Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar

  • Asim Supriadi Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Saepul Ma'mun Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat,  Indonesia
  • Maman Suryaman Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini berangkat dari persoalan menurunnya motivasi kerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi, yang dipengaruhi lemahnya kepemimpinan kepala sekolah serta lingkungan kerja yang kurang mendukung. Motivasi kerja, sebagai faktor penting bagi mutu pembelajaran, tidak hanya bersumber dari dorongan internal, tetapi juga sangat ditentukan oleh dinamika struktural dan budaya organisasi sekolah. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan kualitas lingkungan kerja terhadap motivasi guru, dengan kontribusi teoritis sekaligus rekomendasi praktis bagi kebijakan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berdesain ex post facto, melibatkan 130 responden yang dipilih melalui stratified proportional random sampling, serta dianalisis dengan regresi linear berganda menggunakan SPSS versi 25. Hasil menunjukkan kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru, dengan kontribusi dominan berasal dari lingkungan kerja (β = 0,531) dibandingkan gaya kepemimpinan (β = 0,203). Simpulan penelitian menegaskan bahwa sinergi kepemimpinan transformatif dan lingkungan kerja kondusif merupakan pilar penting dalam membangun motivasi berkelanjutan. Temuan ini dapat menjadi pijakan bagi pengembangan model manajemen pendidikan yang lebih integratif, adaptif, dan berbasis bukti, sekaligus mendorong lahirnya kebijakan humanis untuk memperkuat profesionalisme guru serta meningkatkan mutu pembelajaran.

Kata Kunci: motivasi kerja guru, gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, sekolah dasar, manajemen pendidikan

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Asim Supriadi, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat

Asim Supriadi adalah Kepala Sekolah SDN Sindangmulya 02 Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Fokus profesional mencakup kepemimpinan sekolah dasar dan pengembangan mutu pendidikan dasar.

Saepul Ma'mun, Universitas Singaperbangsa Karawang, Jawa Barat

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Diterbitkan
2025-12-23
Bagaimana cara mengutip:
Supriadi, A., Ma’mun, S., & Suryaman, M. (2025). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(3), 2190-2198. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i3.1989
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 4 times
PDF downloaded: 0 times

Referensi

Artasya, H. H., Siregar, B., Novianti, R., Luxvina, Sani, T. R. A., & Naimah, S. (2024). The Leadership Role Of An Effective School Principal. Journal on Education, 06(02), 14632–14638.

Bush, T., & Glover, D. (2014). School leadership models: what do we know? School Leadership & Management , 34(5), 553–571.

Carvalho, M., Cabral, I., Verdasca, J. L., & Alves, J. M. (2021). Strategy and Strategic Leadership in Education: A Scoping Review. Review, 6(706608), 1–10.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2020). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.

Dami, Z. A., Wiyono, B. B., Imron, A., & Burhanddin. (2022). Principal self-efficacy for instructional leadership in the perspective of principal strengthening training: work engagement, job satisfaction and motivation to leave. Cogent Education, 9(1), 1–18.

Deswarta. (2017). Pengaruh Kompetensi Dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Dosen Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sultan Syari Kasim Riau. Jurnal Valuta, 3(1), 19–39.

Diarini, I. G., & Budiartha, I. G. (2018). Pengaruh Motivasi Dan Pengembangan Karier Pada Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi., 2(1), 87–106.

Fathurrochman, I., Danim, S., Anwar AB, S., & Kurniah, N. (2020). The School Principals’ Role in Education Management at the Regional Policy in the Industrial Revolution 4.0l Level: An Analysis of Educational . Proceedings of the International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020), 237–242.

Gunawan, I. (2020). Strategi Meningkatkan Kinerja Guru: Apa Program Yang Ditawarkan Oleh Kepala Sekolah.

Hanafiah, Berliana, & Margono. (2023). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Sekolah Dasar. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(4), 973–980.

Hartanto, S., & Purwanto, S. (2019). Supervisi dan Penilaian Kinerja Guru. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Republik Indonesia.

Haryadi, & Nurhasanah, N. (2021). Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja, Pengembangan Karir Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Sukses Abadi Karya Inti. Manajerial, 20(2), 318–330.

Kilig, F. (2022). The Role of Strategic Leadership in Innovation Performance. Open Journal of Business and Management, 10(2), 654–669.

Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2017). The Leadership Challenge: How to Make Extraordinary Things Happen in Organizations. John Wiley & Sons.

Mas’udi. (2014). Pengaruh Komitmen dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 56 Jakarta. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, IV(2), 260–269.

Mbuik, H. B. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Indonesia Journal of Primary Education, 3(2), 28–37.

Noprika, M., Yusro, N., & Sagiman. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Andragogi. Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Indonesia, 2(2), 224–243.

Nugraha. (2014). Pengaruh Motivasi Berprestasi Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Akuntansi Dan Keuangan, 2(2), 1–10.

Nurlaeli, A., Ferianto, Makbul, M., & Munafiah, N. (2024). The Leadership Role of School Principals in Curriculum Management: Systematic Literature Review Analysis. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Agama, 16(1), 483–496.

Omebe, C. A. (2014). Human Resource Management In Education: Issues and Challenges. British Journal of Education, 2(7), 26–31.

Qutni, D., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Human Resource Management in Improving The Quality of Education. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(2), 354–366.

Riani, S. S., & Ain, S. Q. (2022). The Role of School Principal in Implementing Education Quality Management. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(2), 204–211.

Rochaendi, E., Arifin, A. S., & Ismanto. (2025). Kepemimpinan Pendidikan. Inovasi, Kolaborasi dan Keberlanjutan. (E. Rochaendi, Ed.). ITERA Press.

Rosmaini, & Tanjung, H. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 1–15.

Seriyanti, N., Ahmad, S., & Destiniar. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peran Komite Sekolah Terhadap Keberhasilan Manajemen Berbasis Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan) , 6(1), 15–33.

Smith, J. A., & Brown, K. L. (2019). Transformational Leadership in Education: A Review of Existing Research. Educational Management Administration & Leadership, 47(4), 683–699.

Suardi. (2020). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai. Menara Ekonomi, VI(1), 96–102.

Sudrajat. (2018). Manajemen Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, XXV(1), 104–119.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND (2nd ed.). Alfabeta.

Suyitno. (2021). Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Efektivitas Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1564–1576.

Ulya, W. (2019). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 8(2), 1–7.

Wahyuni, A., & Budiono. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(3), 769–781.