

Sugrah, N. (2019). Penerapan Prinsip-Prinsip Teori Pembelajaran Konstruktivisme dalam Proses Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19, 121–138.

Usanto S. (2022). Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa.Cakrawala – Repositori IMWI, 5(2), 494–502. https://www.cakrawala.imwi.ac.id/index.php/cakrawala/article/view/142

Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022).: Analisis Literatur tentang Kurikulum Merdeka Belajar di Konteks Kampus Merdeka.Research and Development Journal Of Education, 8, 185–201. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/RDJE/article/view/11718

Wiguna, I. K. W., & Tristaningrat, M. A. N. (2022). Strategi untuk Mempercepat Proses Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 17–26. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi

Yanti, A., & Hayati, F. (2022). Pelaksanaan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. Journal of Educational Management Research, 1. https://serambi.org/index.php/jemr/article/view/43

Yuliyanti, Damayanti, E., & Nulhakim, L. (2022). Evolusi Kurikulum di Sekolah Dasar Indonesia dan Perbandingannya dengan Kurikulum di Beberapa Negara.Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11, 95–106. http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm