Penggunaan Instructional Coaching untuk Meningkatkan Kompetensi TPACK Guru Kelas II

  • Astuti Apriliantari Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Hery Winoto Tj Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia
  • Takim Andriono Universitas Kristen Krida Wacana, Jakarta,  Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) guru kelas II di SD Kristen Petra 10 Surabaya melalui penggunaan Instructional Coaching. TPACK merupakan kerangka kerja yang mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten untuk mengembangkan pembelajaran yang efektif. Instructional Coaching adalah pendekatan pembinaan yang melibatkan kolaborasi antara guru dan pelatih untuk memperbaiki praktik mengajar dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain spiral yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan dua guru kelas II sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proses Instructional Coaching, terjadi peningkatan signifikan pada kompetensi TPACK guru. Para guru menjadi lebih mahir dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran, memahami bagaimana teknologi dapat mendukung pedagogi yang efektif, serta meningkatkan pemahaman konten mata pelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Instructional Coaching merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kompetensi TPACK guru kelas II di SD Kristen Petra 10 Surabaya. Rekomendasi diberikan kepada sekolah untuk terus menerapkan dan mengembangkan kompetensi TPACK guru melalui program coaching ini guna meningkatkan kualitas pendidikan.

Kata Kunci: TPACK, Instructional Coaching, kompetensi guru

Data Unduhan PDF

Diterbitkan
2025-02-25
Bagaimana cara mengutip:
Apriliantari, A., Tj, H. W., & Andriono, T. (2025). Penggunaan Instructional Coaching untuk Meningkatkan Kompetensi TPACK Guru Kelas II . Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(2), 1050-1061. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i2.1378
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 70 times
PDF downloaded: 22 times

Referensi

Akhwani. (2020). Integration of TPACK as a Basic Framework for 21st Century Learning: An Analysis of Professional Teacher Competencies. Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201214.251

Amelia, D. P., Oktafianti, M., Genika, P. R., & Luthfia, R. A.(2023). Implementasi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) terhadap Kompetensi guru di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(2), 3001- 3009.

Ananda, R., Rani, A. R., & Fadhilaturrahmi, F. (2022)., Pengembangan Model TPACK untuk Menunjang Kompetensi Profesional pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9064-9069.

Crompton, H., (2015). Preparing Teachers to Use Technology Effectively Using the Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) Framework., ODU Digital Commons. Eaching & Learning.

Darling-Hammond, L. (2006). Constructing 21st-century Teacher Education. Journal of Teacher Education, 57(3), 300–314. https://doi.org/10.1177/0022487105285962

Fahrurozi., Budiyanto., & Roemintoyo (2022). Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) For Overcoming Teacher Problems In Vocational Education And Challenges In The 21st Century. https://jurnal.uns.ac.id/jomeve.

Hanik, E., Puspitasari, Safitri (2022). Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 2(1), 15-27.

Knight, J. (2011). Unmistakable impact: A partnership approach for dramatically improving instruction. Thousand Oaks, CA: Corwin

Knight, J. (2023). Coaching: Collaborative Inquiry and Practice. Thousand Oaks, CA: Corwin Press.

Mardini, S., (2023). Peningkatan Kemampuan Mengajar Guru dalam Penerapan Project Based Learning melalui Coaching Tatap Muka. Jurnal Ide Guru Vol 8 No 2 (2023): Edisi Mei 2023. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/467

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2008). Introducing Technological Pedagogical Content Knowledge. 3(February), 576–583

Mishra, P., & Koehler, M. J. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian 2021, 1085–1092.

Moon, H. (2023). Dialogic Orientation in Instructional Coaching: Heutagogical Principles and Practices. New York, NY: Routledge.

Moreno,J.R., Montoro, M.A., & Colon, A.M., (2019). Changes in Teacher Training within the TPACK Model Framework: A Systematic Review. Department of Pedagogy, University of Jaén, 23071 Jaén, Spain;

Nisa, J.K., Florentia, M.L.A., & Febriana, R.P. (2024)., Implementasi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) untuk Meningkatkan Kreativitas Guru Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur Sistematis. Vol. 1, No. 3 Februari 2024, hlm. 101-113

Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 2626/B/HK.04.01/2023 tentang Model Kompetensi Guru.

Putri, R. I., Kresnadi, H., & Pranata, R. (2023). Deskripsi Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 09 Pontianak Tenggara. FONDATIA, 7(3), 747-763.

Smith, J.(2023)., Using Canva for Education: A Comprehensive Guide. Source: International Journal of Educational Technology

Suciu, M. C., Fanea-Ivanovici, M. and Agoston, S. I., 2015. Post-crisis evolution of creative industries. Theoretical and Applied Economics, 12(1), pp. 27-32

Sukiman, S., Lubis I & Ulya A.R (2023). Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge dan Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Ideguru: Jurnal https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/501

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, (Online), Vol.7 No.2, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/view/104261

Whitmore, (1992). "Coaching for Performance: GROWing Human Potential and Purpose".

Quintana (2015). The TPACK Model To Prepare And Evaluate Lesson Plans. An Experience With Pre-Service Teachers Using Social Networks And Digital Resources.

Yuniastuti, N. (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Daring Biologi melalui Home Based Experiment Model Inquiry Based Learning. Jurnal IdeGuru Vol 6 No 1 (2021): Edisi Januari 2021. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/197