Penggunaan Instructional Coaching untuk Meningkatkan Kompetensi TPACK Guru Kelas II
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) guru kelas II di SD Kristen Petra 10 Surabaya melalui penggunaan Instructional Coaching. TPACK merupakan kerangka kerja yang mengintegrasikan pengetahuan teknologi, pedagogi, dan konten untuk mengembangkan pembelajaran yang efektif. Instructional Coaching adalah pendekatan pembinaan yang melibatkan kolaborasi antara guru dan pelatih untuk memperbaiki praktik mengajar dan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain spiral yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan dua guru kelas II sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proses Instructional Coaching, terjadi peningkatan signifikan pada kompetensi TPACK guru. Para guru menjadi lebih mahir dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran, memahami bagaimana teknologi dapat mendukung pedagogi yang efektif, serta meningkatkan pemahaman konten mata pelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Instructional Coaching merupakan strategi yang efektif untuk meningkatkan kompetensi TPACK guru kelas II di SD Kristen Petra 10 Surabaya. Rekomendasi diberikan kepada sekolah untuk terus menerapkan dan mengembangkan kompetensi TPACK guru melalui program coaching ini guna meningkatkan kualitas pendidikan.
Data Unduhan PDF
Copyright (c) 2025 Astuti Apriliantari, Hery Winoto Tj, Takim Andriono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

