Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Manajemen Organisasi di SD Juara Batam
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan model Kepemimpinan dan Manajemen organisasi di Sekolah Dasar Juara Batam, Kepulauan Riau. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi. Observasi dilakukan menggunakan wawancara yang memuat pertanyaan terkait aspek-apsek kepemimpinan dan manajemen yang mencakup kehadiran kepala sekolah, efektivitas komunikasi, keterlibatan kepemimpinan, Kemampuan memotivasi dan menginspirasi, keterampilan dalam membimbing serta demontrasi etos kerja dan integritas. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan sekolah di SD Juara Batam memiliki signifikansi terhadap motivasi guru, budaya organisasi, manajemen,organisasi pembelajaran, dan efektivitas sekolah. Pimpinan sekolah SD Juara Batam memberikan berbagai peran kepemimpinan yang efektif, seperti membimbing tim organisasi, memotivasi dan memberi energi pada anggota organisasi, menciptakan lingkungan kerja yang positif, serta membina kerja sama dan kolaborasi. Kepala sekolah SD Juara Batam telah berkontribusi pada pengembangan budaya organisasi yang positif dan produktif melalui disiplin, kerja tim, efektivitas komunikasi, motivasi, dan keseimbangan kehidupan kerja.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Juniar Sinaga, Suyud Suyud, La Musa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

