Penerapan Model GI-GDL untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

  • Hartini Dewi SMA Negeri 1 Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Abstrak: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tidak akan mampu dilakukan peserta didik secara perorangan. Mereka membutuhkan korelasi gabungan kelompok dalam menyelesaikannya. Belajar fisika pun juga membutuhkan grup dalam melakukan praktikumnya. Inilah yang melatar belakangi untuk guru menerapkan model belajar group investigasi disertai model guide discovery learning yang selanjutnya digabung menjadi nama model GI-GDL dalam upaya ketuntasan belajar fisika dan menciptakan profil pelajar Pancasila dalam P5. Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui besar persentase ketuntasan belajar fisika dan P5 pada kurikulum merdeka belajar menggunakan model GI-GDL. Kedua, untuk mengetahui besar  persentase keterlaksanaan penerapan model belajar group investigasi disertai metode guide discovery learning dalam ketuntasan belajar fisika pada penerapan kurikulum merdeka belajar. Ketiga, mendeskripsikan ketercapaian P5 dalam  kurikulum merdeka menggunakan model GI-GDL. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D level dua, dengan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Metode pengambilan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data berupa deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa persentase ketuntasan belajar fisika dan P5 100%. Persentase keterlaksanaan penerapan model belajar grup investigasi disertai metode guide discovery learning dalam ketuntasan belajar fisika dan P5 pada penerapan kurikulum merdeka belajar sebesar 95,67%. Deskripsi ketercapaian P5 dalam kurikulum merdeka menggunakan model GI-GDL adalah tercapainya belajar bermakna dalam kemandirian.

Kata Kunci: model group investigasi, guide discovery learning, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Hartini Dewi, SMA Negeri 1 Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Hartini Dewi lahir di kota Malang. Mengamati dan menulis menjadi kegemaran dalam mengajar.

Diterbitkan
2023-03-17
Bagaimana cara mengutip:
Dewi, H. (2023). Penerapan Model GI-GDL untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 328-336. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.519
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 454 times
PDF downloaded: 310 times

Referensi

Anggorowati, N.P. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas, 3(1). https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i1.2303

Ardiyanto, D. S. (2013). Pembelajaran matematika dengan pendekatan kontekstual berbantuan hands on problem solving untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Prosiding Universitas Yogyakarta, 175-184.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190.

Dewey, J. (2022). The collected works of John Dewey. DigiCat.

Kusyanti, R. N. T. (2022). Analisis Standarisasi Laboratorium Fisika dalam Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Tempel. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 40-47. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.404

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, E., & Warnoto, W. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar dan Prestasi Hasil Belajar Fisika Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Group Investigation. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 39-49. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.125

Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu'adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5).

Nurhidayah, Dwi A. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi pada Materi Geometri. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2), 43-50. http://dx.doi.org/10.24269/dpp.v2i2.151

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613-3625.

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2016). Pengembangan instrumen motivasi belajar fisika: angket. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 1(1), 13-21.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Penerbit Alfa Beta Bandung.

Supratiknya, A. (2012). Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suryono, A. (2019). Teori dan Strategi Perubahan Sosial. Penerbit Bumi Aksara.

Suranten, S. (2020). Peningkatan Prestasi Belajar dan Respon Siswa Materi SPLTV Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas X MIPA 4 SMA N 1 Banguntapan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 92-99. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.117