Teori Behavioristik: Meninjau Penyebab Keterlambatan Belajar Membaca Menulis pada Siswa Sekolah Dasar

  • Komang Ayu Tantri Sastra Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali,  Indonesia
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali,  Indonesia
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali,  Indonesia

Abstrak

Kemampuan membaca dan menulis ialah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa agar mampu menerima dan memahami pengetahuan. Tanpa membaca siswa akan mengalami beberapa hambatan dalam proses belajar. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah dapat menemukan penyebab keterlambatan membaca dan menulis yang ditinjau dengan teori belajar behavioristik. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi pustaka, adapun penyebab yang ditemukan yaitu kurangnya respon siswa terhadap pembelajaran membaca, kurangnya peran dan stimulus guru dalam memberikan motivasi, kurangnya bahan ajar yang diberikan menggunakan metode yang tepat sesuai dengan kebutuhan, kurangnya dukungan belajar atau stimulus dari pihak keluarga. Adapun solusi yang dapat diberikan yaitu ketepatan dalam memilih dan menggunakan media dan metode pembelajaran, mengajak orang tua untuk bekerja sama dalam memberikan dukungan dan pelatihan di rumah, memberikan stimulus untuk dapat meningkatkan motivasi dalam diri siswa sebagai kunci keberhasilan pembelajaran. Oleh karena itu, dengan adanya teori belajar behavioristik yang memfokuskan pada stimulus dan respon dapat mengetahui penyebab dari keterlambatan dalam membaca dan menulis karena dengan teori belajar tersebut dapat mengetahui sebab dan akibat dari setiap perubahan tingkah laku.

Kata Kunci: teori behavioristik, penyebab keterlambatan baca tulis, solusi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Komang Ayu Tantri Sastra Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha, Buleleng, Bali

Komang Ayu Tantri Sastra Dewi lahir di Denpasar, Bali tepatnya pada tanggal 25 Desember 2000. Penulis berkebangsaan Indonesia dan beragama Hindu. Kini penulis beralamat di Jalan Tukad Banyuning Gang I No.4 Panjer, Kecamatan Denpasar Selatan, Provinsi Bali. Penulis dapat dihubungi dengan email ayutantri43@gmail.com ,ayu.tantri.sastra@student.undiksha.ac.id atau dapat dihubungi melalui No. Hp 085695356625.

Diterbitkan
2023-12-12
Bagaimana cara mengutip:
Dewi, K. A. T. S., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2023). Teori Behavioristik: Meninjau Penyebab Keterlambatan Belajar Membaca Menulis pada Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 174-181. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.788
Bagian
Tinjauan Pustaka
Abstrak viewed: 422 times
PDF downloaded: 376 times

Referensi

Azzahrah, A. A., & Rustini, T. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis melalui Media Pembelajaran Interaktif Digital melalui Aplikasi Gemar (Game Membaca Lancar) pada Peserta Didik Kelas 2 SDN Cinunuk 01. Journal on Education, 6(1), 1806–1811. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3159

Faruq, F., & Pratisti, W. D. (2022). Model Pembelajaran Multisensori bagi Anak Disleksia, Efektif?: Tinjauan Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(3), 243-248. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i3.392

Fathurrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern: Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Garudhawaca. https://books.google.co.id/books?id=6KA2DwAAQBAJ

Fitri, E. N., Andini, D. F., Nurachmana, A., Ramadhan, I. Y., Veniaty, S., & Palangkaraya, U. (2023). Peran budaya literasi dalam meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah dasar. 1(1).

Halamury, M. F. (2022). Buku Ajar Teori Belajar dalam Pembelajaran PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Academia Publication. https://books.google.co.id/books?id=CrVmEAAAQBAJ

Hanama, A., Handayani, T., Partini, D., Kunci, K., membaca, K., & Tindakan Kelas, P. (2023). Upaya Mengatasi Keterlambatan Membaca Dengan Model Pembelajaran Circ Di Kelas Iib Sd Negeri Sitiharjo Garung Wonosobo Overcoming Reading Delay With Circ Learning Model in Class Ii Sdn Sitiharjo Garung Wonosobo. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 2746–1211. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd

Handayani, E., & Pengesti, S. W. (2023). Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Pendek dengan Metode Experiential Learning bagi Siswa Sekolah Dasar di Komunitas Solo Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(1), 153–161.

Husamah, Yuni Pantiwati, Ariana Restian, P. S. (2016). Belajar dan Pembelajaran. UMMPress. https://books.google.co.id/books?id=F5xjDwAAQBAJ

Isti`adah, Feida Noorlaila, M. P., Rahmat Permana, M. P., & Freepik, P. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?i d=pInUDwAAQBAJ

Maryani, I., Fatmawati, L., Erviana, V. Y., Wangid, M. N., & Mustadi, A. (2018). Model intervensi gangguan kesulitan belajar. Ika Maryani. https://books.google.co.id/books?id=8T4oEAAAQBAJ

Mumpuni, A., & Afifah, N. (2022). Analisis Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.56916/bip.v1i2.269

Mustadi, A., Amelia, R., Budiarti, W. N., Anggraini, D., Amalia, E., & Susandi, A. (2021). Strategi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dan Bersastra yang Efektif di Sekolah Dasar. UNY Press. https://books.google.co.id/books?id=_Kh0EAAAQBAJ

Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, A. (2019). Media Buku Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 322–329.

Nurcholis, R. A., & Istiningsih, G. (2021). Problematika dan Solusi Program Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Butuh. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 189–195. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.206

Pahrun, Ratnasari, Samsiar Rivai, D. K. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Tegak Bersambung melalui Media Kartu Bergambar Pada Siswa Kelas II SDN 5 Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 03(June), 505–510. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.3.2.403-412.2023

Rahmah, Nur Wahidatur, H. N. A. (2023). Penerapan Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran. Journal of Education and Instruction, 6, 89–100.

Rambe, riris, N., & Widiyarti, G. (2018). Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Narratives of Therapists’ Lives, 138–139.

Sinaga, Angeleva Angeleva Revi Christa, D. (2023). Analisis Kemampuan Membaca Dan Menulis Di SDN 106812 Bandar Klippa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 100–103.

Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476

Sutiah. (2020). Teori Belajar Dan Pembelajaran. NLC. https://books.goo gle.co.id /books?id= FpPsDwAAQBAJ

Wahyuni, M., & Ariyani, N. (2020). Teori Belajar Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. EDU PUBLISHER. https://books.google.co.id/books?id=vTYDEAAAQBAJ