Penggunaan Aplikasi Plagiarism Checker dalam Pembelajaran Menulis Daring

  • Ponikem Ponikem SMP Negeri 1 Wonosari,  Indonesia

Abstrak

Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang meluas hampir di seluruh dunia mengharuskan diterbitkannya regulasi yang mengatur pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan dalam rangka menyelamatkan bangsa dari bahaya pandemi Covid-19. Hasil kerja peserta didik perlu diverifikasi, salah satunya dengan pengeceken plagiasi. Sebagai sebuah best practice, pengecekan plagiasi terhadap produk menulis ini dapat terlaksana dengan lebih mudah pada saat pembelajaran daring.  Pembelajaran menulis teks prosedur dengan tema “How to Use Masks” pada Kelas IX semester 2 tahun pelajaran 2019/2020 berhasil memberikan pengalaman terbaik terkait pengecekan plagiasi. Materi pembelajaran berupa dua video yang yang berfungsi sebagai input yang menjadi bahan inspirasi dalam menyusun teks baru. Produk pembelajaran menulis berupa teks dinilai berdasarkan rubrik tertentu. Salah satu aspek dalam rubrik tersebut adalah angka persentase keunikan produk yang menggambarkan tingkat keaslian produk belajar yang pengecekannya dilakukan dengan aplikasi Plagiarism Checker yang diakses secara online. Produk pembelajaran diberi skor untuk tujuan penilaian dan sekaligus diukur tingkat plagiasinya. Hasil pengukuran menunjukkan tingkat ketuntasan 96% dengan rerata skor 86, nilai terendah 65, nilai tertinggi 97. Hasil pengecekan angka persentase keunikan produk yakni 100% unik sebanyak 53%, 1 s.d 99% unik sebanyak 36%,  0% unik sebanyak 2%, dan sebanyak 9% tidak terdeteksi. Hasil pengecekan plagiasi ini memberikan pengalaman baik bagi peserta didik maupun pendidik untuk mengedepankan aspek keaslian atau orisinalitas karya. Poin inovasi best practice ini terletak pada dicantumkannya aspek keunikan karya dalam penilaian produk menulis.

Kata Kunci: pengecekan plagiasi, produk pembelajaran menulis, pembelajaran daring

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2021-03-15
Bagaimana cara mengutip:
Ponikem, P. (2021). Penggunaan Aplikasi Plagiarism Checker dalam Pembelajaran Menulis Daring. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 6(1), 35-43. https://doi.org/10.51169/ideguru.v6i1.192
Bagian
Praktik Terbaik
Abstrak viewed: 1575 times
PDF downloaded: 1492 times

Referensi

_______________.(2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tanggal 24 Maret Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).Jakarta: Kemdikbud

________________.(2020). Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul Nomor 421/2019/MP-1 tanggal 13 April Tahun 2020 tentang Perpanjangan Masa Pelaksanaan Kegiatan Belajar Di Rumah (BDR) dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) pada Lingkungan Pendidikan di Kabupaten Gunungkidul. Wonosari: Disdikpora

Agustina, Rina dan Pambudi Raharjo. (2017). “Exploring Plagiarism into Perspectives of Indonesian Academics and Students”, dalam Journal of Educational and Learning, Vol. 11 (3), hlm. 262-272, http://journal.uad.ac.id/index.php/EduLearn/article/view/5828, diunduh di Yogyakarta, 2 Januari 2021

Biech, Elaine. (2015). 101 Ways to Make Learning Active Beyond the Classroom. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Edwards, Linda H. (2015). Legal Writing and Analysis. New York: Wolters Kluwer (4th edition)

Gipp, Bela (2014). Citation-based Plagiarism Detection. Wiesbaden: Springer Vieweg

Hasan, Naziya dan Naved Hassan Khan. 2018. “Internet and Increasing Issues of Plagiarism”, dalam Shrinkhla Ek Shodhaparak Vaicharik Patrika, Vol-5, hlm. 125-131,

https://www.researchgate.net/publication/332696789_Internet_and_Increasing_Issues_of_Plagiarism, diunduh di Yogyakarta, 2 Januari 2021

Harmer, Jeremy. (2004). How to Teach Writing. Essex: Pearson Education Limited

Palloff, Rena M., Keith Pratt.(2007). Building Online Learning Communities: Effective Strategies for the Virtual Classroom. San Fransisco: Jossey-Bass

Prensky, M. (2016, March). Education to Better Their World. Retrieved December 9, 2017, from PDF DRIVE Web site: http://www.ibo.org/contentassets/5e35e4cc2bfe4728b27053eb00db9578/apc-marc-prensky-keynote-en.pdf, diunduh di Yogyakarta, 3 Januari 2021

Santosa, Made Hery dan A.A. Gede Yudha Paramartha. (2019). “Indonesian English University Students’ Perceptions on Plagiarism in the Online Worls Era”, dalam Journal of ELT Research Articles, Vol. 4, Issue 2, hlm. 101-114, https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jer/article/view/2846/1075, diunduh di Yogyakarta, 3 Januari 2021