Desain Pengembangan E-Modul IPAS Terintegrasi Educaplay pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar

  • Wikut Deniarti Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Sekar Purbarini Kawuryan Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Fery Muhamad Firdaus Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini mengkaji secara mendalam tahap pengembangan (development) dalam proses penciptaan e-modul IPAS yang terintegrasi dengan platform Educaplay. Latar belakang penelitian ini adalah urgensi untuk menyediakan bahan ajar inovatif yang mampu meningkatkan interaktivitas dan motivasi belajar siswa, khususnya pada mata pelajaran IPAS di jenjang Sekolah Dasar. E-modul IPAS yang interaktif dan adaptif, dengan memanfaatkan fitur gamifikasi dari Educaplay, diharapkan dapat menjadi solusi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode campuran. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang diusung oleh Branch. Model ADDIE terdiri dari lima tahapan sistematis: (1) Analisis kebutuhan (Analyze), (2) Perancangan produk (Design), (3) Pengembangan produk (Development), (4) Implementasi produk (Implementation), dan (5) Evaluasi produk (Evaluation). Fokus utama penelitian ini secara spesifik adalah pada tahap ketiga, yaitu tahap pengembangan (development). Dalam tahap ini, peneliti berupaya menghasilkan prototipe awal e-modul IPAS yang terintegrasi dengan Educaplay. Proses pengembangan melibatkan perumusan konsep, penentuan konten materi IPAS yang relevan untuk siswa kelas III SD, dan integrasi elemen-elemen Educaplay ke dalam struktur e-modul. Hasil konkret dari penelitian ini adalah flowchart (diagram alir) yang menggambarkan alur penggunaan e-modul secara keseluruhan dan storyboard yang memvisualisasikan setiap halaman atau bagian dari e-modul, termasuk penempatan aktivitas Educaplay. Kedua luaran ini menjadi rancangan awal yang komprehensif untuk pembuatan e-modul IPAS terintegrasi Educaplay yang nantinya akan diimplementasikan pada pembelajaran IPAS siswa kelas III Sekolah Dasar.

Kata Kunci: Desain pengembangan, E-modul, Educaplay

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-08-08
Bagaimana cara mengutip:
Deniarti, W., Kawuryan, S. P., & Firdaus, F. M. (2025). Desain Pengembangan E-Modul IPAS Terintegrasi Educaplay pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1629-1634. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1881
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 185 times
PDF downloaded: 55 times

Referensi

Aeni, W. N., & Widodo, W. (2022). Penggunaan E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Pada Materi Kalor. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(2), 193–202. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Amalia, I., & Sujatmiko, B. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantuan Flipbook Berbasis Pjbl Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Animasi 2D Dan 3D Kelas Xi Multimedia (Studi Kasus: Smkn 2 Singosari). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 7(3), 92–99. https://doi.org/10.26740/it-edu.v7i3.50147

Antonius, A., Huda, N., & Suratno, S. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif Pembelajaran Gambar Teknik Berbasis Keterampilan Kreatif Untuk Siswa Smk. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 1090–1102. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1347

Arriany, I., Ibrahim, N., & Sukardjo, M. (2020). Pengembangan modul online untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 52–66. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.23605

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Creswell, J. W. (2018). Fifth Edition Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methodes Approaches. In Writing Center Talk over Time. SAGE. https://doi.org/10.4324/9780429469237-3

Depita, T. (2024). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Siswa. TARQIYATUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam Dan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 55–64. https://doi.org/10.36769/tarqiyatuna.v3i1.516

Febriani, N., & Widiyanto, R. (2024). Pengembangan E-Modul IPAS sebagai Inovasi Pembelajaran di Kurikulum Merdeka. Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 94–103. https://doi.org/10.15408/elementar.v3i2.35291

Hotimah;, Arismunandar;, & Tola, I. (2024). Inovasi Digital Dalam Pendidikan: Tren dan Tantangan di Era Pembelajaran Berbasis Teknologi. 7, 18904–18910. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i4.38830

Ilmiyah;, K., Ameiliya;, R. W., Hasanah;, I., & Royhan, M. (2025). Peningkatan Sumber Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi belajar Peserta Didik. Zaheen : Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, VI(1), 108–119.

Leony;, A. P., Aini;, N., Kusumawardani;, H., & Sintawati;, E. (2024). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pembuatan Desain Teknik Kolase. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11, 333–343. https://doi.org/https://doi.org/10.38048/jipcb.v11i3.3861

Muhammad. (2018). Sumber Belajar (Vol. 1). Sanabil Creative.

Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. In Yayasan Kita Menulis.

Rejeki, S., Leksono, I. P., & Rohman, U. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Canva Model ADDIE Mata Pelatihan Pembuatan Konten Video Interaktif dalam Pembelajaran pada Pelatihan TIK MTS di Balai Diklat Keagamaan Surabaya. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 1697–1704. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.468

Sugiyono. (2016). Pdf-Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono_Compress.Pdf (p. 62).

Tesalonika, Desak Putu Parmiti, & I Gde Wawan Sudatha. (2022). Video Pembelajaran Menggunakan Model ADDIE pada Tematik Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 510–517. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i3.52889

Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, VIII(I), 1–19. https://doi.org/DOI:10.23969/jp.v8i2.10066

W.S. Sembiring, I.G.W. Sudatha, & A.H. Simamora. (2021). E-Modul Ipa Untuk Memfasilitasi Siswa Menengah Atas Belajar Mandiri. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 26–39. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.635