Kebolehgunaan (Usability) Modul Ajar Discovery Learning Materi Bangun Datar Matematika Kelas IV

  • Nuni Sri Wahyuni Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Dede Tri Kurniawan Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia
  • Tatang Muhtar Universitas Pendidikan Indonesia, Kota Bandung, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Modul ajar memiliki peran penting sebagai penopang bagi guru dalam merancang proses pembelajaran. Dalam penyusunan perangkat pembelajaran, guru memegang peranan utama. Hal ini melatih kemampuan berpikir guru untuk berinovasi dan mengembangkan modul ajar yang efektif. Kemampuan berpikir kreatif dalam matematika merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap siswa untuk menganalisis masalah matematika dari sudut pandang yang berbeda, kemudian menyelesaikannya dengan berbagai cara dan menghasilkan ide-ide kreatif yang bervariasi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang saat ini banyak diterapkan adalah Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan atau kebolehgunaan modul ajar dengan menggunakan pendekatan Discovery Learning pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu dengan metode survey berupa kuesioner menggunakan software SmartPLS dalam pengelolaan datanya. Hasil penelitian menunjukan analisis model pengukuran dari variabel-variabel yang diuji menunjukan bahwa variabel Pembelajaran Kooperatif/Kolaboratif menunjukan nilai yang lebih tinggi dari beberapa variabel yang lainnya dan menjelaskan lebih banyak varians dari indikator-indikator lainnya.Pada diagram ini, kita dapat melihat bahwa nilai AP tertinggi,dengan nilai sekitar 0,756. Sedangkan nilai terendah adalah variabel 0,4 dari variabel-variabel yang lainnya.

Kata Kunci: Kebolehgunaan, Discovery Learning, Bangun Datar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-04-15
Bagaimana cara mengutip:
Wahyuni, N. S., Kurniawan, D. T., & Muhtar, T. (2025). Kebolehgunaan (Usability) Modul Ajar Discovery Learning Materi Bangun Datar Matematika Kelas IV. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1329-1334. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1761
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 16 times
PDF downloaded: 7 times

Referensi

Abdullah. (2015). Metodologi Penelitian Survei. Jakarta: Penerbit Universitas.

Adiyanta, F. C. (2019). Teknik Penelitian Survei dalam Studi Sosial. Yogyakarta: Penerbit Universitas.

Adjie, W. D., & Nurmala, R. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Probing Prompting Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Mathematic Education And Aplication Journal (META), 2(1), 33-40. https://doi.org/10.35334/meta.v2i1.1633

Alfiansyah, I. (2021). Pengembangan Modul Ajar Matematika Materi Pecahan Kelas IV di Sekolah Dasar. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 4(1), 1-8.

Fajri, Z. (2019). Model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SD. Jurnal Ika Pgsd (Ikatan Alumni Pgsd) Unars, 7(2), 64-73.

Harahap, L. K., & Pd, M. (2020). Analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan SMARTPLS (partial least square). Fakultas Sains Dan Teknologi Uin Walisongo Semarang, 1(1), 1-11.

Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh penggunaan model discovery learning dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239-249.

Irkhamni, I., Izza, A. Z., Salsabila, W. T., & Hidayah, N. (2021). Pemanfaatan canva sebagai e-modul pembelajaran matematika terhadap minat belajar peserta didik. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 127-134.

ISO. (2018) Ergonomics of Human-System Interaction--Part 11: Usability. [Online]. https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-11:ed-2:v1:en.

Kamalia, N. A., & Ruli, R. M. (2022). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP pada materi bangun datar. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 8(2), 117-132.

Kesuma, D. P. (2021). Penggunaan metode System Usability Scale untuk mengukur aspek Usability pada media pembelajaran daring di Universitas XYZ. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), 8(3), 1615-1626.

Nesri, F. D. P., & Kristanto, Y. D. (2020). Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9 (3): 480-492.

Nurdyansyah, N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.

Rachmawati, T., Laurens, T., & Moma, L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SD Negeri 40 Ambon pada Materi Bangun Datar. JUMADIKA: Jurnal Magister Pendidikan Matematika, 1(2), 91–101

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2),1076-1082.https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.877.

Simbolon, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510-2515.