Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Tik-Tok

  • Siti Zaeriyah SMA Negeri 5 Yogyakarta, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbasis Tik-Tok untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi Budaya Hidup Sehat Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta dan meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi Budaya Hidup Sehat Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 5 Yogyakarta melalui model Project Based Learning (PjBL) berbasis Tik-Tok. PTK dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan melibatkan Kelas XII IPS 1 sebagai subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan angket motivasi, rubrik penilaian produk, dan instrumen tes. Analisis data dilakukan dengan perhitungan dalam Microsoft excel kemudian dibandingkan dengan indikator keberhasilan. Analisis data menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar. Nilai rerata ulangan hasil belajar peserta didik pada siklus pertama adalah 75, sedangkan pada siklus kedua mendapatkan rerata sebesar 90. Pada capaian motivasi belajar siswa di siklus pertama, hanya mendapatkan 73% saja. Setelah melalui siklus kedua, didapatkan rerata capaian motivasi naik menjadi 82%. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan model PjBL berbantuan Tik-Tok dapat meningkatkan penguasaan materi olahraga peserta didik dan juga pada capaian motivasi belajar peserta didik di SMA Negeri 5 Yogyakarta.

Kata Kunci: Project Based Learning (PjBL), hasil belajar, motivasi belajar, budaya hidup sehat

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2022-10-04
Bagaimana cara mengutip:
Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Berbasis Tik-Tok . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 106-111. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.458
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 1655 times
PDF downloaded: 1555 times

Referensi

Abidin, Y. (2013). Karakteristik Project Based Learning. Jakarta: Kemendikbud.

Adawiyah, Dwi Putri R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135-148.

Hamzah B., Uno. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanief. (2018). Pengembangan Model Aktivitas Jasmani melalui Permainan Sederhana untuk Meningkatkan Kecepatan dan Kelincahan Peserta Didik Sekolah Dasar Kelas Bawah. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2021.

Hapsara, A. S. (2020). Peningkatan Partisipasi dan Hasil Belajar Daring Sosiologi melalui Pendekatan Problem Posing Berbasis Infografis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 9–19. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.170

Magdalena, I., Islami, N. F., Rasid, E. A., & Diasty, N. T. (2020). Tiga Ranah Taksonomi Bloom dalam Pendidikan. Jurnal Edukasi dan Sains, 2(1), 132-139. https://doi.org/10.36088/edisi.v2i1.822

Majid dan Rochmat. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moerni, S. (2021). Penugasan Pembuatan Tik Tok untuk Mencapai Kompetensi Menafsirkan Instruksi dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 11-16. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.152

Rahmawati, Mega dan Edi Suryadi. (2019). Guru Sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49-54. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Sudjana, Nana. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Bandung.

Winkel. (2005). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Tama.