Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Organisasi di SD Juara Batam

  • Juniar Sinaga Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Suyud Suyud Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • La Musa Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan model Kepemimpinan dan Manajemen organisasi di Sekolah Dasar Juara Batam, Kepulauan Riau. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi. Observasi dilakukan menggunakan wawancara yang memuat pertanyaan terkait aspek-apsek kepemimpinan dan manajemen yang mencakup kehadiran kepala sekolah, efektivitas komunikasi, keterlibatan kepemimpinan, Kemampuan memotivasi dan menginspirasi, keterampilan dalam membimbing serta demontrasi etos kerja dan integritas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan sekolah di SD Juara Batam memiliki signifikansi terhadap motivasi guru, budaya organisasi, manajemen,organisasi pembelajaran, dan efektivitas sekolah. Pimpinan sekolah SD Juara Batam memberikan berbagai peran kepemimpinan yang efektif, seperti membimbing tim organisasi, memotivasi dan memberi energi pada anggota organisasi, menciptakan lingkungan kerja yang positif, serta membina kerja sama dan kolaborasi. Kepala sekolah SD Juara Batam telah berkontribusi pada pengembangan budaya organisasi yang positif dan produktif melalui disiplin, kerja tim, efektivitas komunikasi, motivasi, dan keseimbangan kehidupan kerja.

Kata Kunci: kepemimpinan, kepala sekolah, manajemen organisasi

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Juniar Sinaga, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Mahasiswa program magister Manajemen Pendidikan yang memiliki minat dalam penelitian mengenai kultur sekolah dan manajemen sekolah. Lahir di Seribujawa, Sumatera Utara, dan berdomisili di Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau. Ia juga aktif dalam dunia kepenulisan. Salah satu karyanya adalah buku yang berjudul Menyemai Cinta di Papua. Untuk informasi lebih lanjut atau kesempatan kolaborasi ilmiah, Anda dapat menghubunginya melalui email  juniarsinaga02@gmail.com

La Musa, Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Mahasiswa S3 di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) program studi Ilmu Pendidikan, Angkatan 2023, memiliki minat mendalam dalam studi tentang Kultur Sekolah dan Pendidikan Karakter. Dia berasal dari Desa Candi, Kecamatan Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau. La Musa aktif dalam penelitian dan eksplorasi konsep-konsep baru dalam bidang pendidikan yang dapat memperkaya pemahaman tentang kultur sekolah dan pentingnya pendidikan karakter. Untuk informasi lebih lanjut atau kolaborasi ilmiah, Anda dapat menghubunginya melalui nomor telepon 085342348460.

Diterbitkan
2025-03-21
Bagaimana cara mengutip:
Sinaga, J., Suyud, S., & Musa, L. (2025). Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Organisasi di SD Juara Batam. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1244-1253. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1825
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 129 times
PDF downloaded: 53 times

Referensi

Aimang, H. A., & Rahman, W. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMP Negeri 1 Toili. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(2), 233–244. https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.24129

Aisyah, S., & Takdir, S. (2017). Implementasi Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Di SMP Negeri 1 Wamena Kabupaten Jayawijaya. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah. https://ejurnal.stkip-pessel.ac.id/index.php/kp

Arikunto, S. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Press.

Azhar, S. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif (Perspektif Pendidikan Islam) Leadership Of The Head Of Effective School (Islamic Education Perspective). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1). https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i1a3.2017

Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2006). Transformational Leadership, Second Edition. In Psychology press.

Branson, C. M., & Gross, S. J. (2014). Handbook of Ethical Educational Leadership. In New York, NY: Routledge. New York, NY: Routledge.

Brown, M. E., & Treviño, L. K. (2006). Ethical leadership: A review and future directions. Leadership Quarterly, 17(6), 595–616. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2006.10.004

Bush, T. (2009). Leadership development and school improvement: Contemporary issues in leadership development. Educational Review, 61(4), 375–389. https://doi.org/10.1080/00131910903403956

Bush, T., & Glover, D. (2003). School Leadership: Concepts and Evidence. National College for School Leadership 5.

