Proyek Berdiferensiasi STEAM dalam Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar

  • Maria Magdalena Sri Wahyuni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Ana Fitrotun Nisa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan mengelaborasikan jiwa kepemimpinan murid dan sikap peduli lingkungan melalui penerapan proyek berdiferensiasi berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics). Pendekatan STEAM bertujuan untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan dan kemampuan kepedulian murid terhadap lingkungan, baik secara individu maupun dalam tim dengan memanfaatkan tantangan nyata sebagai media pembelajaran. Lingkungan belajar yang inklusif mendorong murid untuk mengelola konflik atau masalah, berkomunikasi efektif, dan mengambil keputusan yang bertanggung jawab. Proyek berdiferensiasi STEAM tidak hanya memfasilitasi penguatan keterampilan siswa, tetapi juga menanamkan nilai-nilai karakter seperti empati, kerja sama, dan integritas. Penelitian ini memiliki tujuan mendeskripsikan langkah-langkah implementasi proyek STEAM serta manfaat yang dapat diperoleh, baik dari sisi akademik maupun pengembangan karakter. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peserta penelitian ini berjumlah 14 siswa kelas lima. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah melalui tahapan pemilihan data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian proyek berdiferensiasi STEAM menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran menghasilkan produk yang beragam berbasis STEAM dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan serta sikap peduli lingkungan. Hal ini dapat dibuktikan berupa produk guna dengan memanfaatkan barang-barang di sekitarnya, membuat poster, atau prototipe. Pembelajaran berbasis proyek ini mendorong siswa berinisiatif mengomunikasikan idenya sebagai solusi permasalahan lingkungan sekitar yang diobservasi sehingga menunjukkan aspek karakter positif sebagai bekal masa depan.

Kata Kunci: proyek berdiferensiasi, STEAM, kepemimpinan, peduli lingkungan, siswa SD

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Maria Magdalena Sri Wahyuni, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Penulis lahir di Bantul tanggal 16 September 1987. Penulis lulusan S1 PGSD Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Penulis lulus tahun 2013. Saat ini, penulis sedang menempuh S2 Pendidikan Pascasarjana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Nomor WhatsApp (WA) penulis 085228091222. Saat ini penulis bekerja sebagai Guru di SD Negeri Ploso.

Diterbitkan
2025-02-25
Bagaimana cara mengutip:
Wahyuni, M. M. S., Nisa, A. F., & Zulfiati, H. M. (2025). Proyek Berdiferensiasi STEAM dalam Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1094-1103. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1793
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 215 times
PDF downloaded: 131 times

Referensi

Amahoru A. & Ahyani E. (2023). Psikologi Pendidikan Iklusif: Mencip. takan Lingkungan Belajar Yang Ramah Bagi Semua Siswa. Jurnal Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2368-2377. https://ejournal.indo-intellectual.id/index.php/imeij/article/view/522/322

Ardianto & Rubini (2016). Literasi Sains dan Aktivitas Siswa Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tipe Shared. Unnes Science Education Journal, 5(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/usej/article/view/9650

Bandura, A. (2006). Toward a Psychology of Human Agency. Perspectives on Psychological Science, 1(2), 164-180. https://doi.org/10.1111/j.1745-6916.2006.00011.x

Farah, R., Suwono, H., dan Ibrohim. (2017). Science, Technology, Engineeering And Mathematics Project Based Learning (Stem-PjBL) Pada Pembelajaran Sains. Pros Seminar Pend. IPA Pascasarjana Um, 2, 432-433

Hasanah, A., Hikmayani, A.S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 275–281. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3561

Kamila N. & Annisa M. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Karakter Peduli Lingkungan dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Model Problem Based Learning dan Make a Match Berbasis STEAM. Jurnal Al-Falah, 24(1). https://www.ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/331

Komariah, N., Yusup, P. M., Saepudin, E., & Rodiah, S. (2017). Pendidikan Literasi Lingkungan sebagai Penunjang Desa Wisata Agro Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat, 6(2), 111–115.

Nurhadi dan Senduk, A.G. 2003. Pembelajaran kontekstual. Malang: Universitas Negeri Malang.

Nuwairah, N., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2018). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Pembuatan Alat Peraga dengan Menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2) https://doi.org/10.20527/jipf.v2i2.1006

Pratama, A.Y., Marpaung, R. R. T., & Yolida B. (2020). Pengaruh Literasi Lingkungan Terhadap Environmental Responsibility Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Jurnal Bioterdidik, 8(1), 56–65. https://doi.org/10.23960/jbt.v8.i1.07

Ratika, N. (2021). Model Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(2), 16-23. http://journal.unirow.ac.id/index.php/jpb/article/view/550/402

Rustika, I. M. (2012). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1), 18-25. https://journal.ugm.ac.id/buletinpsikologi/article/viewFile/11945/8799

Salim, E. 1986. Pembangunan Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Percetakan LP3ES.

Taufiq & Widiyatmoko. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Peduli Lingkungan Tema “Konservasi” Berpendekatan Science-Edutaiment. Scientific Journal of Universitas Negeri Semarang, 3(2), 140-145. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpii/article/view/3113

Vaughn, M. (2020). What is student agency and why is it needed now more than ever? Theory Into Practice, 59(2), 109-118.

Vaughn, M. (2021). Student Agency in The Classroom, Amsterdam: Teacher College Press

Vikram, K., & Magued, I. (2014). Construction And Development Of stem Learning Model. Eurasia Journal of Mathematics, Science And Technology Education, H.32.

Violy, A. (2024). Membangun Dasar Literasi dan STEAM Melalui Pembelajaran Diferensiasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(3). 233-245. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/18811

Wirastuti (2024). Pengaruh Student Agency terhadap Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Dimensi Motivasi Diri. Journal of Education Research, 5(2) 1056-1063. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.928

Zeiser, Kristina, Scholz, Carrie, Cirks, & Victoria. (2018). Maximizing Student Agency: Implementing and Measuring Student-Centered Learning Practices. American Institutes For Research. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED592084.pdf