Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Meningkatkan Keterampilan Seni Kriya dan Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Sukomulyo, Magelang)

  • Muhammad Khoir Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • E. Kus Eddy Sartono Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Fery Muhamad Firdaus Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai bagian dari penguatan pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN Sukomulyo, dengan menekankan seni kriya sebagai media kontekstual dalam menginternalisasi nilai-nilai luhur Pancasila. Fokus utama penelitian diarahkan pada kontribusi nyata P5 dalam meningkatkan kualitas pembelajaran karakter berbasis nilai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam dengan guru, kepala sekolah, dan siswa, serta dokumentasi proses perencanaan hingga hasil karya siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa P5 berperan penting dalam membentuk karakter siswa melalui pembelajaran berbasis proyek yang menekankan pada nilai gotong royong, kemandirian, tanggung jawab, dan kepedulian sosial. Nilai-nilai tersebut diaktualisasikan secara konkret dalam praktik seni kriya, yang tidak hanya melatih keterampilan motorik halus dan kreativitas, tetapi juga menjadi wadah refleksi nilai-nilai Pancasila. SDN Sukomulyo merespons tantangan tersebut dengan strategi kolaboratif. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara mata pelajaran Pendidikan Pancasila, seni, dan proyek P5 dalam menciptakan lingkungan belajar yang membina keterampilan abad ke-21 dan karakter kebangsaan siswa. Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan model pembelajaran Pendidikan Pancasila yang lebih kontekstual melalui seni kriya sebagai media penguatan nilai dan ekspresi budaya lokal di tingkat sekolah dasar.

Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, seni kriya, FLS2N, pembelajaran berbasis proyek, studi kasus

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-15
Bagaimana cara mengutip:
Khoir, M., Sartono, E. K. E., & Firdaus, F. M. (2025). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Meningkatkan Keterampilan Seni Kriya dan Nilai Karakter Siswa Sekolah Dasar (Studi Kasus di SDN Sukomulyo, Magelang). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1697-1702. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1928
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 274 times
PDF downloaded: 34 times

Referensi

Kemendikbud Ristek. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Kemendikbud Ristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemendikbud Ristek. (2022). Panduan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbud Ristek.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Nurmala, V. et al. (2025). Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project ( P5 ) in Elementary Schools. Journal of Integrated Elementary Education, 5(1), 166–187.

Prasetyo, B. (2021). "Kendala Infrastruktur dalam Pendidikan Seni di Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Kreatif, 9(2), 56-71.

Rachman, A. et al. (2024). The development and validation of the “Kuesioner Tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” (KT P5): A new tool for strengthening the Pancasila Student Profile in Indonesian pioneer schools. Heliyon, 10(16), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e35912

Robinson, K. (2011). Out of Our Minds: Learning to be Creative. Oxford: Capstone Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). Bandung: Alfabeta.

Supriyono, B. (2022). "Peran Seni dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar." Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 78-92.

Widiastuti, E. (2021). "Pengaruh Pembelajaran Seni Berbasis Proyek terhadap Kreativitas dan Keterampilan Motorik Siswa SD." Jurnal Seni dan Pendidikan Karakter, 10(1), 89-103.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama