Penerapan Zoedpuzzleizz Sebagai Kelas Klinis Disertai Metode Remote Blended Learning

  • Hartini Dewi SMA Negeri 1 Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur,  Indonesia

Abstrak

Latar belakang penelitian bahwa kelas klinis terbentuk dari adanya siswa yang tidak tuntas dengan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimum di SMAN I Tumpang yang berbasis sistem kredit semester. Pemilihan metode remote blended learning disertakan dalam penelitian ini, karena  adanya situasi dan kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan sekolah ini mengikuti aturan pemerintah melakukan pembelajaran dalam jaringan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui presentase ketuntasan, keterlaksanaan, dan kreativitas siswa di kelas klinis dalam penerapan Zoedpuzzleizz disertai metode remote blended learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) besar persentase kreativitas siswa belajar fisika di kelas klinis tercapai 100% dengan besar rata-rata nilai keterampilan di dalam kelas klinis sebesar 85, yang merupakan angka di atas KKM yaitu lebih dari sama dengan 78. 2) Besar persentase keterlaksanaan penerapan aplikasi Zoedpuzzleizz disertai metode remote blended learning dalam mengejar ketertinggalan konsep yang telah diderita siswa di kelas klinis, sebesar 90% keterlaksanaan untuk guru dan 89% keterlaksanaan untuk siswa. 3) Besar persentase  ketuntasan pemahaman belajar fisika tercapai di kelas klinis dalam penerapan aplikasi Zoedpuzzleizz adalah 100% dengan rata-rata 91,5.

Kata Kunci: kelas klinis, zoedpuzzleizz, remote blended learning

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Hartini Dewi, SMA Negeri 1 Tumpang, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Hartini Dewi mengajar di SMAN I Tumpang, Jl Kamboja 10 Malangsuko Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang Jawa Timur, mengajar mata pelajaran Fisika.

Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Dewi, H. (2021). Penerapan Zoedpuzzleizz Sebagai Kelas Klinis Disertai Metode Remote Blended Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 117-126. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.227
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 490 times
PDF downloaded: 434 times

Referensi

Ahsan, Maulana. (2018). Evaluasi Sistem Kredit Semester: studi kasus di Madrasah Tsanawiyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. Diakses melalui http://digilib.uinsby.ac.id/25655/. Diakses pada tanggal 23 Febuari 2021.

Anggiani & Nana. 2020. Penerapan Model Blended Learning dengan Media Hologram 3D sebagai Inovasi Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa SMA di Abad 21. Diakses melalui https://osf.io/preprints/7a6gx/. Diakses pada tanggal 23 Febuari 2021.

Jagad.id. (2019). Pengertian Zoho: Fitur, Cara, Kelebihan dan Kelemahan from https://jagad.id/zoho/

Hermawanto. (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Batu. Diakses melalui http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/58339.html. Diakses pada tanggal 23 Febuari 2021.

Lestari, Kharisma. (2020). Evaluasi Keterlaksanaan Pembelajaran Geografi Berbasis Sistem Kredit Semester (SKS) Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Probolinggo Tahun Pelajaran 2019-2020. Diakses melalui https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/viewFile/34066/30374. Diakses pada tanggal 23 Febuari 2021.

Ghofur, Muhammad Abdul. (2019). Model-model Penerapan Blended learning. https://maglearning.id/2019/02/03/model-model-penerapan-blended-learning/ Diakses pada tanggal 3 Februari 2019.

Putri & Bukit. (2020). Efek Pembelajaran Blended Learning terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 1 Pangkalan Susu. Diakses melalui https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jiaf/article/view/18802/pdf. Diakses pada tanggal 23 Febuari 2021.

Sirait & Motlan. (2020). Pengaruh Model Blended Learning Menggunakan Google Classroom terhadap Pengetahuan Konseptual Fisika Pada Materi Momentum dan Impuls untuk SMA/MA. Diakses melalui https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jiaf/article/view/14690/pdf. Diakses pada tanggal 23 Febuari 2021.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian, Alfa Beta Gama. Jakarta.

Soekartawi (2015). Peran Strategis e-Learning dalam Mendukung Pemerataan Pendidikan yang Berkualitas. Seminar Nasional Pemanfaatan Teknologi Informasi Berbasis Web dalam e-Learning. Medan: STMIK-Mikroskill.

Waseso & Fuadi. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Blended Learning Menggunakan Media Whatsapp untuk Meningkatkan Slef Directed Learning Mahasiswa. Diakses melalui https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/1275/751. Diakses pada tanggal 23 Febuari 2021.

Wati & Sudarman. 2020. Pengembangan Model Blended Learning Menggunakan Aplikasi Edmodo untuk Mata Pelajaran Fisika di SMK. Diakses melalui https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jiaf/article/view/18957/pdf. Diakses pada tanggal 23 Febuari 2021.

Novi, Indriasari (2011). Penerapana Model Learning Cycle 5E Disertai Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Kreativitas dan pemahaman Konsep Fisikka Pada Siswa kelas XI-IPA-3 SMAN I Tumpang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM.