Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju

  • Arsam Akil Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Akmal Hamsa Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia
  • Usman Usman Universitas Negeri Makassar, Makassar, Sulawesi Selatan,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: (1) mengkaji keefektifan model koperatif tipe NHT dalam pembelajaran menentukan unsur intrinsik cerpen; (2) mengkaji keefektifan model koperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menentukan unsur intrinsik cerpen; dan (3) membuktikan keefektifan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menentukan unsur intrinsik cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah  peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju, berjumlah 324  peserta didik yang terdiri  dari sebelas kelas. Dari kesebelas kelas, ditentukanlah sampel dengan teknik pengundian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang yang terdiri dari kelas IX 3 dan kelas IX 4. Setelah menentukan sampel, kemudian data tersebut dikumpulkan dengan teknik tes yaitu dengan mengukur pemahaman siswa mengenai unsur intrinsik cerpen. Variabel yang diteliti pada penelitian ini yaitu model kooperatif Numbered Head Together (NHT), model kooperatif jigsaw, dan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen. Penelitian ini memperoleh hasil: (1) Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju. Hal itu terbukti dari nilai pretes 69,41 menjadi 78,40 pada nilai postest; (2) Model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju. Hal tersebut terbukti dari nilai pretest 60,48 menjadi 77,25 pada nilai postest; dan (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis Sig. (2-tailed) menunjukkan nilai yang sama pada kedua model pembelajaran sebesar 0,659. Hal ini menujukkan kedua model pembelajaran efektif digunakan. Akan tetapi, berbeda dengan perolehan nilai thitung yakni 0,444. Nilai thitung 0,444 ≤ dari nilai Ttabel 2,055, oleh karena itu, hipotesis (H0) diterima dan (H1) ditolak sehingga model pembelajaran kooperatif tipe HNT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju.

Kata Kunci: model kooperatif tipe NHT, model kooperatif tipe jigsaw, unsur intrinsik cerpen

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
Akil, A., Hamsa, A., & Usman, U. (2024). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 691-699. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1583
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 140 times
PDF downloaded: 73 times

Referensi

Abdullah, dkk 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pidie. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Buchori, Achmad, and Aryo Andri Nugroho. "Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantu Media M-Math untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar." Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9.04 (2023): 1441-1456.

Handayani, Sri, Teti Sobari, and Dede Abdurrokhman. "Penerapan Model Jigsaw dalam Keterampilan Menulis Cerpen Pada Kelas XI." Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.3 (2020): 523-530.

Harsono, Amiliya S. R., et al. "Pengaruh Strategi Know Want to Learn (Kwl) Dan Minat Membaca Terhadap Kemampuan Membaca Intensif Siswa SMP Negeri Di Temanggung." Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, vol. 1, no. 1, 2012, pp. 142-152.

Juliati Damir, 2016. Problematik Pembelajaran Sastra Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 4 Mallusetasi Kabupaten Barru.

Kurnia, Khikmah, Supriyono Supriyono, and Rintis Rizkia Pangestika. "Improvement student learning achievement using the integration of the NHT model with Jigsaw on geometry topic." MUDARRISA: Jurnal Kajian Pendidikan Islam 13.1 (2021): 91-107.

Mirnawati, Mirnawati. "Tinjauan terhadap Problematika Pembelajaran Sastra Indonesia pada Pendidikan Formal." Aksara 16.1 (2015): 241043.

Najiba, Hanif, Arisul Ulumuddin, and Icuk Prayogi. "Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam Menelaah Unsur Pembangun Teks Puisi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Toroh Tahun Ajaran 2022/2023." Seminar Nasional Literasi Prodi PBSI FPBS UPGRIS. Vol. 7. No. 1. 2022

Sahida, Elfa. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Kebiasaan Membaca Terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Padang. Diss. Universitas Negeri Padang, 2022.

Sucianti, Reni. 2017. ”Keefektifan Model Jigsaw dan NHT terhadap Hasil Belajar Sumber Daya Alam Kelas IV SDN 1 Kalitengah dan SDN 5 Gombong Kebumen”. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Sudjana. (2005). Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama