Penerapan Think Pair Share Terintegrasi TRI NGA (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni) melalui Pembelajaran Seni Tari Kelas 1 SDN Kecis

  • Nuri Finaryanti Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Rusnoto Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia https://orcid.org/0000-0002-2757-3058
  • Rahimah Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Yuli Ernawati Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Suwardi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Diyah Novi Rahayu Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Rohman Rohman Pendidikan Dasar Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Mela Dina Arumsari Magister Pendidikan Seni Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Arifah Suryaningsih SMK Negeri 2 Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Seni Tari menuntut praktik dari siswa, namun selama ini guru tidak menyajikan pelajaran seni tari dengan memberikan contoh melainkan hanya menggunakan panduan yang ada dalam buku paket sehingga siswa kesulitan dalam mengmbangkan bakat menari.  Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas siswa dalam berbagai aspek pembelajaran seni tari. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan metode Think Pair Share terintegrasi TRI NGA. Berdasarkan hasil penelitian, 65% siswa kelas 1 masuk dalam kategori memenuhi standar, sedangkan 35% lainnya sudah melampui standar, dengan nilai rata-rata peningkatan kreatifitas mencapai 84. Sesuai hasil penelitian metode yang digunakan dinyatakan berhasil meningkatkan kretivitas seni tari siswa dikelas 1 di SD Negeri Kecis.

Kata Kunci: Metode Think Pair Share, TRI NGA, Kreativitas, Seni Tari

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2023-12-21
Bagaimana cara mengutip:
Finaryanti, N., Susanto, M. R., Rahimah, R., Ernawati, Y., Suwardi, S., Rahayu, D. N., Rohman, R., Arumsari, M. D., & Suryaningsih, A. (2023). Penerapan Think Pair Share Terintegrasi TRI NGA (Ngerti, Ngrasa, Nglakoni) melalui Pembelajaran Seni Tari Kelas 1 SDN Kecis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 319-324. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.793
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 122 times
PDF downloaded: 94 times

Referensi

Eko, Susanto, Moh. R., & Nisa, A. F. (2023). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) dalam Pengembangan Kreativitas SBDP Batik Jumputan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 210–215. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i2.11784

Jazuli, M. (2010). Model Pembelajaran Tari Pendidikan Pada Siswa SD/MI Semarang. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 10(2).

Nurmawati, A. D., Nisa, A. F., Rosianawati, A., Artopo, B., Erva, R. A. L., & Nizhomi, B. (2022). Implementasi Ajaran Tamansiswa Tri Nga Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(2), 1366–1372.

Pramesti, S. L. D., & Rini, J. (2020). PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=0oFVEAAAQBAJ

Rakanita Dyah Ayu K, M. (2013). Pembelajaran seni tari di SMP Negeri 1 Batangan kabupaten Pati. Jurnal Seni Tari, 2(1), 15.

Razaq, A. (n.d.). Isjoni (2009). Transformasi Pengajaran Dan Pembalajaran Sejarah, 183–196.

Rukmini, A. (2020). Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Pembelajaran Pkn SD. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(3), 2176–2181.

Rusnoto Susanto, M. (n.d.). EXPLORING KI HADJAR DEWANTARA’S AVANT GARDE PRINCIPLES OF NATIONAL EDUCATION: A Philosophy Of Organism Perspective. https://id.wikipedia.org/wiki/Filsafat_proses