Analisis Karakter Disiplin Siswa dalam Ekstrakurikuler Drum Band di Sekolah Dasar

  • Muhammad Rizky Syifaurrahmat Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat,  Indonesia
  • Irna Khaleda Nurmeta Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat,  Indonesia
  • Luthfi Hamdani Maula Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kota Sukabumi, Jawa Barat,  Indonesia

Abstrak

Disiplin merupakan kunci keberhasilan dalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter disiplin siswa dalam ekstrakurikuler drum band di sekolah dasar. Penelitian ini berfokus pada dua aspek disiplin yaitu disiplin waktu dan disiplin perbuatan. Penelitian ini dilakukan pada kegiatan ekstrakurikuler drum band di SDN Pakujajar CBM Kota Sukabumi. Penelitian menggunakan metode kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler drum band memiliki karakter disiplin. Karakter disiplin ini meliputi disiplin terhadap waktu dan disiplin terhadap perbuatan. Disiplin waktu tercermin dari datang tepat waktu dan mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Disiplin perbuatan ditunjukan melalui kepatuhan terhadap aturan, tertib, bertanggung jawab terhadap alat masing-masing, saling menghargai dan bersungguh-sungguh saat latihan. Karakter disiplin tercipta karena adanya kebiasaan. Dengan ini, penelitian menunjukan bahwa ekstrakurikuler drum band di sekolah dasar memberikan peranan dalam membentuk karakter disiplin. Ekstrakurikuler drum band mampu menjadi sarana penanaman karakter disiplin yang bermanfaat dalam mempersiapkan diri siswa menghadapi dunia luar.

Kata Kunci: Karakter, Disiplin, Drum band, Sekolah Dasar

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2025-01-12
Bagaimana cara mengutip:
Syifaurrahmat, M. R., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2025). Analisis Karakter Disiplin Siswa dalam Ekstrakurikuler Drum Band di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 746-752. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1402
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 78 times
PDF downloaded: 54 times

Referensi

Chandra, A., & Angin, A. P. (2017). Hubungan Perhatian Orang Tua dan Iklim Sekolah dengan Disiplin pada Siswa SMP N 2 Padang Tualang Kabupaten Langkat. Jurnal Psychomutiara, 1(1), 1–14.

Chaniago, J., & Maestro, E. (2023). Kegiatan Ekstrakurikuler Drum Band di SMP Negeri 29 Padang. EDUMUSIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan Musik, 1(202), 103–114. https://doi.org/10.24036/edumusika.vxix.xx

Dole, F. E. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Kedisiplinan Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUKATIF, 3(6), 3675–3688.

Ghony, M. D., & Almanshur, F. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (2nd ed.).

Haryono, S. (2016). Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(3), 261–274.

Hidayat, M., Mumtazah, D., Anshori, A. H., & Fauziati, E. (2021). Internalisasi Karakter Disiplin pada Ekstrakurikuler Drum Band di MI Muhammadiyah Karangduren Sawit Boyolali. Jurnal VARIDIKA, 33(1), 21–37. https://doi.org/10.23917/varidika.v33i1.13349

Istiana, A., & Pamungkas, J. (2023). Implementasi Nilai Karakter Disiplin pada Kegiatan Ekstrakurikuler Drumband. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5863–5671. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5213

Kinteki, R. C., & Utomo, A. C. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Disiplin dan Kerja Keras Melalui Ekstrakurikuler Drum Band. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP), 8(1), 32–39.

Listiana. (2019). The Importance of Habits : Menajamkan Kebiasaan Diri untuk Menjadi Orang Berprestasi.

Mardikarini, S., & Putri, L. C. K. (2020). Pemantauan Kedisiplinan Siswa Melalui Penetapan Indikator Perilaku Disiplin Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 30–37. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.246

Missyella, L., Setia, K., Chandra, B., & Listiani, T. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Mendorong Kedisiplinan Siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–14. https://doi.org/10.31980/plusminus.v3i1.2267

Moenir, H. A. . (2016). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.

Muhayanah, Habudin, & Juhji. (2023). Hubungan pembinaan keagamaan orang tua dengan disiplin belajar siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 20–31.

Nihayati, I., Ismaya, E. A., & Oktavianti, I. (2021). Pendidikan Karakter Disiplin pada Santri Pondok Pesantren Salaf Terpadu Bahjatur Roghibiin Kudus. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2395–2402.

Rizqi, H., & Sumitro, E. A. (2024). Pelatihan Alat Musik Drum Band Untuk Menambah Kreatifitas dan Disiplin Pada Siswa SDN Pragaan Laok I Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep. Jurnal Pengabdian Dan Kemitraan Masyarakat (ALKHIDMAH), 2(1), 69–80.

Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ihya/article/view/1467

Safitri, N. L. G., Mariana, I. M. A., & Kusuma, I. M. W. (2021). Membangun Karakter Melalui Ekstrakurikuler Drum Band di SD Negeri 1 Legian. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 20–30.

Saputra, D. T., Wulandari, M. D., & Darsinah. (2024). Penanaman Karakter Disiplin Peserta Didik Melalui Keteladanan Guru di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 8(1), 99–109.

Sari, N., Januar, & Anizar. (2023). Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Sebagai Upaya Mendidik Kedisiplinan Siswa. Educativo : Jurnal Pendidikan, 2(1), 78–88.

Sofia, E. M., Purnamasari, V., Purnamasari, I., & Khuluqul, S. (2023). Metode Pembiasaan Baik Untuk Meningkatkan Karakter Disiplin Peserta Didik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio, 9(2), 931–937. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4820

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). Upaya Guru Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 460. https://doi.org/10.30651/else.v6i2.13671

Yanas, M. A. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Santri Melalui Kegiatan Kultum. TARLIM : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 81–100. https://doi.org/10.32528/tarlim.v5i1.7325

Yuliana, R., & Sasono, E. (2015). Kekuasaan dan Pemberdayaan dalam Organisasi. Jurnal STIE Semarang, 7(2), 85–94.

Zulkifli, & Hayati, R. (2022). Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kedisiplinan Siswa Di Mts Skb 3 Menteri Sei Tontong Tahun Pembelajaran 2021/2022. Education Achievment: Journal of Science and Research, 3(2), 93–104.

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama