Penerapan Model GI-GDL untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Fisika dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Abstrak
Abstrak: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tidak akan mampu dilakukan peserta didik secara perorangan. Mereka membutuhkan korelasi gabungan kelompok dalam menyelesaikannya. Belajar fisika pun juga membutuhkan grup dalam melakukan praktikumnya. Inilah yang melatar belakangi untuk guru menerapkan model belajar group investigasi disertai model guide discovery learning yang selanjutnya digabung menjadi nama model GI-GDL dalam upaya ketuntasan belajar fisika dan menciptakan profil pelajar Pancasila dalam P5. Tujuan dalam penelitian ini adalah pertama untuk mengetahui besar persentase ketuntasan belajar fisika dan P5 pada kurikulum merdeka belajar menggunakan model GI-GDL. Kedua, untuk mengetahui besar persentase keterlaksanaan penerapan model belajar group investigasi disertai metode guide discovery learning dalam ketuntasan belajar fisika pada penerapan kurikulum merdeka belajar. Ketiga, mendeskripsikan ketercapaian P5 dalam kurikulum merdeka menggunakan model GI-GDL. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D level dua, dengan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Metode pengambilan data menggunakan tes dan nontes. Teknik analisis data berupa deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa persentase ketuntasan belajar fisika dan P5 100%. Persentase keterlaksanaan penerapan model belajar grup investigasi disertai metode guide discovery learning dalam ketuntasan belajar fisika dan P5 pada penerapan kurikulum merdeka belajar sebesar 95,67%. Deskripsi ketercapaian P5 dalam kurikulum merdeka menggunakan model GI-GDL adalah tercapainya belajar bermakna dalam kemandirian.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2023 Hartini Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

