Self-Efficacy: In-Depth Study of PAI Students' Teaching Readiness Through Teaching Practices 1 (Microteaching)
Abstrak
Efikasi diri adalah keyakinan individu terhadap kemampuan yang dimilikinya untuk mencapai hasil yang diinginkan dalam konteks tertentu, dalam hal ini adalah kesiapan mengajar melalui microteaching-1 yang sebagian besar ditujukan kepada mahasiswa calon guru, khususnya pada penelitian ini mahasiswa/i program studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap mahasiwa/i PAI FTIK IAIN Palangka Raya yang telah melaksanakan Praktik Mengajar-1 (PM-1), observasi langsung, dan analisis dokumentasi. Data dianalisis melibatkan proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri mahasiswa PAI FTIK IAIN Palangka Raya berada pada tingkat yang cukup baik, di mana mereka memiliki keyakinan tinggi terhadap kemampuan mengajar mereka. Kesiapan mengajar mahasiswa juga berada pada tingkat yang baik, ditandai dengan persiapan yang matang dalam pelaksanaan PM-1 dalam membuat modul ajar serta media pembelajaran yang digunakan. Terdapat dampak positif yang signifikan antara efikasi diri dengan kesiapan mengajar. Mahasiswa dengan tingkat efikasi diri yang tinggi menunjukkan kesiapan mengajar yang lebih baik serta mampu menguasai keterampilan mengajar.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2024 Siti Sarifah, Hamdanah Hamdanah, Surawan Surawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

