Grounded Theory disertai Model Triple-C dalam Upaya Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Belajar Fisika Berbasis Livezopadizdo
Abstrak
Menunda-nunda belajar fisika oleh peserta didik yang dilihat dari sudut pandang kegagalannya dalam mengerjakan, menyelesaikan, mengumpulkan jawaban fisika yang melatar belakangi penelitian ini. Tujuan penelitian ini yang pertama untuk merekonstruksi pola kesulitan belajar dalam memahami proses perilaku peserta didik guna meminimalisir prokrastinasi akademik. Kedua, untuk mengetahui besar persentase keterlaksanaan model Triple-C dalam meminimalisir prokrastinasi akademik fisika. Ketiga, mengetahui besar persentase ketuntasan belajar fisika dengan model Triple-C berbasis Livezopadizdo. Model Triple-C dengan fase sebagai berikut Controversial Group, Exploring, Communication Deep Dialog, dan Clarification Concept adalah model pembelajaran yang telah dimodifikasi, merupakan gabungan dari model CPI, dengan model VCT. Prokrastinasi akademik belajar fisika adalah tertundanya belajar fisika oleh peserta didik yang dilihat dari sudut pandang kegagalan peserta didik dalam mengerjakan, menyelesaiakan, mengumpulkan jawaban fisika yang merupakan tagihan yang harus ditunaikan peserta didik untuk kemudian diberikan reward dengan label kriteria tuntas belajar fisika. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik analisa datanya menggunakan metode Grounded Theory. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah: pertama, konstruksi pola kesulitan belajar dalam memahami proses perilaku peserta didik guna meminimalisir prokrastinasi akademik dalam era pandemi dengan kegiatan belajar mengajar dalam kondisi daring dan luring. Kedua, besar persentase rata-rata keterlaksanaan model Triple-C dalam meminimalisir prokrastinasi akademik Fisika sebesar 92,2%. Ketiga, persentase ketuntasan belajar fisika dalam penerapan Livezopadizdo disertai model siklus Triple-C sebesar 100%.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2022 Hartini Dewi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
![](/public/site/icon-graph.png)
![](/public/site/icon-pdf.png)