Kebolehgunaan (Usability) Modul Ajar Discovery Learning Materi Bangun Datar Matematika Kelas IV
Abstrak
Modul ajar memiliki peran penting sebagai penopang bagi guru dalam merancang proses pembelajaran. Dalam penyusunan perangkat pembelajaran, guru memegang peranan utama. Hal ini melatih kemampuan berpikir guru untuk berinovasi dan mengembangkan modul ajar yang efektif. Kemampuan berpikir kreatif dalam matematika merupakan kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap siswa untuk menganalisis masalah matematika dari sudut pandang yang berbeda, kemudian menyelesaikannya dengan berbagai cara dan menghasilkan ide-ide kreatif yang bervariasi. Salah satu pendekatan pembelajaran yang saat ini banyak diterapkan adalah Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan atau kebolehgunaan modul ajar dengan menggunakan pendekatan Discovery Learning pada materi bangun datar untuk siswa kelas IV. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yaitu dengan metode survey berupa kuesioner menggunakan software SmartPLS dalam pengelolaan datanya. Hasil penelitian menunjukan analisis model pengukuran dari variabel-variabel yang diuji menunjukan bahwa variabel Pembelajaran Kooperatif/Kolaboratif menunjukan nilai yang lebih tinggi dari beberapa variabel yang lainnya dan menjelaskan lebih banyak varians dari indikator-indikator lainnya.Pada diagram ini, kita dapat melihat bahwa nilai AP tertinggi,dengan nilai sekitar 0,756. Sedangkan nilai terendah adalah variabel 0,4 dari variabel-variabel yang lainnya.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Nuni Sri Wahyuni, Dede Tri Kurniawan, Tatang Muhtar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

