Advancing Sustainable Development Goals through Character Education and Social Studies in Japanese Schools
Abstrak
Pendidikan karakter merupakan komponen penting untuk membentuk individu yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga memiliki nilai moral dan etika yang kuat. Penelitian ini mengkaji integrasi ilmu pengetahuan sosial, pendidikan karakter, dan Sustainable Development Goals (SDGs) dalam sistem pendidikan di Jepang, dengan fokus pada bagaimana elemen-elemen tersebut membekali siswa dengan keterampilan dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menghadapi tantangan global terkini. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggabungkan observasi lapangan dengan tinjauan literatur. Tinjauan literatur menjadi dasar untuk menganalisis permasalahan yang dikaji, sedangkan observasi lapangan dilakukan pada 17-24 November 2024 di kota Tokyo dan Prefektur Tokushima, Jepang. Hasil kajian menunjukkan bahwa 17 komponen SDGs telah terintegrasi dalam pembelajaran di Jepang, termasuk kompetensi dalam Education for Sustainable Development (ESD). Pendidikan karakter di sekolah-sekolah Jepang berkontribusi membentuk individu dengan nilai etika dan tanggung jawab yang kuat, sekaligus memberdayakan mereka untuk bertindak sebagai agen perubahan dalam menghadapi kompleksitas permasalahan global, khususnya dalam merespons isu lingkungan. Integrasi pendidikan karakter dan ilmu sosial dengan SDGs merupakan kerangka strategis untuk membentuk masa depan yang lebih baik bagi generasi selanjutnya. Model tersebut merupakan praktik baik di Jepang bagi sistem pendidikan di dunia dalam upaya untuk meningkatkan pendidikan karakter.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Hapsara, A. S., Adams, C., Nguyen, N. T.-C., Lubi, M. V. T., Muti’ah, S., Liew, F. B., Visal, T., Hayeekhade, A.-A., Xaiyalath, C., & Nakashima, Y.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

