Gagasan Pengembangan Augmented Reality pada Buku Bacaan sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa (Adaptasi Percepatan Literasi dari Korea Selatan)

  • Arifah Suryaningsih SMK Negeri 2 Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Banyak media pembelajaran model Augmented Reality  dikembangkan di Korea Selatan. Karena media pembelajaran semacam itu, mampu mendukung pemahaman siswa lebih daripada hanya sekedar membaca teks.  Pada  kondisi tingkat literasi di Indonesia yang rendah sementara trend kemajuan teknologi dan informasi di Indonesia begitu pesat,  khususnya yang mengarah pada revolusi industri 4.0, maka perlu digagas penerapan Augmented Reality  pada buku bacaan dengan tujuan dapat menjadi sebuah upaya untuk meningkatkan minat baca siswa di Indonesia dan khususnya di sekolah tempat penulis mengajar.  Tahapan pada pengembangan buku berbasis AR ini menggunakan Metodologi Pengembangan Multimedia yang bersumber dari Luther, dengan enam tahapan yaitu: Konsep (concept), Desain (design), Pengumpulan materi (material collecting), Pembuatan (assembly), Pengujian (testing), dan Distribusi (distribution). Untuk menciptakan perkembangan dalam dunia pendidikan dan meningkatkan daya Tarik dan efektifitas pembelajaran, teknologi Augmented Reality dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Dalam rangka mencapai hal tersebut diperlukan kolaborasi antara pelaku kreatif digital atau profesi IT dengan pengajar atau guru dalam menciptakan media AR tersebut agar sesuai dengan materi dan informasi yang akan disampaikan.

Kata Kunci: Augmented reality, Minat baca, Literasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Arifah Suryaningsih, SMK Negeri 2 Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Tahun 2002 menyelesaikan program studi (S1) pada Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Pada tahun 2013 berhasil menyelesaikan beasiswa Program Magister (S2) dari Kemendiknas di MM UGM dengan mengambil Program Studi Manajemen Kepengawasan Pendidikan. Berbagai tulisan opini dan resensi bukunya sering menghiasi media massa, baik lokal maupun nasional (Kompas, Media Indonesia, Koran Sindo, Koran Jakarta, Kedaulatan Rakyat, dan sebagainya). Saat ini selain aktif mengajar sebagai guru Multimedia di SMK Negeri 2 Sewon, juga aktif bergiat di Ikatan Guru Indonesia (IGI).  Bebera kali mendapatkan kesempatan ke luar negeri dalam rangka peningkatan kapasitas, yaitu ke Philipina, Swedia, New Zealand, Korea dan Singapore. Beberapa buku yang sudah dihasilkan adalah Bunga Rampai Supervisi Pendidikan (Yogyakarta: Fairuz Media, 2012), Guru Sahabat Anak (Yogyakarta:  Ladang Kata, 2015).  Mengelola Keragaman di Sekolah (Yogyakarta: CRCS-UGM, 2015), Keragaman yang Mempersatukan ( Globethics.net, 2016), e-SMK E-learning untuk SMK Book (UNY Pres, 2017), Teknik Pengolahan Audio Video (Grasindo, 2019). Kumpulan tulisannya dapat dibaca pada: http://arifah-suryaningsih.blog.ugm.ac.id/ Penulis dapat dihubungi melalui email: fafaguru@gmail.com.; IG: @arifahfafa dan WA: 081215495266

Diterbitkan
2019-10-01
Bagaimana cara mengutip:
Suryaningsih, A. (2019). Gagasan Pengembangan Augmented Reality pada Buku Bacaan sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa (Adaptasi Percepatan Literasi dari Korea Selatan). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 4(1), 35-42. https://doi.org/10.51169/ideguru.v4i1.80
Abstrak viewed: 525 times
PDF downloaded: 1133 times