Inovasi Pembelajaran Model Project Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Menggambar Komik Edukatif

  • Laras Wati Dikdas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Moh Rusnoto Susanto Dikdas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Eka Puspawati Dikdas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Mela Dina Arumsari Magister Pendidikan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Arifah Suryaningsih SMK Negeri 2 Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kreativitas siswa pada pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) khususnya dalam menggambar perlu ditingkatkan dengan melakukan inovasi model pembelajaran yang tepat, terutama yang mendorong siswa untuk aktif dan kreatif selama proses pembelajaran. Inovasi model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) muncul sebagai solusi yang dapat menyelesaikan tantangan yang dihadapi saat ini untuk meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh inovasi pembelajaran model Project Based Learning (PJBL) sebagai upaya peningkatan kreativitas siswa menggambar komik edukatif pada mata pelajaran SBdP kelas V. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengimplementasikan inovasi pembelajaran model Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan kreativitas siswa menggambar komik edukatif pada mata pelajaran SBdP kelas V di SD ‘P’ kapanewon Rongkop. Berdasarkan hasil observasi kreativitas siswa terdapat 6 dari 10 siswa yang belum berkembang. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan inovasi pembelajaran model Project Based Learning (PJBL) melalui menggambar komik edukatif maka hasil kreativitas siswa meningkat. Terbukti 1 dari 10 siswa sudah mulai berkembang (MB), 7 dari 10 siswa sudah berkembang sesuai harapan (BSH), 2 dari 10 siswa berkembang sangat baik (BSB). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu inovasi pembelajaran model Project Based Learning (PJBL)melalui menggambar komik edukatif terbukti beperengaruh terhadap peningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran SBdP kelas V.

Kata Kunci: project based learning, kreativitas, komik edukatif

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-01-18
Bagaimana cara mengutip:
Wati, L., Susanto, M. R., Puspawati, E., Arumsari, M. D., & Suryaningsih, A. (2024). Inovasi Pembelajaran Model Project Based Learning sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Menggambar Komik Edukatif. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 622-628. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.796
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 208 times
PDF downloaded: 95 times

Referensi

Asis Saefuddin dan Ika Berdiati. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya

Conny R. Semiawan. 2009. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT. Indeks.

Daryanto. (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa

Devi, Swastantika Kumala. Dkk. 2019. Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Tematik Melalui Project Based Learning, Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019

Eko, Moh. Rusnoto Susanto, Ana Fitrotun Nisa. 2023. Tri N (Nitreni, Niroake, Nambahi) Dalam Pengembangan Kreativitas SBdP Batik Jumputan, Trihayu: Jurnal Pendidikan ke SD an, Vol. 9, No. 2, 2023, pp. 210-215

Fahrurrozi., Sari, Y., Hasanah, U., & Utami, A, D, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project-based Learning Pada Mata Pelajaran Sbdp Materi Kerajinan Ikat Celup Di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (3), 870-879.

Hasri, Kharis Sulaiman. 2021. “Analisis Gaya Mengajar Guru Dalam Proses Pembelajaran Al-Quran dan Hadist di MAN 1 Kendari”. Jurnal Kependidikan, Vol. 13 No. 1, 2021, hal. 1.

Hendriani, D. (2016). Pengembangan Seni Budaya dan Keterampilan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Husein, Latifah. 2017. Profesi Keguruan Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A, Tahun 2013, tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kemendikbud.

Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran PjBL (Project Based Learning) terhadap Kemampuan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 142–146.

Komarudin, D. (2018). Hubungan Antara Kreativitas dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi,4(1), 278-288.

Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Priska A., Cicilia I. R. N., Sriatun (2023). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Komik Digital Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SDN Sukomoro Kediri. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(9), 2023, 759–766.

Ridha, M. R., Zuhdi, M., & Ayub, B S. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran PjBL berbasis STEM dalam Meningkatkan Kreativitas Fisika Setyaningrum, F., & Hutami, H. A. (2021). Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran Sbdp Kelas IV Pada Materi Melukis Di SD Muhammadiyah Condongcatur. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(1), 515-527.

Rochayati, I. H. (2016). Peningkatan Kreativitas Belajar IPA melalui Penerapan Strategi Guided Discovery Learning. Basic Education, 5(33), 121-130.

Sandi, N.V. (2020). Pembelajaran Daring pada Pelajaran SBdP di Sekolah Dasar. Dialektika FKIP, 4(2), 46-55.

Trilestari, I., dkk. (2017). Pengembangan Kreativitas dan Apresiasi Karya Budaya: Evaluasi Program Belajar Bersama Maestro. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Balitbang, Kemendikbud.

Utomo, P., A., Mariana, N., Andraini, F., & Kasmari. (2018). Desain Video Tutorial Teknik Tie Dye dengan Pewarna Alami Warna Biru Indigofera dan Kuning Jalawe. Jurnal IKRA-ITH Informatika, 2(3), 98-104.

Handayani, S. S. E., Suherman, S., & Masnur, M. (2021). Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran SBdP Di KelasV SDN 123 Banti. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 26-37.

Setyaningrum, F., & Hutami, H. A. (2021). Pembentukan Kreativitas Melalui Pembelajaran Sbdp Kelas IV Pada Materi Melukis Di SD Muhammadiyah Condongcatur. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 5(1), 515-527.

Soedarso, N. 2015. Komik: Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6(4), 496-506.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung

Utami, T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(6), 541–552.

Widiastuti, Asni, Vita Istihapsari dan Dadang Afriady, 2020. “Meningkatkan Kreativitas Siswa Melalui Project Based Learning Pada Siswa Kelas V SDIT LHI”. Jurnal Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Vol. 1 No. 1, 2020.

Wijaya, T. (2018). Manajemen Kualitas Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks.