Penerapan Cognitive Behavioral Therapy Disertai Model GI untuk Mengatasi Student Burnout pada Pelajaran Fisika

  • Hartini Dewi SMA Negeri 1 Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Kelelahan peserta didik yang terdeteksi oleh Instrumen Maslach Burnout Inventory menunjukkan bahwa di kelas XII Lintas Minat fisika di sekolah berbasis SKS terdeteksi ada 4 orang yang positif terapapar syndrome student burnout. Untuk mengatasinya guru selaku peneliti menerapkan metode cognitife behavioural therapy dengan disertai model belajar group investigasi. Model belajar ini dipilih dengan maksud agar student burnout merasa aman dan nyaman dalam kelompok belajar sesuai dengan model yang dimaksud, disamping menumbuhkan prilaku positif dalam terapi mengembangkan kognitif student burnout. Prilaku positif dalam belajar menginvestigasi sebuah permasalahan dalam belajar fisika diharapkan student burnout terlatih menumbuhkan prilaku dalam rangka menerapi kelelahan yang mereka alami. Tujuan Penelitian pertama untuk mengetahui besar persentase  penerapan cognitife behavioural therapy disertai model GI pada kelas XII Lintas Minat Fisika. Kedua untuk mengetahui besar persentase ketuntasan belajar fisika pada kelas XII Lintas Minat fisika di semester enam 2022. Ketiga untuk mengetahui besar persentase kesuksesan student burnout dalam penerapan cognitife behavioural therapy disertai model GI. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian dan pengembangan level dua. Besar persentase penerapan cognitife behavioural therapy disertai model GI pada kelas XII Lintas Minat Fisika adalah 98%.  Besar persentase ketuntasan belajar fisika pada kelas XII Lintas Minat fisika di semester enam tahun 2021-2022 adalah 100%. Besar persentase mengatasi student burnout dalam penerapan cognitife behavioural therapy disertai model GI adalah 100%.

Kata Kunci: student burnout, cognitive behavioral therapy, group investigasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Dewi, H. (2022). Penerapan Cognitive Behavioral Therapy Disertai Model GI untuk Mengatasi Student Burnout pada Pelajaran Fisika. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 258-266. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.379
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 279 times
PDF downloaded: 255 times

Referensi

Barman, A., & Das, K. (2020). Whether B-Schools Care Spencer & Spencer’s workplace competency framework in the 21st century? Revalidating through reliability. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(11), 2910-1920.

Cuijpers, P., Berking, M., Andersson, G., Quigley, L., Kleiboer, A., & Dobson, K. S. (2013). A meta-analysis of cognitive-behavioural therapy for adult depression, alone and in comparison with other treatments. The Canadian Journal of Psychiatry, 58(7), 376-385.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz media.

Fenn, K., & Byrne, M. (2013). The key principles of cognitive behavioural therapy. InnovAiT, 6(9), 579-585.

Harahap, R. A., & Derlina, D. (2017). Pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dengan metode know-want-learn (KWL): Dampak terhadap hasil belajar fluida dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni [Journal of Physics Education Al-Biruni], 6(2), 149-158.

Juárez-García, A., Idrovo, Á. J., Camacho-Ávila, A., & Placencia-Reyes, O. (2014). Síndrome de burnout en población mexicana: Una revisión sistemática. Salud mental, 37(2), 159-176.

Kaharuddin, A. (2020). Pembelajaran Inovatif & Variatif (Vol. 2020). Pusaka Almaida.

Listyowati, A., Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2012). Hubungan antara kebutuhan aktualisasi diri dan dukungan sosial dengan kematangan karir pada siswa kelas XII SMA N 2 Klaten. Wacana, 4(2).

Moleong, L. J. (2019). Moleong. Metode Penelitian Kualitatif

Padesky, C. A., & Mooney, K. A. (2012). Strengths‐based cognitive–behavioural therapy: A four‐step model to build resilience. Clinical psychology & psychotherapy, 19(4), 283-290.