Ideologi dalam Konten Tiktok Gen Z (@Rianfahardhi): Tinjauan Analisis Wacana Kritis Ruth Wodak

  • Nur Rahma Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Mahmudah Mahmudah Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Sultan Sultan Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Johar Amir Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Muhammad Saleh Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini menganalisis representasi ideologi generasi Z dalam konten TikTok yang diproduksi oleh akun @rianfahardhi menggunakan pendekatan Analisis Wacana Kritis (AWK) Ruth Wodak. Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi ideologi yang terkandung dalam konten, memahami pengaruh konteks sosial-budaya terhadap produksi wacana, dan mengeksplorasi interaksi antara kekuasaan dan ideologi di platform TikTok. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis, mengandalkan data berupa video TikTok, deskripsi konten, dan interaksi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ideologi yang ditampilkan mencerminkan nilai inklusivitas, keberanian mengekspresikan identitas, dan kepedulian terhadap isu sosial dan lingkungan. Konteks sosial-budaya, baik lokal maupun global, memainkan peran penting dalam membentuk strategi diskursif seperti nominasi, predikasi, dan argumentasi. Selain itu, algoritma TikTok berperan sebagai gatekeeper dalam mengatur distribusi dan daya jangkau wacana, menunjukkan interaksi antara kekuasaan digital dan produksi ideologi.Penelitian ini menegaskan bahwa TikTok bukan hanya platform hiburan, tetapi juga ruang untuk memproduksi dan mereproduksi ideologi generasi Z, yang dipengaruhi oleh dinamika sosial, budaya, dan teknologi. Temuan ini memperkaya kajian tentang media sosial, generasi Z, dan analisis wacana kritis dalam konteks digital.

Kata Kunci: TikTok, generasi Z, ideologi, analisis wacana kritis, Ruth Wodak

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nur Rahma, Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan

Nur Rahma, lahir di Polewali, 13 Juli 1998. Meraih gelar Sarjana Sastra (S.S.) dari Universitas Negeri Makassar pada tahun 2021. Saat ini sedang menempuh pendidikan di program magister Universitas Negeri Makassar dengan jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Penulis dapat dihubungi pada alamat email: Rahmabintiyuseng@gmail.com

Diterbitkan
2025-01-20
Bagaimana cara mengutip:
Rahma, N., Mahmudah, M., Sultan, S., Amir, J., & Saleh, M. (2025). Ideologi dalam Konten Tiktok Gen Z (@Rianfahardhi): Tinjauan Analisis Wacana Kritis Ruth Wodak . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 825-829. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1693
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 115 times
PDF downloaded: 65 times

Referensi

Artik, K., & Kohl, M. (2023). Generasi Z dan ideologi sosial di media digital. Journal of Youth Studies, 15(3), 45-60.

Boyd, D. (2014). It’s complicated: The social lives of networked teens. Yale University Press.

Buckingham, D. (2008). Youth, identity, and digital media. MIT Press.

Chatzopoulou, G., Shah, A., & Lio, P. (2021). Exploring the impact of TikTok algorithms on user behavior. Social Media and Society, 7(2), 12-25.

Gee, J. P. (2014). An introduction to discourse analysis: Theory and method. Routledge.

Li, J., & Chignell, M. (2020). TikTok and youth engagement: Understanding algorithmic influence. Proceedings of the 2020 ACM Conference on Human Factors in Computing Systems, 134-142.

Livingstone, S. (2008). Taking risky opportunities in youthful content creation. New Media & Society, 10(3), 459-478.

Prensky, M. (2001). Digital natives, digital immigrants. On the Horizon, 9(5), 1-6. https://doi.org/10.1108/10748120110424816

Simons, G., & Wodak, R. (2012). The discursive construction of ideology in digital media. Journal of Communication, 62(6), 56-70.

Tapscott, D. (2009). Grown up digital: How the net generation is changing your world. McGraw-Hill.

Wodak, R. (2001). Methods of critical discourse analysis. SAGE Publications.

Zhang, Y. (2020). Critical discourse analysis of social media platforms: Ideology and algorithmic influence. Digital Discourse Studies, 10(4), 89-105.