Tinjauan Pustaka Sistematis: Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar
Abstrak
Motivasi belajar adalah aspek krusial dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kehadiran motivasi belajar pada siswa memicu mereka untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur review terkait dengan kemampuan berpikir kritis yang ditinjau dari motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengidentifikasi atau menelaah semua artikel yang memiliki topik penelitian yang sama pada penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 22 artikel jurnal nasional dan internasional yang diperoleh dari google scholar, Sinta, jurnal internasional Saintis Publishing. Dari penelitian ini didapat bahwa motivasi belajar mempunyai peranan penting terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Siswa dengan motivasi belajar rendah cenderung belajar secara terpaksa, yang berdampak pada kemampuan berpikir kritis mereka. Mereka cenderung mengerjakan soal secara prosedural, tanpa mendalaminya atau menganalisis masalah dan jawaban secara kritis.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 I Dewa Gede Jaya Antara, Ni Ketut Suarni, I Gede Margunayasa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.