Penerapan Zoedpuzzleizz Sebagai Kelas Klinis Disertai Metode Remote Blended Learning
Abstrak
Latar belakang penelitian bahwa kelas klinis terbentuk dari adanya siswa yang tidak tuntas dengan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimum di SMAN I Tumpang yang berbasis sistem kredit semester. Pemilihan metode remote blended learning disertakan dalam penelitian ini, karena adanya situasi dan kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan sekolah ini mengikuti aturan pemerintah melakukan pembelajaran dalam jaringan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui presentase ketuntasan, keterlaksanaan, dan kreativitas siswa di kelas klinis dalam penerapan Zoedpuzzleizz disertai metode remote blended learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) besar persentase kreativitas siswa belajar fisika di kelas klinis tercapai 100% dengan besar rata-rata nilai keterampilan di dalam kelas klinis sebesar 85, yang merupakan angka di atas KKM yaitu lebih dari sama dengan 78. 2) Besar persentase keterlaksanaan penerapan aplikasi Zoedpuzzleizz disertai metode remote blended learning dalam mengejar ketertinggalan konsep yang telah diderita siswa di kelas klinis, sebesar 90% keterlaksanaan untuk guru dan 89% keterlaksanaan untuk siswa. 3) Besar persentase ketuntasan pemahaman belajar fisika tercapai di kelas klinis dalam penerapan aplikasi Zoedpuzzleizz adalah 100% dengan rata-rata 91,5.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2021 Hartini Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