Colbert, A. E., Judge, T. A., Choi, D., & Wang, G. (2012). Assessing the trait theory of leadership using self and observer ratings of personality: The mediating role of contributions to group success. Leadership Quarterly, 23(4), 670–685. https://doi.org/10.1016/j.leaqua.2012.03.004

Connolly, M., James, C., & Fertig, M. (2019). The difference between educational management and educational leadership and the importance of educational responsibility. Educational Management Administration and Leadership, 47(4), 504–519. https://doi.org/10.1177/1741143217745880

Hallinger, P. (2018). Bringing context out of the shadows of leadership. Educational Management Administration and Leadership, 46(1), 5–24. https://doi.org/10.1177/1741143216670652

Harris, A. (2005). Teacher Leadership: More than Just a Feel-Good Factor? Leadership and Policy in Schools, 4(3), 201–219. https://doi.org/10.1080/15700760500244777

Hasbi, I., Fuadi, A., Nadeak, B., Arifudin, O., Sri Lestari, A., Tri Utomo, W., Made Rianita, N., Fatmasari, R., & Pasaribu, E. (2021). Administrasi Pendidikan Tinjauan Konsep Dan Praktik. www.penerbitwidina.com

Hasibuan. (2003). Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hasibuan, M. P., Sari, R. P., Syahputra, R. A., & Nahadi, N. (2022). Application of Integrated Project-based and STEM-based E-learning Tools to Improve Students’ Creative Thinking and Self-Regulation Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 51–56. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.1050

Indrawan, K. A., Rini Kristiantari, M. G., Agung, G., & Negara, O. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectualy berbantuan Lingkungan Hidup terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 59–67.

Iskandar, U. (2013). Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan.

Jahari, J., & Rusdiana. (2020). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Yayasan Darul Hikam, Bandung.

Jamrizal. (2022). Pengaruh Perencanaan, Pengorganisasian Dan Pengawasan Terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah (Literature Review Manajemen Pendidikan). JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1).

Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2023). The Leadership Challenge: How to Make Extraordinary Things Happen in Organizations. In John Wiley & Sons.

Kristiyanti, I. E., & Muhyadi. (2015). Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan (Studi Kasus SMKN 7, SMKN 1 BANTUL, SMKN 1 TEMPEL). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(1), 37–49. http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp

Kurniadi, D. A., & Sugiyono. (2016). Strategi Sekolah Dalam Mewujudkan Visi Dan Misi Sma Di Kecamatan Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(2), 179–193.

Mukti, N. (2018). Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah. Jurnal Kependidikan, 6(1), 71–90. https://doi.org/10.24090/jk.v6i1.1697

Mulyasa, E. (2004). Manajemen berbasis sekolah: konsep, strategi dan implementasi.

Nusche, Deborah., & Pont, Beatriz. (2008). Improving School Leadership: Vol. 1: Policy and Practice. Organization for Economic Cooperation & Development.

Ogawa, R. T., & Bossert, S. T. (1995). Leadership as an Organizational Quality. Educational Administration Quarterly, 31(2), 224–243. https://doi.org/10.1177/0013161X95031002004

Oupen, S. M., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Kepemimpinan Transformasional, Budaya Organisasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja, Terhadap Komitmen Organisasional Guru SD. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 11(1), 34–43. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167

Parida, L., & Wijayanti, W. (2018). Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak Di Persekolahan Kanisius Yogyayakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(1), 105–122.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah.

Rahayuningsih, Y., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Sekolah yang Positif di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:251359171

Rhodes, R. A. W., & Hart, P. T. (2014). The Oxford Handbook of Political Leadership. In Oxford University Press, USA.

Riswandi, R., Sukamto, I., & Oktaria, R. (2021). Sekolah Efektif, Learning Organization, dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:245758086

Rivai, V. (2013). Manajemen Pemimpin dan Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Rizkita, K., & Supriyanto, A. (2020). Komparasi kepemimpinan pendidikan di Indonesia dan Malaysia dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 155–164.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior. Boston, MA: Pearson.

Ruwah, N., Husnul, I., & Retnawati, H. (2017). Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Negeri Yogyakarta. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 189–198. http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp

Saiti, A. (2009). The development and reform of school administration in Greece: A primary school perspective. Educational Management Administration and Leadership, 37(3), 378–403. https://doi.org/10.1177/1741143209102790

Sari, H. P., Azhar, A., & Wijaya, W. M. (2023). Kepemimpinan partisipatif dan demokratis kepala sekolah dalam upaya menerapkan manajemen modern di sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 105–113. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.64838

Senge, P. M. (2006). The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization. In Broadway Business.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian mana-jemen. Bandung: Alfabeta.

Suryana, C., & Iskandar, S. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menerapkan Konsep Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7317–7326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3485

Susanto, A. T., & Muhyadi. (2016). Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru Di Sekolah Menengah Pertama Negeri. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(2), 151–163.

Syarifuddin, S. (2020). Analisis Kepemimpinan Transformasional Dan Disiplin Kerja Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja Dan Peningkatan Kinerja Guru Di Smpn 2 Pajo Dompu. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:235026829

Taufan, J., Maria, R., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Upaya Mewujudkan Madrasah Efektif. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), 1337–1343. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.572

UNESCO. (2021). The United Nations world water development report 2021. United Nations.

Yukl, G. (2013). Leadership in Organizations. University of Albany State University of New York.