Pengembangan Media Monopoli Cerdas (MONCER) Bertema Budaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar

  • Sri Haryati Rahayuningsih Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Yazid Firdiawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa,  Indonesia
  • Heri Maria Zulfiati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Daimul Hasanah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia
  • Moh Rusnoto Susanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Indonesia

Abstrak

Proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru yang hanya menggunakan metode ceramah dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang menarik membuat pembelajaran menjadi monoton dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli cerdas (MONCER) untuk mendukung proses pembelajaran pada Tema 8. Bumiku Subtema 1. Perbedaan Waktu dan Pengaruhnya. Penelitian ini merupakan Reseacrh and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE melalui tahapan analysis, design, development, implementation, evalution. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Monopoli Cerdas (MONCER) secara keseluruhan memperoleh nilai dengan kategori sangat layak, dengan rincian persentase kelayakan media sebagai berikut, ahli materi dengan perolehan rata-rata sebesar 88,02%, ahli media dengan perolehan rata-rata sebesar 83,75%, ahli bahasa dengan perolehan rata-rata sebesar 84,86%. Selain itu, terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik yaitu sebesar 21,13 poin dan respon positif dari peserta didik dengan persentase respon mencapai 91,94%. Media MONCER terbukti layak untuk diterapkan dan efektif dalam meningkatkan minat serta motivasi belajar peserta didik.

Kata Kunci: Monopoli Cerdas, Pengembangan Media, Tematik

Data Unduhan PDF

Data unduhan belum tersedia.
Diterbitkan
2024-11-08
Bagaimana cara mengutip:
Rahayuningsih, S. H., Firdiawan, Y., Zulfiati, H. M., Hasanah, D., & Susanto, M. R. (2024). Pengembangan Media Monopoli Cerdas (MONCER) Bertema Budaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 443-450. https://doi.org/10.51169/ideguru.v10i1.1257
Bagian
Artikel Penelitian
Abstrak viewed: 13 times
PDF downloaded: 13 times

Referensi

Agustina, D. K., Setiawan, A., Amelia, D. J., Arrosyad, M. I., Ummah, M. K., Hamma, Cendana, W., Rudini, M., Pure, E. A. G., Mustika, G., Sukiyanto, Ridwan, M., Astuti, Y. P., Sesanti, N. R., Lailli, Hendrik, M., Jamilah, Nduru, M. P., Saputra, N., … Permana, D. (2020). Pengembangan dan Penilaian Karakter dalam Pembelajaran Tematik SD. Nuta Media. https://repository.unikama.ac.id/4406/1/1. Pengembangan dan Penilaian Karakter dalam Pembelajran Tematik SD.pdf

Anshory, I., Saputra, S. Y., & Amelia, D. J. (2018). Pembelajaran Tematik Integratif Pada Kurikulum 2013 di Kelas Rendah SD Muhammadiyah 07 Wajak. JINoP: Jurnal Inovasi Pembelajaran, Vol 4 No 1, 35–46. https://doi.org/10.22219/jinop.v4i1.4936

Awaludin, Wibawa, B., & Winarsih, M. (2020). Integral Calculus Learning Using Problem Based Learning Model Assisted by Hypermedia-Based E-Book. Jpi: Jurnal Pendidikan Indonesia, Vol. 9 No. 2, 224–235. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23106

Desyawati, K., Kristiantari, M. G. R., & Negara, I. G. A. O. (2021). Media Permainan Monopoli Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 5 No 2, 168–174. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.32466

Diandita, Y. N., Saputra, R., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Didaktif: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, Vol. 9 No. 2, 3339–3347. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962

Firtriani, I., Fitriyah, C. Z., & Hutama, F. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran“Monopoli Keberagaman” Tema Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Peserta DidikKelas IV. Jurnal Profesi Keguruan, Vol 5 No 1, 76–82. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/18563/9312

Ishak, F. A., Mahmud, H., & Sarlin, M. (2023). Pengembangan Media Monopoly Smart Games ASEAN dalam Meningkatkan Wawasan Global Siswa Kelas VI di SDN 4 Batudaa Kabupaten Gorontalo. JEEJ: Jambura Elementary Education Journal., Vol. 4 No. 1.

Kusumawati, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPA dengan Animasi Macromedia Flash Berbasis Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) di Sekolah Dasar. Premier Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, Vol. 5 No. 2, 263–271. https://doi.org/10.25273/pe.v5i02.289

Mahesti, G., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, Vol. 9 No. 1, 30–39. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.33586

Maulidi, R. P., Marjohan, Aulia, D. D., & Jamaludin, U. (2022). Efektifitas Media Permainan MONOKEI (Monopoli Keberagaman Indonesia) Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Education, Vol. 5 No. 1, 469–473. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.626

Nurhayani, D., Supriadi, D., & Maimunah. (2021). Pengembangan Media Board Games Pada Mata Pelajaran IPA Tema 1 Kelas IV SDN Sindang Rasa Bogor. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 6 No. 2, 83–91. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.5108

Nurhuda, W. A., & Hasanah, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Augmented Reality Materi Fotosintesis. Pendas: Ilmu Pendidikan Dasar, Vol. 9 No. 1, 2806–2816. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.11857

Perasada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, Vol. 5 No. 1, 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151

Pertiwi, I. N., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. MIMBAR PGSD Undiksha, Vol. 7 No. 3, 261–270. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19412

Putri, D. Y., Santosa, A. B., & Nugroho, W. (2022a). Pengembangan Media Permainan Monopoli Proklamasi Kemerdekaan Sebagai Evaluasi Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar. ANGGAP : Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, Vol. 2 No. 2, 110–121. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.185

Putri, D. Y., Santosa, A. B., & Nugroho, W. (2022b). Pengembangan Media Permainan Monopoli Proklamasi Kemerdekaan Sebagai Evaluasi Pembelajaran Kelas V Sekolah Dasar. TANGGAP: Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Dasar, Vol. 2 No. 2, 110–121. https://doi.org/10.55933/tjripd.v2i2.185

Putri, S. N., Daswarman, & Alyusfitri, R. (2020). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Statistika Kelas IV SDN 16 Surau Gadang. Jurnal: Universitas Bung Hatta.

Rifani, P., Khusni, M. F., & Kumala, D. T. (2021). Pengembangan Media Monopoli Petualangan Nusantara (MONPERA) Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 2 Banjarsari. JPPD: Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar., Vol. 8 No. 2, 125–131. https://doi.org/10.17509/jppd.v8i2.40484

Septriani, C., Satinem, & Sofiarini, A. (2021). Penerapan Media Monopoli Terhadap Hasil Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 2 Lubuk Ngin. Primary Education Journal Silampari (PEJS), Vol 3 No 2, 32–39. https://doi.org/10.31540/pejs.v3i2.2068

Setyowati, N., & Mawardi. (2018). Sinergi Project Based Learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 8 No. 3, 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263

Swandewi, N. K. R., & Wiyasa, I. K. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli pada Muatan IPA Kelas IV SD Negeri 3 Peguyangan. JUPENJI: Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, Vol. 1 No. 2, 42–50. https://doi.org/10.55784/jupenji.Vol1.Iss2.206

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Memperbanyak baca artikel dari penulis yang sama