Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Mengimplementasikan Model Pembelajaran Inquiry melalui In House Training

  • Franciscus Xaverius Suparman SD Negeri 2 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Kualitas pendidikan dapat dioptimalkan dengan profesional kinerja guru sehingga kompetensi guru dalam melaksanakan profesinya perlu ditingkatkan. Kompetensi guru SD Negeri 2 Wates dalam katagori rendah disebabkan minimnya pemahaman model pembelajaran serta implementasinya yang berpusat pada siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru mengimplementasikan model pembelajaran inquiry bagi guru kelas melalui In House Training (IHT) pada bulan Januari - April 2022 dalam semester II Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah guru kelas II dan V. Pendekatan riset yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Sejumlah kumpulan data diperoleh melalui pengamatan (observasi), interview, dan studi dokumen. Implementasi penelitian ini diwujudkan dalam dua siklus. Tahapan setiap siklusnya berturut-turut melalui kegiatan perencaaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kompetensi guru kelas sebesar 23,58% dengan rata-rata nilai 86,79 adalah siklus pertama meningkat 13,22% dan kedua 10,36%. Pelaksanaan kegiatan IHT naik 7,50% adalah siklus pertama 2,50% dan ke dua  5,00%. Perilaku guru meningkat 10,63% yaitu siklus pertama 3,13% dan ke dua 7,50%. IHT mampu meningkatkan kompetensi guru kelas II dan V mengimplementasikan model pembelajaran inquiry di SD Negeri 2 Wates.

Kata Kunci: kompetensi guru, model pembelajaran inquiry, in house training

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Franciscus Xaverius Suparman, SD Negeri 2 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

FX. Suparman adalah Kepala Sekolah SD Negeri 2 Wates, Kulon Progo. Penulis adalah salah satu peserta bimtek penulisan artikel jurnal nasional terakreditasi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2023.

Diterbitkan
2023-03-21
Bagaimana cara mengutip:
Suparman, F. X. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Kelas Mengimplementasikan Model Pembelajaran Inquiry melalui In House Training. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 346-353. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.564
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 170 times
PDF downloaded: 134 times

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara, cetakan ketiga.

Astuti, et al. (2017). Peningkatan Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Penyusunan Instrumen Ranah Sikap Melalui In House Training. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 37-47. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p37-47

Ayuningtyas, A., Slameto, S., & Dwikurnaningsih, Y. (2017). Evaluasi Program Pelatihan In House Training (IHT) di Sekolah Dasar Swasta. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 171-183. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i2.p171-183

Gulo, W. (2000). Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo

Hariadi, F. (2021). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru dalam Proses Pembelajaran Daring Melalui In House Training di SMA Negeri 4 Tanah Putih. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6870–6880. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2062

Heny Rismiati. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik Berkelanjutan. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(1), 33-39. Diambil dari https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/41

Nawawi Hadari. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif. Gadjah Mada Univesity Press. Yogyakarta.

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1-6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Saputro, Suprihadi et al. (2000). Strategi Pembelajaran. Malang: FIP UNM

Sumiati, S. (2018). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Kimia Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 3(1), 85-92. Retrieved from https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/46

Sutarningsih, N. L. (2022). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal of Education Action Research, 6(1), 116–123. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44929

Yasmini, N. M. (2022). Metode Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Journal of Education Action Research, 6(1), 73–79. https://doi.org/10.23887/jear.v6i1.44013

Yayasan Pendidikan Sorowako. (2013). Pedoman Proposal dan Laporan PTS/PTK.