STIMULASI HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DENGAN TASK-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS INFORMATION REPORT

  • Ponikem Ponikem SMP Negeri 1 Wonosari ,  Indonesia

Abstrak

Keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) harus distimulasi sejak dini dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu caranya dengan menerapkan task-based learning. Sebagai sebuah best practice, penerapan model pembelajaran ini bertujuan melibatkan peserta didik pada tugas-tugas yang menuntut penggunakan berbagai level berpikir untuk menghasilkan produk belajar (outcome) secara nyata. Pembelajaran bahasa Inggris kelas IX semester 2 di kelas 9G SMP Negeri 1 Wonosari tahun pelajaran 2018/2019 pada materi teks information report dengan task-based learning berhasil memberi pengalaman belajar kepada peserta didik dalam memahami konsep teks information report, membuat ringkasan hasil membaca referensi berupa mindmapping, menyusun bahan presentasi dan catatan presentasi, melakukan presentasi baik sebagai presenter maupun audien. Seluruh proses pembelajaran diarahkan menggunakan bahasa target dan melibatkan kegiatan komunikasi dan kolaborasi dalam mengembangkan keterampilan berpikir dari level paling rendah sampai paling tinggi. Hasil best practice menunjukkan bahwa praktik pembelajaran ini mampu menstimulasi keterampilan berpikir dan sekaligus meningkatkan keterampilan berkomunikasi dan berkolaborasi peserta didik. Rendahnya penguasaan ungkapan fungsional peserta didik menjadi kelamahan yang menghambat keberlangsungan presentasi. Dengan demikian peran guru sebagai pemberi solusi tetap diperlukan.

Kata Kunci: high order thinking skills, task-based learning, teks information report

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2020-11-02
Bagaimana cara mengutip:
Ponikem, P. (2020). STIMULASI HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DENGAN TASK-BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEKS INFORMATION REPORT. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(2), 82 -. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i2.168
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 547 times
PDF downloaded: 1114 times

Referensi

_____. (2018). Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 24 Tahun 2006 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pad Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Anderson, M. dan K. Anderson. (2003). Text Types in English. Australia: Macmillan Education Australia Pty Ltd.

Brookhart, S.M. (2010). How to Assess High Order Thinking Skills in Your Classroom. United States of America: ASCD

Cleeve, R. (2018). 5 Academic Skills to Prepare Your Students for Higher Education. Pearson English, https://www.english.com/blog/academic-skills-for-higher-education/ diunduh di Yogyakarta, 16 Sepetember 2019.

Mohamed, R dan O. Lebar. (2017). Authentic Assessment in Assessing High Order Thinking Skills. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, VII (2), hlm. 446 – 476.

Raheem, M.N.S.K dan N.E.M Said. (2019). High Order Thinking Skills in a Primary School Setting. International Journal of Research and Scientific Innovation (IJRSI), VI (5), hlm. 178 – 191.

Rittapirom, Nisita. 2017. “Development of Task-based English Oral Communication Course for EFL Undergraduate Tourism Students”, dalam The Asian EFL Journal Professional Teaching Articles, Issue 99, hlm. 99-135, https://www.elejournals.com/1541/2017/asian-efl-journal/the-asian-efl-journal-quarterly-april-2017/, diunduh di Yogyakarta, 1 Juli 2017

Stroud, Robert. 2013. “Increasing and Maintaining Student Engagement during TBL”, dalam The Asian EFL Journal Professional Teaching Articles, Vol. 67, hlm. 28-57, https://www.elejournals.com/1541/2013/asian-efl-journal/the-asian-efl-journal-quarterly-february-2013/, diunduh di Yogyaarta, 1 Juli 2017

Willis, J. (2003). A Framework for Task-based Learning. England: Addison Wesley Longman Ltd.

Willis, D dan J. Willis. (2007). Doing Task-based Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Yen, T.S dan S.H. Halili. (2015). Effective Teaching of High Order Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Education and e-learning, III (2), hlm. 41-47.

Yunus, Muhammad. 2017. “English Lecturers’ Perception of Task-based Reading Teaching at ABA Universitas Muslim Indonesia”, dalam The Asian EFL Journal Professional Teaching Articles, Issue 98, hlm. 4-15, https://www.elejournals.com/1541/2017/asian-efl-journal/the-asian-efl-journal-quarterly-february-2017/, diunduh di Yogyakarta, 1 Juli 2017.