Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Teks Information Report melalui Formative Assessment with Reasoning Worksheet

  • Ponikem Ponikem SMP Negeri 1 Wonosari,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi (KBTT) peserta didik dalam pembelajaran teks information report melalui Formative Assessment with Reasoning (FAR) Worksheet di kelas IXE SMP Negeri 1 Wonosari pada semester 2 tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan dan Siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Tahapan penelitian meliputi merencanakan, melaksanakan dan mengamati, dan merefleksi. Data penelitian ini diambil melalui tes, angket dan pengamatan proses pembelajaran. Hasil tes dan angket diolah, dicari reratanya dan kemudian dibandingkan dengan indikator keberhasilan. Data hasil pengamatan diolah dengan melakukan pencacahan terhadap hasil pengamatan kegiatan guru dan peserta didik. Hasil pencacahan dikonversi dalam kategori “Sangat Rendah”, “Rendah”, “Tinggi” dan “Sangat Tinggi”. Hasil penelitian adalah meningkatnya KBTT peserta didik yang ditunjukkan dengan kenaikan rerata hasil tes dan angket.  Perbandingan rerata nilai tes awal, tes akhir Siklus 1, dan tes akhir Siklus 2 adalah 51,7:46,4:68,5. Indikator keberhasilan berdasarkan hasil tes terpenuhi dengan diperolehnya kenaikan sebesar 22,1. Perbandingan rerata persentase peserta didik menjawab “Yakin” dan “Sangat Yakin” pada pernyataan 4, 5, dan 6 yang merupakan konfirmasi kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal tipe C4, C5, dan C6 yang mewakili keterampilan berpikir tingkat tinggi level analyzing, evaluating, dan creating pada Siklus 1 dan Siklus 2 adalah 23,61% dan 30,43%. Indikator keberhasilan berdasarkan hasil angket terpenuhi dengan diperolehnya kenaikan sebesar 6,82%. Kualitas proses pembelajaran meningkat menjadi “HIGH” berdasarkan hasil pengamatan.

Kata Kunci: keterampilan berpikir tingkat tinggi, teks information report, formative assessment with reasoning

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Ponikem Ponikem, SMP Negeri 1 Wonosari

Penulis lahir di Gunungkidul, 19 Juli 1971; lulusan S1 pada ProdiPendidikan Bahasa Inggris UNY tahun 2000; lulusan S2 pada Prodi Kajian Bahasa Inggris USD tahun 2010; merupakan Guru Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Wonosari Gunungkidul.

Diterbitkan
2021-09-01
Bagaimana cara mengutip:
Ponikem, P. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran Teks Information Report melalui Formative Assessment with Reasoning Worksheet. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(3), 348-358. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i3.294
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 469 times
PDF downloaded: 291 times

Referensi

______. (2018). Permendikbud nomor 37 tahun 2018 tentang perubahan atas Permedikbud nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013.

Anderson, Mark & Kathy Anderson. (1997). Text Types in English. South Yarra: Macmillan Education Australia PTY Ltd.

Anderson, Lorin W. & David R. Krathwohl. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Biech, Elaine. (2015). 101 Ways to Make Learning Active Beyond the Classroom. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Brookhart, Susan M. (2010). How to Assess Higher-order Thinking Skills in Your Classroom. Virginia: ASCD Member Book.

Brown, H. Douglas. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy, 2nd Edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Butterworth, John & Geoff Thwaites. (2013). Thinking Skills: Critical Thinking and Problem Solving-2nd Edition. Cambridge: Cambridge University Press

Chapman, Carolyn & Rita King. (2012). Differentiated Assessment Strategies-One Tool Doesn’t Fit All 2nd Ed. California: Corvin A SAGE Company.

Dubin, Fraida & Elite Olshtain. (1994). Course Design. Cambridge: Cambridge University Press.

Kemmis, Stephen, Robbin Mc Taggart, Rhonda Nixon. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research. London: Springer.

Shafeei, Khairon Nisa, Hanita Hasan, Fauziah Ismail & Azian Abdul Aziz. (2017). Incorporating Higher Order Thinking Skills (HOTS) Questions in ESL Classroom Contexts. LSP International Journal, 4(1), 101–116.

Tim Direktorat Pembinaan SMP. (2017) Panduan Penilaian oleh Pendidik dan satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP Dirjen Dikdasmen Kemendikbud

Tohir, Mohammad. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Tersedia Online: https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesiatahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/ [03 Desember 2019]

Tomlinson, C.A. & Tonya R. Moon. (2013). Assessment and Student Success in a Differentiated Classroom. Virginia: ASCD Publication.

Yoke, Soo Kum, Nor Haniza Hasan, Rohani Jangga & Siti Nuur-Ila Mat Kamal. (2015). Innovating with HOTS for the ESL Reading Class. English Language Teaching, 8(8), 10–17.