Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) terhadap Keterampilan Berbicara Kritis dan Menulis Kritis

  • Hasnatan Hasnatan Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Nensilianti Nensilianti Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Sultan Sultan Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Artificial Intelligence (AI), khususnya ChatGPT, terhadap keterampilan berbicara kritis dan menulis kritis peserta didik kelas X di UPT SMA Negeri 3 Bone. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen sejati (true experimental design) menggunakan model pretest dan posttest control group. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan sebelum dan sesudah perlakuan, dan dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan berbicara kritis (dari 71,51 menjadi 80,03) dan keterampilan menulis kritis (dari 73,96 menjadi 91,33) setelah menggunakan AI. Uji t menunjukkan nilai signifikan (Sig. < 0,05), baik dalam paired sample t-test maupun independent sample t-test. Temuan ini membuktikan bahwa penggunaan AI efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara kritis dan menulis kritis peserta didik.

Kata Kunci: artificial intelligence, keterampilan berbicara kritis, keterampilan menulis kritis, teks eksposisi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-05-30
Bagaimana cara mengutip:
Hasnatan, H., Nensilianti, N., & Sultan, S. (2025). Pengaruh Penggunaan Artificial Intelligence (AI) terhadap Keterampilan Berbicara Kritis dan Menulis Kritis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1460-1465. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1875
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 92 times
PDF downloaded: 36 times

Referensi

Abidin, Y., & Rahmawati, R. (2021). Pengembangan Literasi Kritis dalam Kurikulum Sekolah. Bandung: Refika Aditama.

Aryawira, D., & Sulistiyo, U. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Artificial Intelligence dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(1), 35–47.

Bashir, M. (2024). Constructivism in the Digital Age: AI-Based Learning Models. Journal of Educational Psychology and Technology, 11(2), 120–135.

Budiarti, R. (2022). Vlogging sebagai Media Pengembangan Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Media Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(1), 23–30.

Fitrianingrum, L. (2024). Peningkatan Literasi Kritis Melalui Teks Eksposisi. Jurnal Bahasa dan Sastra, 15(2), 111–123.

Javaid, M. (2023). Enhancing Language Proficiency Using AI Tools in the ESL Classroom. International Journal of English Language Teaching, 11(4), 45–59

Kaiwen, Z., & Ningwei, Y. (2023). Personalized Language Learning with ChatGPT: A Case Study. Asia-Pacific Journal of Education and Technology, 10(2), 34–49.

Lin, Y., & Chen, L. (2023). AI-supported Critical Thinking Development in Higher Education. Journal of Educational Technology & Society, 26(3), 87–101.

Rodriguez, C., Mendez, A., & Lee, S. (2023). The Impact of AI Tools on High School Students’ Problem Solving Skills. International Journal of Educational Research, 119, 101–115.

Widodo, A., Suryana, D., & Nugraha, T. (2024). ChatGPT dan Kemampuan Analitis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 55–72.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama