Self-Efficacy: In-Depth Study of PAI Students' Teaching Readiness Through Teaching Practices 1 (Microteaching)

  • Siti Sarifah IAIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  Indonesia
  • Hamdanah Hamdanah IAIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  Indonesia
  • Surawan Surawan IAIN Palangka Raya, Palangka Raya, Kalimantan Tengah,  Indonesia

Abstrak

Efikasi diri adalah keyakinan individu terhadap kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam konteks tertentu, dalam hal ini adalah kesiapan mengajar melalui microteaching-1 yang sebagian besar ditujukan kepada mahasiswa calon guru, khususnya pada penelitian ini mahasiswa/i program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap mahasiwa/i PAI FTIK IAIN Palangka Raya yang telah melaksanakan Praktik Mengajar-1 (PM-1), observasi langsung, dan analisis dokumentasi. Data dianalisis melibatkan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri mahasiswa PAI FTIK IAIN Palangka Raya berada pada tingkat yang cukup baik, di mana mereka memiliki keyakinan tinggi terhadap kemampuan mengajar mereka. Kesiapan mengajar mahasiswa juga berada pada tingkat yang baik, ditandai dengan persiapan yang matang dalam pelaksanaan PM-1 dalam membuat modul ajar serta media pembelajaran yang digunakan. Terdapat dampak positif yang signifikan antara efikasi diri dengan kesiapan mengajar. Mahasiswa dengan tingkat efikasi diri yang tinggi menunjukkan kesiapan mengajar yang lebih baik serta mampu menguasai keterampilan mengajar.

Kata Kunci: Efikasi diri, kesiapan, mengajar, mahasiswa

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-12-13
Bagaimana cara mengutip:
Sarifah, S., Hamdanah, H., & Surawan, S. (2024). Self-Efficacy: In-Depth Study of PAI Students’ Teaching Readiness Through Teaching Practices 1 (Microteaching). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 593-599. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1525
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 237 times
PDF (English) downloaded: 111 times

Referensi

Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.

Apriani, L., Alpen, J., & Arismon, A. (2020). Tingkat percaya diri dan keterampilan micro teaching. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 42–49. https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(1).5155

Artha, H. W., & Giatman, M. (2022). Tingkat Kesiapan Mahasiswa Prodi Kependidikan Di Fakultas Teknik Sebelum Melaksanakan Ppl Selama Pembelajaran Blended Learning Saat Pandemi Covid-19. Cived, 9(2), 121. https://doi.org/10.24036/cived.v9i2.116321

Estari, A. W. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran. Workshop Nasional Penguatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar SHEs: Conference Series, 3(3), 1439–1444. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Tingkat Efikasi Diri Performa Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Perspektif Dimensi Bandura. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 4(1), 25. https://doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8753

Fatmawati, F., Rahmawati, R., Hakim, A., & Al Idrus, S. W. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Kimia Setelah Menjalani Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP). Chemistry Education Practice, 5(1), 71–77. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3269

Ferdyansyah, A., Rohaeti, E. E., & Suherman, M. M. (2020). Gambaran Self Efficacy Siswa Terhadap Pembelajaran. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(1), 16. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i1.4214

Fitrah, & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. CV Jejak (Jejak Publisher).

Hajar, S., & Nanning. (2023). Pentingnya Pendidik Untuk Memahami Karakteristik Peserta Didik Sebagai Acuan Dalam Melaksanakan Perencanaan Konsep Pembelajaran. DIALEKTIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10–18. https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/JurnalPAI/article/view/4333

Hamdanah, Surawan, S. S. (2024). Pendidikan Islam di Abad 21. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Jennah, R., & Yusuf, M. (2022). Teacher’S Innovation in Class Management To Increase Student Learning Motivation in Pandemic Era. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 3, 892–899.

Kumala, S. A., & Nadya, N. (2024). Building Public Involvement: Increasing Public Awareness Of The Importance Of Quality Of Education. Jurnal At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 93–106. https://doi.org/10.37758/jat.v7i1.728

Lestari, D. A., Azkiya, N., Marinda, R., & Nurhalimah, S. (2020). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Manajemen Kelas Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Dan Multidisiplin, 3, 200–208. https://prosiding.esaunggul.ac.id/index.php/snip/article/download/28/33

Lutfi, S., Surawan, S., & Zanuba, A. A. (2024). Self-regulation learning: upaya membangun kemandirian belajar al-qur’an di kalangan remaja. Anterior Jurnal, 23(1), 75–80.

Mahsunah, A., & Musbikhin, M. (2023). Pengaruh Self Efficacy terhadap Kepercayaan Diri pada Siswa. Al-Ihath: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 34–48. https://doi.org/10.53915/jbki.v3i1.318

Mazrur, Surawan, & Yuliani. (2022). Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 281–287.

Mujayanti, A., & Latifah, L. (2022). Peran efikasi diri dalam memediasi lingkungan keluarga dan PLP terhadap kesiapan menjadi guru. Measurement In Educational Research (Meter), 2(2), 80. https://doi.org/10.33292/meter.v2i2.185

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Pratiwi, I. W., & Hayati, H. (2021). Efikasi Diri dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), 15–23. https://doi.org/10.30738/sosio.v7i1.8813

Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kualitas Pengajaran. Inovatif, 7(1), 206–231.

Rasna, Ruslau, M. F., & Nur’aini, K. D. (2023). Kesiapan Mengajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Ditinjau Dari Konsep Diri Akademik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 4(1), 63–72.

Rezeki, S., Yuliyani, R., & Tama, B. J. (2023). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Matakuliah Metode Numerik. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 8(1), 52–61. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th

Rizky, A. (2021). Pengaruh Self Efficacy Dan Dukungan Sosial Terhadap Problem Focused Coping Pada Siswa Sma Negeri 2 Temanggung. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan …, 180. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/17427

Rizkyanto, L. (2017). Pembinaan Akhlak Al-Karimah Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sukosewu Blitar.

Rohman, N., Istiningsih, I., & Hasibuan, A. T. (2022). Analisis Kesiapan Mengajar Mahasiswa Prodi PGMI melalui Program Pengayaan Keterampilan Mengajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 790–798. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3286

Salamah, S., Salma, W., & Abadi, M. (2023). Pengaruh kesiapan belajar mahasiswa di masa pascapandemi terhadap kondisi pembelajaran di kelas. Humanika, 23(2), 175–188. https://doi.org/10.21831/hum.v23i2.59957

Salsabila, G., Purnomo, R., & Rifda Naufalin, L. (2022). Efikasi Diri Dan Mata Kuliah Pengajaran Mikro Sebagai Variabel Yang Mempengaruhi Kesiapan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 1(2), 165–183. https://jurnalannur.ac.id/index.php/quranomic

Sidiq, E. I., & Rif, C. (2022). Sumber Belajar dan Alat Peraga Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Edukasi Nonformal, 2(2), 596.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); II). ALFABETA.

Sukmawati, R. (2019). Analisis kesiapan mahasiswa menjadi calon guru profesional berdasarkan standar kompetensi pendidik. Jurnal Analisa, 5(1), 95–102. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4789

Umaroh, L. N., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Penguasaan Teknologi Informasi, dan Penguasaan Materi Akuntansi Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 17–30. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p17-30

Wardhani, M. K. (2020). Persepsi dan Kesiapan Mengajar Mahasiswa Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus dalam Konteks Sekolah Inklusi. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 152–161. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i2.p152-161

Zainal. (2018). Pengaruh Efikasi Diri dan Soft Skill Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus PT. Astra International, DSO – Alauddin, MKS). 1–90.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama