Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli Utara

  • Jupi Yarman Lase Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Sadiana Lase Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Yulisman Zega Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara,  Indonesia
  • Yakin Niat Telaumbanua Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara,  Indonesia

Abstrak

Kurikulum Merdeka merupakan salah satu langkah terbaru dalam reformasi pendidikan di Indonesia yang dirancang untuk memberikan otonomi lebih kepada sekolah dan guru dalam menyusun proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa Kurikulum Merdeka merupakan proses dari pemerintah yang secara khusus dirancang untuk menciptakan lingkungan yang memungkinkan peserta didik untuk aktif terlibat dalam kegiatan belajar secara spesifik dalam pembelajaran matematika. Proses ini juga melibatkan partisipasi aktif siswa dalam belajar serta mencerminkan hasil dari pembelajaran tersebut. Hasil belajar siswa merujuk pada kemampuan yang diperoleh melalui aktivitas pembelajaran dan merupakan indikator kuantitatif dari evaluasi setelah proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli Utara khususnya di Kelas VIII. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis serta mendeksripsikan hasil belajar siswa terhadap penerapan Kurikulum Merdeka. Dari analisis hasil tes yang diberikan kepada siswa untuk mengukur pemahaman mereka mengenai materi perpangkatan, diketahui diperoleh nilai rata-rata 65,74 dengan pesentase ketuntasan sebesar 70,37% dan persentase ketidaktuntasan sebesar 29,63%. Hasil belajar siswa dalam Kurikulum Merdeka juga menunjukkan variasi yang signifikan, tergantung pada kesiapan sekolah dan guru dalam mengimplementasikan kurikulum ini.

Kata Kunci: hasil belajar, kurikulum merdeka, pembelajaran matematika

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Jupi Yarman Lase, Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara

Jupi Yarman Lase, Lahir di Desa Hilisebua, Tanggal 22 Juli 2000. Studi S1 Pendidikan Matematika, Universitas Nias. Anak Pertama dari 6 bersaudara. Saat ini berdomisili di desa Hilizoi Kecamatan Gido Kabupaten Nias. Nomor Hp/WA : 082365207450

Sadiana Lase, Universitas Nias, Gunungsitoli, Sumatera Utara

Sadiana Lase, Lahir di Loloana'a  6 September 1989, Lulus S1 dari IKIP Gunungsitoli Tahun 2012 dan Lulus S2 dari Universitas Negeri Padang Tahun 2014. Nomor HP/WA: 082388298805

Diterbitkan
2024-09-04
Bagaimana cara mengutip:
Lase, J. Y., Lase, S., Zega, Y., & Telaumbanua, Y. N. (2024). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli Utara. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 1-7. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1475
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 440 times
PDF downloaded: 411 times

Referensi

Abror, M. H. (2022). Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 233–242. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1676

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Azizah, N., & Wardani, H. (2024). Analisis Pembelajaran Matematika dengan Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 222-233. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3061

Baro’ah, S., Trisnawati, S. N. I., Ernawati, A., Nurjannah, Supatminingsih, T., Nurdiana, Mustari, Aziz, F., Syarifah, Nuraisyiah, Nurmitasari, Aziz, M., Astuti, R., Isma, A., & Hasyim, S. H. (2023). Kurikulum Merdeka Inovasi Kurikulum di Indonesia (S. N. I. Trisnawati (ed.)). Jawa Tengah: Tahta Media Group.

Hattarina, S., Saila, N., Faradila, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA

Jauzaa, R. M., Nurmitasari, N., & Cahyadi, R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Matematika. Eksponen, 14(1), 40–47. https://doi.org/10.47637/eksponen.v14i1.1017

Puspitarini, D. (2022). Blended Learning sebagai Model Pembelajaran Abad 21. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.307

Putri, N. A., & Rezania, V. (2023). Analisis Perbandingan Hasil Belajar pada Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kecamatan Tulangan. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), 179–187. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.4031

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.

Sagala, P. R. B., & Hasibuan, L. R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 1417–1427.

Saraswati, E., & Sulistyani, N. (2023). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Matematika pada Konteks Kurikulum Merdeka dan Hasil Belajar Siswa SMP N 2 Girimulyo. Jurnal MATH-UMB.EDU, 10(3), 2023.

Setiawan, R., Syahria, N., Andanty, F. D., & Nabhan, S. (2022). Pengembangan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Mata Pelajaran Bahasa Inggris Smk Kota Surabaya. Jurnal Gramaswara, 2(2), 49–62. https://doi.org/10.21776/ub.gramaswara.2022.002.02.05

Simbolon, R. S. S., Harahap, S. H., Soraya, R., & Siregar, R. (2024). Analisis Pembelajaran Matematika dengan Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 8 Medan. Journal on Education, 6(4), 21371–21378. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6017

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Zafirah, A., Gistituati, N., Bentri, A., Fauzan, A., & Yerizon, Y. (2024). Studi Perbandingan Implementasi Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika: Literature Review. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 276–304. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.2210